Home Syariah ☪ Pilihan Investasi Syariah yang Menguntungkan untuk Pelaku UMKM

Pilihan Investasi Syariah yang Menguntungkan untuk Pelaku UMKM

Investasi syariah memang saat ini banyak diminati oleh para investor. Hal ini didorong oleh trend hijrah yang belakangan berkembang pesat terutama di kalangan anak muda. Yups, Hijrah di sini memang bukan hanya diartikan meningkatkan ibadah namun juga mengaplikasikan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam menjalankan bisnis UMKM. Hal ini termasuk menjauhi riba, sistem ekonomi berbasis suku bunga, yang dianggap haram. Untuk itu, ada baiknya kamu tahu daftar investasi syariah UMKM untuk kamu yang ingin hijrah.

1. Sukuk

Baru baru ini pemerintah mengeluarkan sukuk dengan imbal hasil yang terbilang cukup besar. Namun tahukah kamu ap aitu sukuk?

Sukuk merupakan obligasi atau surat utang yang menggunakan prinsip syariah. Pengelolaannya dijamin bebas riba, maysir (judi), dan gharar (ketidakjelasan). 

Lebih lanjut, sukuk menerapkan akad Ijarah yaitu pemindahan hak guna barang lewat transaksi upah atau sewa namun tidak diikuti dengan pemindahan kepemilikan. Keberadaan sukuk sendiri telah dijamin sesuai dengan prinsip muamalah oleh MUI.

2. Deposito Syariah

Nah kalau yang ini pasti beberapa kamu sudah familiar. Yups, Deposito syariah merupakan produk investasi populer yang sering ditawarkan oleh bank syariah. Dalam perjanjian digunakan akad mudharabah dalam pemberian return-nya sehingga dijamin bebas riba.

Bukan hanya itu, investasi dari dana deposito syariah juga hanya disalurkan ke industri yang tidak melanggar syariat islam loh

3. P2P Lending Syariah

Nah kalau produk yang ketiga ini memang baru baru ini jadi trend. Sama seperti sukuk, Peer to Peer (P2P)Lending juga telah diakui bebas riba oleh fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI Nomor 117/2018 tentang Layanan Pembiayaan Berbasis Teknologi Informasi Berdasarkan Prinsip Syariah. Selain itu, P2P Lending Syariah juga dikung oleh Dr. Wahbah Zuhaili log, beliau berpendapaty:

“Yang dimaksud dengan satu majelis dalam setiap akad seperti yang telah kami jelaskan bukanlah keberadaan kedua pihak yang bertransaksi dalam satu tempat. Sebab terkadang tempat kedua pihak itu berbeda ketika ada perantara yang menghubungkan keduanya. Seperti transaksi via telepon, radiogram atau via surat”

Keunggulan lain dari P2P lending syariah adalah kemudahan dalam bertransaksi khususnya buat UMKM yang membutuhkan pembiayaan. P2P Lending Syariah dapat menjadi solusi dalam pilihan investasi Syariah UMKM karena biasanya tidak mensyaratkan hal yang rumit ketika kamu ingin mengajukan pembiayaan serta dana yang dipinjampun akan cepat cair. 

Selain itu, untuk kamu yang ingin berperan menjadi investor di platform P2P Lending juga memiliki keunggulan nih. Selain return yang cepat dan terbilang besar. P2P Lending Syariah juga akan melakukan pengawasan yang ketat agar pihak yang dibiayai lancar menyelesaikan pembiayaan yang telah mereka ajukan dan dapatkan.
Jadi produk investasi Syariah UMKM mana yang ingin kamu gunakan?

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

5 Lapisan Mitigasi Risiko Ini Ada di Amartha

Sebelum memulai pendanaan di dunia fintech, Anda harus mengetahui risiko dan keamanan yang dilakukan perusahaan tersebut. Hal ini dilakukan agar...

Perjalanan Hidup Menjadi Single Parent

Perjalanan hidup menjadi single parent, sebagai seorang ayah dari seorang putri, tidak pernah terpikirkan sebelumnya disaat mengikat janji dengan pasangan, selalu terucap...

Semua yang Saya Raih Ini Karena Amartha

“Tolong Amartha dijaga sebaik mungkin agar ibu-ibu lain yang belum bisa bangkit bisa terbantu.” Begitu kata Pariyah saat tim Amartha bertemu di rumahnya, desa Randusari,...