Pesan Elon Musk Kepada Karyawan Tesla: WFO atau Resign!

0
110

Tanggal 31 Mei lalu, Elon Musk dikabarkan meminta karyawan Tesla untuk kembali ngantor atau work from office (WFO) minimal 40 jam dalam seminggu atau memilih untuk meninggalkan perusahaan jika tidak menyetujuinya.

“Jika Anda tidak muncul, kami akan menganggap Anda telah mengundurkan diri,” katanya dalam salah satu emailnya yang dikutip dari twitter @TechEmails.

sumber: twitter @TechEmails.

Alasan WFO Bagi Elon Musk

Dalam emailnya, Elon Musk menjabarkan alasan para senior harus WFO. Menurutnya, sebuah perusahaan manufaktur yang membuat produk inovatif terbaik harus bekerja ekstra dengan ‘tinggal’ lebih lama di pabrik. Hal ini jugalah yang ia lakukan, sehingga Tesla tak mengalami kebankrutan dan justru semakin terdepan.

Dengan ini Elon Musk berharap agar para karyawannya dapat lebih produktif dan membawa Tesla kembali menghasilkan produk yang “exciting and meaningful products of any company on earth.” jelasnya dalam emailnya.

Pandangan Elon Musk Terhadap Sistem Kerja Karyawan Tesla

Ini bukan pertama kali bos Tesla tersebut memberikan pandangan terhadap sistem kerja karyawan Tesla. Beberapa waktu lalu, Oktober 2021, Elon Musk juga sempat mengirim pesan melalui email yang ditujukan kepada para manajer. Dalam emailnya, Elon Musk menjelaskan apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

Dalam email kedua di bulan yang sama, Elon Musk menunjukkan sisi yang lebih manusiawi, yakni menanggapi permintaan seorang pekerja pencinta musik untuk mendengarkan melalui headset saat bekerja di kantor. Elon Musk tampak sangat memahami bagaimana membuat karyawan bisa bekerja dengan nyaman dan senang, bahkan ia mengatakan juga tak mengapa jika ingin menyalakan lagu melalui speaker asalkan sudah melalui persetujuan bersama karyawan lainnya.

Baca Juga: WFO Lagi? Ini 4 Tips Siapkan Emosional

Saat ini efektivitas bekerja antara WFO & WFH memang sering menjadi perdebatan. Sebagian mengatakan jika WFO lebih efektif untuk berkolaborasi dengan tim dan meningkatkan produktivitas, namun sebagian lainnya memilih WFH dengan alasan fleksibilitas dan mengurangi tingkat stres di perjalanan.

Nah, kalau kamu lebih memilih WFO atau WFH nih?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here