Home Syariah ☪ Usaha Mikro dan UKM Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan Dengan Cara Meminjam Secara Berkelompok

Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan Dengan Cara Meminjam Secara Berkelompok

|

|

|

Dalam bisnis, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menilai kelayakan. kemudian setelah itu menentukan target pasar, kompetisi, hingga tenaga kerja dan manajemen resiko investasi.

Bila semua perencanaan telah matang, selanjutnya mencari modal yang bisa bersumber dari pinjaman modal usaha atau pun kocek sendiri.

Bagi yang memiliki ketersedian modal tentu bukan masalah melakukan proses produksi secara bertahap maupun massal. Namun, tidak demikian dengan pengusaha dengan kocek seadanya.

Pinjaman modal usaha biasanya bersumber dari bank atau lembaga keuangan lainnya, salah satunya adalah Amartha.com.

Amartha.com sendiri merupakan perusahaan Financial Technology (FinTech) yang menggunakan platform peer to peer lending. Di marketplace ini para investor dapat dengan mudah memilih usaha apa yang akan diinvestasikannya melalui investasi online.

Dengan bergabung sebagai anggota perusahaan Financial Technology (FinTech), Amartha.com, anda bisa melakukan pinjaman modal usaha tanpa perlu menggunakan jaminan. Caranya dengan meminjam secara kelompok dengan dana investasi online dari para investor.

Kenapa peminjaman di Amartha dilakukan secara kelompok?

Hal ini guna meminimalisir para anggota yang mengalami gagal bayar atau pailit sehingga usaha harus gulung tikar. Dengan sistem ini, tanggung renteng di dalam kelompok berlaku bila ada anggota yang tidak bisa melakukan pembayaran.

Dengan adanya sistem Group Lending (kelompok), Amartha berhasil membuktikan prestasi  0 persen kasus gagal bayar selama 5 tahun berturut. Tidak heran, melakukan investasi online di marketplace lending Amartha.com tergolong investasi aman dan menguntungkan.

Berikut cara melakukan pinjaman modal usaha tanpa jaminan dengan meminjam secara kelompok:

1. Membentuk Kelompok

Untuk pinjaman modal usaha tanpa jaminan, para anggota diharuskan membentuk kelompok yang terdiri dari 15 hingga 20 orang di area tempat tinggalnya.

Selain itu, pelatihan wajib diikuti oleh calon peminjam sebelum diberikan pembiayaan

2. Pemberian Pembiayaan

Setelah dilakukan review, proposal pembiayaan akan terdaftar di marketplace Amartha.com untuk ditawarkan kepada investor yang berminat.

Setelah mendapatkan komitmen dana dari investor yang melakukan investasi online, Amartha akan memfasilitasi aqad dan pencairan kepada peminjam.

3. Mengikuti Pertemuan Kelompok Mingguan

Setiap anggota wajib mengikuti pertemuan mingguan dengan field officer Amartha selama proses pembiayaan berlangsung. Selain itu monitoring secara berkala juga akan dilakukan untuk melihat perkembangan usaha para peminjam.

Cukup dengan 3 langkah mudah diatas, para pengusaha baik yang usaha kecil menengah maupun mahasiswa dapat memperoleh pinjaman modal usaha tanpa jaminan.

Siap menambahkan untuk memulai usaha?

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

16 COMMENTS

    • Maaf atas balasan yang cukup lama. Untuk pinjaman kami hanya tersedia bagi perempuan pedesaan. Namun jika Anda ingin berdiskusi lebih lanjut melalui live chat kami di Amartha.com atau Facebook chat Amarthaid . Terima kasih 🙂

    • Maaf atas balasan yang cukup lama. Kami juga melayani wilayah Jawa Barat. Silakan berdiskusi lebih lanjut melalui live chat kami di Amartha.com atau Facebook chat Amarthaid . Terima kasih 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

7 Amalan Sunnah di bulan Ramadhan yang Bikin Ibadahmu Makin Berkah

Akhirnya bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di berbagi penjuru dunia tiba, Ramadhan yang penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai...