//

5 Tips Wujudkan Pernikahan Impian

persiapan pernikahan

Wujudkan Momen Berharga Pernikahan Anda Dengan Langkah Tepat Berikut

Pernikahan merupakan salah satu momen yang paling dinantikan bagi setiap pasangan, keluarga, dan kerabat terdekat.  Survey yang dilakukan oleh salah satu wedding marketplace di Indonesia, rata-rata dua juta pasangan menikah setiap tahunnya. Dan 4 dari 10 pernikahan masih dibiayai oleh orang tua dari para pengantin. Semenatara itu 52,6% diantaranya menyatakan bahwa mereka membiayai pernikahan keseluruhan secara mandiri.

Tentu menyiapkan sebuah pernikahan idaman Anda tidaklah mudah. Selain budget pernikahan yang tidak sedikit, Anda akan bertemu dengan keinginan pasangan dan keluarga yang perlu diakomodir. Jika Anda menikah dalam waktu dekat, tips kami akan membantu Anda:

  • Kesiapan mental

Tahukah Anda jika angka perceraian di Indonesia termasuk tertinggi di dunia? Menurut Anwar Saadi, selaku Kasubdit Kepenghuluan Direktorat Urais dan Binsyar Kementerian Agama, di tahun 2016 lalu, terjadi peningkatan angka perceraian di Indonesia. Kenaikan angka perceraian mencapai 16-20% berdasarkan data yang didapat sejak tahun 2009 hingga 2016.

Lalu, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Salah satu penyebabnya adalah pasangan menikah belum siap secara mental. Kesiapan mental berarti siap secara lahir dan batin. Mencapai kesiapan mental diperlukan kematangan dan keterbukaan sikap dari Anda dan pasangan.

  • Pilih tanggal baiknya

Apa hubungannya memilih tanggal dengan keberhasilan mewujudkan pernikahan impian Anda? Apakah ini soal kepercayaan hari baik dan keberuntungan? Bisa jadi demikian bagi mereka yang mempercayai hal tersebut.

Namun lebih jauh lagi, tanggal yang Anda dan pasangan pilih untuk dijadikan momen spesial pernikahan akan berpengaruh pada berbagai persiapan menjelang hari H, termasuk hal yang paling krusial yaitu merencanakan biaya pernikahan.

  • Pakai vendor atau tidak?

Biaya pernikahan di Indonesia saat ini bervariasi, jika Anda memilih konsep minimalis mungkin sekitar Rp 40 – 70 juta. Namun jika ingin lebih mewah, bisa menelan budget hingga ratusan juta rupiah.

Lalu apa untung dan ruginya menggunakan vendor? Jelas, keuntungannya Anda tidak perlu repot-repot dalam menyiapkan segala kebutuhan persiapan pernikahan Anda. Mulai dari mencari gedung, make-up, baju pernikahan, catering, video, fotografi, dekorasi, hiburan, dan lain sebagainya.

Vendor dapat menyediakan beberapa pilihan yang sesuai dengan keinginan Anda. Kekurangannya adalah biaya Anda akan lebih mahal dibandingkan menyiapkan secara pribadi. Coba kalkulasikan apakah cukup dengan budget pernikahan Anda.

  • Tentukan Tamu Anda

Pernikahan adalah momen berharga dan paling sakral bagi kebanyakan orang. Alangkah lebih baik jika Anda hanya mengundang orang terdekat, seperti keluarga besar kedua mempelai, sahabat dan teman yang Anda kenal. Hal ini akan menjadikan pernikahan Anda lebih nyaman.

  • Buat Skema Budgeting

Budgeting dapat dihitung jika Anda telah merinci rangkaian acara. Anda dan pasangan dapat mulai menuliskan seluruh rangkaian. Selanjutnya buat daftar kebutuhan dan anggaran biaya dan kalkulasikan.

Jangan lupa untuk mencari tahu biaya referensi setiap kebutuhan Anda, agar tidak berlebihan. Jauh-jauh hari pikirkan juga alternatif menambah dana pernikahan dengan invetasi. Anda bisa mencoba investasi cerdas di Amartha.

Selain yield-nya yang menguntungkan, hingga 17% per tahun, investasi di Amartha mudah dan aman terbukti dari 99,95% angsuran tepat waktu selama 6 tahun berjalan. Pelajari lebih lanjut di sini untuk informasi lebih lanjut.

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
GOOGLE
GOOGLE
https://blog.amartha.com/persiapan-pernikahan-idaman">
LINKEDIN
%d bloggers like this: