Pinjam Uang di Pinjol, Ini 6 Tips Yang Aman!

|

|

|

Layanan Financial Technology (Fintech) yang kerap disebut pinjaman online (pinjol) di tengah masyarakat semakin berkembang pesat belakangan. Pasalnya, pinjol sekarang ini menjadi salah satu alternatif pendanaan bagi masyarakat yang cepat dan mudah.

Berbeda dengan bank atau lembaga keuangan konvensional lainnya, produk keuangan berbasis online ini juga mampu mencairkan dana pinjaman dalam waktu beberapa jam saja.

Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum memahami penggunaan pinjol dengan baik. Hal ini memunculkan stigma negatif seolah pinjaman online berbahaya dan harus dihindari.

Selain itu, minimnya literasi hingga keterbatasan regulasi membuat banyak orang akhirnya rentan terhadap jebakan bunga tinggi hingga menjadi korban dari praktik penagihan tidak manusiawi oleh pelaku jasa pinjol ilegal.

Baca Juga: 5 Hal Penting Saat Terlanjur Pinjam ke Pinjol Ilegal

Karena itu, masyarakat sebaiknya harus lebih cermat ketika melakukan peminjaman uang di pinjol.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips agar aman ketika ingin pinjam uang di pinjol!

1. Pilih Pinjol yang Terdaftar di OJK    

Tips yang pertama adalah pastikan layanan pinjaman online yang dipilih telah mengantongi status terdaftar dan punya izin usaha dari OJK. Hal ini akan menjamin bahwa seluruh proses yang kebijakan bisnis keuangan pada fintech atau aplikasi tersebut sudah diverifikasi serta mendapatkan pengawasan dari OJK.

Perlu diketahui, melihat status usaha dari sebuah layanan pinjaman online juga mampu menghindarkan kamu dari risiko kebijakan kredit yang merugikan, seperti, tingkat bunga dan denda keterlambatan mencekik.

Untuk mengecek legalitas sebuah pinjaman online, kamu bisa mengunjungi situs resmi OJK atau melihat adakah logo OJK pada laman situs atau aplikasinya.

2. Pahami Syarat dan Ketentuannya

Selain mengecek legalitas usaha platform pinjaman online, sebaiknya kamu meluangkan waktu untuk membaca terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang diberikan.

Sebab, kebanyakan pinjaman online menjadi masalah di kemudian hari karena nasabah tidak terlalu memahami ketentuan hingga skema pengembalian pinjaman.

3. Pinjam Uang di Pinjol Hanya Sesuai Kebutuhan

Kemudahan pengajuan pinjaman online seringkali disalahgunakan oleh banyak orang. Tidak sedikit yang pinjam dana di pinjol untuk memenuhi kebutuhan konsumtif, atau lebih parahnya lagi untuk membayar tunggakan utang sebelumnya.

Hal ini tentu bisa menjadikan pinjaman online menjadi bumerang untukmu. Bukannya memudahkan, yang ada kamu malah terjerat utang. Amannya, jangan sampai jumlah pinjamanmu melebihi 30 persen total penghasilan bulanan. Dalam rasio tersebut, kondisi keuanganmu masih bisa dianggap sehat.

4. Pastikan Bunga Pinjaman Transparan dan Tidak Mencekik

Saat kamu meminjam uang di pinjol, sebaiknya cek besaran bunga yang ditetapkan. Jika platform pinjol yang kamu gunakan memberikan bunga hingga 1% per hari atau 30% per bulan, ada baiknya tidak memilih pinjaman online tersebut. Sebab, OJK menetapkan bahwa perusahaan fintech tidak boleh menetapkan bunga lebih dari 0.8% per hari.

5. Catat Jumlah Dana yang Dipinjam

Ada baiknya juga kamu mencatat jumlah pinjaman yang diajukan sekaligus nominal cicilan yang perlu dilunasi setiap bulannya. Langkah ini penting untuk dilakukan agar tidak lupa melunasi cicilan dan berakhir mendapatkan sanksi berupa denda keterlambatan. Agar lebih aman, jangan ragu untuk memanfaatkan fitur autodebet atau fitur pengingat lainnya.

6. Bayar Cicilan Tepat Waktu

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu juga akan dikenakan denda saat telat dalam membayar pinjaman online layaknya di kredit konvensional. Apabila dibiarkan terus-terusan, tentu utang akan menumpuk, dan bebanmu untuk membayarnya kembali pun semakin besar.

Disiplinkanlah dirimu sendiri dalam membayar cicilan. Ketika menerima gaji, prioritaskan untuk membayar cicilan sebelum kamu menyisihkannya untuk kebutuhan lain.

Well, itulah beberapa tips agar aman ketika ingin meminjam uang pada pinjol. Semoga informasi ini bermanfaat buatmu ya !

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Profil 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia

Dalam dunia perekonomian Indonesia, pasti kamu pernah mendengar istilah “9 Naga”. Istilah ini sendiri merujuk kepada tokoh-tokoh pengusaha yang kebanyakan keturunan Tionghoa...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.