Prospek Investasi Indonesia di Tahun 2022

0
138
investasi indonesia
Photos by Anna Nekrashevich (Pexels)

Cari Tahu Prospek Investasi Indonesia untuk Tahun 2022 Agar Tidak Salah Pilih

Pandemi Covid-19 yang terjadi di awal tahun 2020 hingga sekarang memang membawa dampak buruk bagi perkembangan ekonomi masyarakat. Banyak pekerja yang kehilangan pekerjaannya lantaran adanya pemutusan kerja dari pihak perusahaan.

Namun, di saat yang sama investasi justru meroket naik. Banyak yang mulai menyisihkan uang tabungan untuk berinvestasi selama tahun 2021. Lantas, bagaimana prospek investasi Indonesia untuk tahun 2022 ini? 

Data Investasi Indonesia untuk Tahun 2021

Menurut laporan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), realisasi untuk investasi di Indonesia yang terjadi pada tahun 2021 mencapai Rp216,7 triliun untuk kuartal ketiga.

Jika dibandingkan kuartal sebelumnya, ada penurunan sekitar 2,8%. Realisasi terbanyak ada pada penanaman modal dalam negeri atau PMDN yang bernilai Rp113,5 triliun. Sedangkan untuk penanaman modal asing mencapai Rp103,2 triliun. 

Baca Juga: 5 Tips Investasi Bagi Pemula Yang Aman dan Menguntungkan

Perkembangan Investasi Indonesia

Perkembangan investasi di Indonesia yang semakin naik dari tahun 2020 ke tahun 2021, membawa dapat yang baik bagi masyarakat. Secara individu, masyarakat jadi memiliki tabungan di masa depan yang dapat dipakai saat-saat terjadinya krisis. Selain itu, banyak peluang kerja yang terbuka. 

Tercatat sebanyak kurang lebih 813 orang yang memperoleh manfaat baik secara langsung ataupun tidak dari adanya realisasi investasi yang naik dari tahun 2020 ke 2021. Banyak masyarakat yang mulai berkembang dengan kemampuan-kemampuan baru menyesuaikan situasi yang serba digital dan online.

Bahkan, ada beberapa perusahaan rintisan baru yang terbentuk di pandemi ini, lantaran adanya peluang untuk membuat aplikasi pendukung pembelajaran di masa pandemi. 

Prospek Investasi Indonesia 2022

cara kerja investasi
Photos by Nataliya Vaitkevich (Pexels)

Untuk prospek investasi Indonesia pada tahun 2022 ini, pemerintah melalui Bank Indonesia (BI) sudah memproyeksikan jika akan ada pertumbuhan ekonomi sebesar 4,7% – 5,5%. Nah, untuk kamu yang ingin memulai terjun di bidang investasi, yuk intip apa saja yang layak untuk dijadikan sebagai produk investasi. 

1. Investasi Saham

Instrumen saham masih menduduki posisi paling atas untuk produk investasi terbaik di tahun 2022. Pasalnya, akan ada banyak peluang untuk investasi ini berkembang karena adanya misi perbaikan ekonomi masif dari pemerintah.

2. Obligasi di Indonesia

Perekonomian di Indonesia yang dinilai masih bertahan di tengah pandemi tahun 2020 – 2021, menjadi faktor penentu jika sampai saat ini peluang untuk berinvestasi di obligasi Indonesia masih sangat baik dan aman. Sebab, fundamental yang dimiliki oleh pemerintah cukup baik, dan ekonomi banyak ditopang oleh komoditas ekspor yang memberikan hasil cukup fantastis. 

3. Reksadana 

Selain obligasi, investasi terbaik selanjutnya di tahun 2022 ialah reksadana terutama untuk reksadana campuran dan pasar saham. Diprediksi, investasi ini akan memiliki masa depan yang cerah sebab banyak industri yang mulai bangkit satu per satu. Nilai sahamnya pun perlahan mulai naik.

Selain ketiga instrumen tersebut, prospek investasi Indonesia yang menjanjikan lainnya ialah investasi dalam pendanaan bersama seperti peer to peer lending. Platform terbaik untuk P2P ialah Amartha yang mampu memberikan keuntungan hingga 15% flat per tahun. Banyak investor yang sudah bergabung.

Di Amartha, kamu pun bisa memilih sendiri mitra mana yang ingin dijadikan tempat berinvestasi dengan melihat track record mereka. Laporan cash flow akan mudah terpantau melalui aplikasi. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, bergabung di Amartha sekarang. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here