Pilihan Investasi Crowdfunding UMKM Mulai 100 Ribu

|

|

|

Masyarakat semakin sadar akan pentingnya berinvestasi. Apalagi, sudah banyak pilihan investasi crowdfunding mulai dari 100 ribu. Investasi skema crowdfunding ini sangat cocok dicoba untuk investor pemula dengan modal terbatas.

Lalu, apa sih sebenarnya investasi crowdfunding itu?

Crowdfunding adalah istilah yang berasal dari dua kata yakni crowd dan funding. Crowd memiliki arti keramaian atau kerumunan. Sedangkan funding berarti pembiayaan atau pendanaan.

Jadi, crowdfunding bisa didefinisikan sebagai pendanaan oleh sekelompok orang atau juga merupakan bentuk inisiatif dari individu/tim/organisasi/entitas untuk melakukan pengumpulan dana demi mewujudkan suatu proyek.

Menurut Bill Clark dalam buku The History & Evolution of Crowdfunding, crowdfunding sebenarnya tidak murni seratus persen berasal dari pengembangan penggalangan dana, tetapi merupakan evolusi dari pendanaan model microfinance.

Alasan Kenapa Crowdfunding Sangat Diminati di Indonesia

Secara umum, ada 3 model bisnis crowdfunding yang berkembang sekarang. Pertama, equity crowdfunding.

Sebuah crowdfunder ekuitas akan menginvestasikan uang dengan imbalan kepemilikan saham perusahaan, proyek, atau usaha Anda. Jenis crowdfunding ini efektif digunakan untuk perusahaan yang memiliki potensi bisnis yang berkembang.

Kedua, reward crowdfunding. Investor akan berkontribusi pada usaha milikmu dengan imbalan manfaat non-finansial yang biasanya bisa berbentuk sebuah produk atau karya. Semakin banyak investor menyumbang ke sebuah proyek, semakin besar hadiah yang akan mereka terima.

Terakhir, yaitu donation crowdfunding. Jenis crowdfunding ini dirancang untuk amal dan bukan mencari profit.

Amartha Sebagai Alternatif Investasi P2P Lending Crowdfunding

investasi amartha
Alternatif Investasi P2P Lending Amartha

Karena cakupannya yang semakin luas, tidak heran semakin banyak platform fintech lainnya yang akhirnya juga menawarkan layanan investasi dengan skema crowdfunding, salah satunya adalah Amartha.

Sebagai salah satu platform Fintech P2P Lending Produktif yang terpercaya di Indonesia, Amartha menghadirkan layanan investasi dengan skema crowdfunding di marketplace aplikasinya sejak tanggal 22 Juli 2021.

Sebagai informasi, Amartha adalah pioneer P2P Lending yang mengadaptasi sistem Grameen Bank dari Muhammad Yunus. Amartha selama ini selalu fokus menyalurkan dana investor kepada perempuan pengusaha mikro melalui pendampingan dan pelatihan usaha serta keuangan secara rutin.

Di Amartha, investor tidak hanya mendapatkan bagi hasil sampai 15% flat per tahun tetapi juga turut memberdayakan perempuan pengusaha mikro di pedesaan. Berdasarkan Laporan Akuntabilitas Sosial Amartha, 41% mitra keluar dari garis kemiskinan setelah 2 tahun bergabung dengan Amartha.

Adapun, investasi dengan sistem crowdfunding di Amartha sendiri tersedia dengan nominal pendanaan mulai dari Rp100.000 dan berlaku kelipatan sesuai jumlah total plafon serta tenor yang tersedia.

Sebenarnya, prosedur pendanaan dengan skema crowdfunding di Amartha tidak jauh berbeda dengan pendanaan biasa yang ditawarkan sebelumnya.

Pendana yang menginvestasikan uangnya lewat layanan crowdfunding di Amartha akan tetap mendapatkan notifikasi seperti informasi pendanaan mulai dari total pendana, keuntungan, tenor, dan lain sebagainya.

Well, untuk mendaftar sebagai pendana mitra usaha Amartha dengan skema crowdfunding adalah sebagai berikut:

  • Daftar dan membuat akun Amartha. Jika sudah memilikinya, kamu hanya perlu login.
  • Klik Marketplace.
  • Pilih mitra usaha yang ingin didanai berdasarkan preferensi pendana dengan kategori pendanaan Crowdfunding.
  • Pahami syarat dan ketentuan, lalu klik Danai.
  • Transfer dana sesuai nominal pendanaan.
  • Pendanaan selesai.

Nah, mudah bukan? Selamat mencoba ya!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...