Home Amartha Perusahaan Impact Investment, Beda Gaya, Satu Misi

Perusahaan Impact Investment, Beda Gaya, Satu Misi

Ada beberapa perusahaan di dunia yang sudah menerapkan strategi impact investment. Meskipun sama-sama fokus pada dampak sosial, namun kelebihan yang ditonjolkan memiliki perbedaan satu dengan lainnya.

Indonesia merupakan salah satu negara yang menerapkan impact investment pada sektor ekonomi. Seperti yang kita tahu, impact investment merupakan strategi investasi yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Tidak melulu memikirkan profit, impact investment lebih mengedepankan kesejahteraan lingkungan dan sosial.

Ada beberapa perusahaan yang telah menerapkan impact investment di dunia, termasuk di Indonesia. Setiap perusahaan tentunya memiliki data, dan hasil atas keberhasilan mereka masing-masing.

Vital Capital

Perusahaan yang berdiri sejak tahun 2011 ini fokus pada pengembangan dan pelaksanaan investasi sosial di Saharan, Afrika. Mereka mengembangkan dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) menengah ke bawah. Tujuannya agar ke depannya memiliki kehidupan yang berkualitas.

Vital Capital berusaha untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Saharan, seperti makanan, air bersih, hingga kesehatan. Perusahaan ini juga terus meningkatkan infrastruktur di sana. Hal ini memberikan dampak positif yang terus berkelanjutan. Tujuannya tetap agar dapat memberikan keamanan dan kenyamanan masyarakat. 

Community Reinvestment Fund

Perusahaan satu ini sudah ada sejak tahun 1988. Community Reinvestment Fund, USA (CRF) adalah salah satu organisasi non-profit yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Mereka juga mendukung dan meningkatkan dan membangun perekonomian masyarakat dan lingkungannya.

Tujuan mereka adalah membangun dan meningkatkan mobilitas ekonomi, khususnya pada produk-produk lokal. Mereka juga meningkatkan dan mengembangkan fasilitas-fasilitas pendukung aktivitas masyarakat.

Perusahaan ini memang agak berbeda dengan sebelumnya. CRF lebih fokus pada memberikan fasilitas kepada setiap pelaku usaha. Dari situ diharapkan setiap uang yang dipinjamkan dapat berguna untuk meningkatkan bisnis mereka. Dengan begitu, ke depannya mereka dapat membangun lapangan pekerjaan kepada beberapa masyarakat yang memang membutuhkan.

Amartha

Amartha adalah salah satu perusahaan yang menerapkan impact investment di Indonesia. Amartha sudah berdiri sejak tahun 2010, kemudian berubah menjadi perusahaan teknologi keuangan pada tahun 2016. Sejak saat itu Amartha memiliki misi untuk menghubungkan pelaku usaha mikro dengan pemodal secara online. Khususnya bagi para perempuan di Indonesia.

Sedikit berbeda dengan dua perusahaan sebelumnya, Amartha bermula dari rasa empati kepada pengusaha mikro di Indonesia. Termasuk dalam mendapatkan modal hingga masalah ekonomi. Hal ini mendorong Amartha untuk turun dan terlibat langsung di dalamnya. Atas dasar kepercayaan dan keyakinan pada masyarakat, Amartha memulai investasi yang nantinya dapat menciptakan sebuah dampak sosial yang lebih baik.

baca juga :

Jangan Boros Selagi Muda, Ini Tips Investasi Buat Generasi Millennials

Tidak hanya itu, menurut data dari Sustainable Accountability Report (SAR), menyebutkan bahwa Amartha telah membuat gebrakan baru. Amartha turut membantu mengurangi angka penduduk miskin di Indonesia. Bahkan, setiap mitra Amartha yang berada dalam garis kemiskinan berkurang sebanyak 22% dalam waktu kurang lebih 2 tahun. Ini adalah perkembangan yang cepat, dibandingkan dalam skala nasional, perihal penurunan kemiskinan.

Menariknya lagi, Amartha berhasil membantu meningkatkan akses air bersih di beberapa wilayah. Bahkan, peningkatan ini bisa dibilang cukup drastis, karena mencapai angka 81%. Dari sini sudah terihat bahwa Amartha memang memfokuskan pada meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Amartha fokus pada keinginan untuk mewujudkan kesejahteraan dan keadilan yang merata bagi masyarakat Indonesia.

Subscribe to Our Newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

7 Amalan Sunnah di bulan Ramadhan yang Bikin Ibadahmu Makin Berkah

Akhirnya bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di berbagi penjuru dunia tiba, Ramadhan yang penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai...