4 Hal Penting Untuk Ramadhan yang Semakin Berkah

Ramadhan 1438 H

Persiapkan Diri, Menyambut Ramadhan dengan dengan 4 Hal Berikut, agar Ibadahmu Makin Berkah.

Tak terasa, kita akan segera beranjak dari bulan Sya’ban dan segera berjumpa dengan bulan penuh Rahmat, Ramadhan yang akbar. Ini artinya, kita akan segera bertemu dengan tamu istimewa yang paling ditunggu-tunggu, yaitu “Ramadhan Mubarak”.

Ramadhan memang kita sambut di setiap tahun, namun bukan tak mungkin kita masih merasa belum bisa merasakan kepenuhan Ramadhan yang sesungguhnya. Bisa saja kita merasa kurang maksimal dalam berpuasa, atau kurang khusyuk dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan sebelumnya.

Tentu, sebagai manusia yang jauh dari kata sempurna, kita tak lepas dari kelalaian dan dosa. Tapi sebagai makhluk ciptaanNya, kita pasti mengharapkan amal Ibadah yang semakin banyak setiap tahun, serta aktifitas harian yang semakin murni, yang sungguh-sungguh menjauhi laranganNya, karena dengan begitu ibadah kita terasa lebih maksimal.

Maka, apa kita bisa kita lakukan agar menjadi lebih baik di Ramadhan tahun ini?
Mari simak 4 hal berikut, yang apabila kita amalkan dengan baik, niscaya kita mampu menjadi manusia yang lebih peka, semakin bersyukur setiap harinya, dan meraih sebenar-benarnya kemenangan.

  • Mari meniatkan untuk beribadah dengan lebih total, bukan hanya yang wajib-wajib saja.

Kita sebagai umat Muslim tentu paham, bahwa menjalankan ibadah sesuai dengan perintah-Nya adalah hal yang amat penting. Sejauh ini banyak dari kita yang hanya berusaha menjalani ibadah yang wajib-wajib saja. Sholat Fardu, lalu berpuasa, itupun kadang kita harus berusaha mati-matian untuk menjalaninya.

Sering kali juga, kita dihinggapi rasa malas, bahkan untuk hal yang paling wajib, seperti sholat lima waktu. Nah ini saatnya untuk menghadapi tantangan tersebut. Teguhkan diri, untuk menjalani ibadah dengan lebih total, berbeda dari tahun sebelum-sebelumnya. Ada baiknya di tahun ini, Ibadah Sunnah juga mendapat proporsi yang besar, demikian juga dengan Tarawih, Sholat Witir, Tahajud, Sholat Dhuha serta beramal Sholih.

Buatlah niat yang spesifik yang bisa kita lakukan secara konkret misalnya untuk meniatkan diri agar lebih banyak mengaji, kita berkomitmen untuk mengkhatamkan al-quran beberapa lembar dalam satu hari.

Jika kita mencoba dengan sepenuh hati untuk menjalankannya, ikhlas dan hanya mengharap ridho-Nya, puasa selama bulan Ramadhan pasti terasa lebih indah.

  1. Persiapan Tsaqafiyah (Keilmuan)

Setujukah jika urusan memahami tata cara ibadah yang benar, mampu membawa kita meraih pahala?

Rasulullah SAW, bersabda:”Barangsiapa yang melakukan suatu perbuatan (ibadah) yang bukan urusan (agama/contoh) kami, maka ibadah tersebut tertolak” (HR. Muslim).

Ya, tata cara ibadah yang benar amatlah penting, karena jika kita salah menjalankannya bisa jadi ibadah yang kita lakukan menjadi sia-sia dan bahkan berujung pada dosa.

Jadi pemahaman terhadap tata cara ibadah ini harus ditingkatkan, salah satunya bisa dilakukan dengan lebih banyak membaca. Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan membuka diri untuk ikut serta dalam majelis taklim yang membahas tentang Ramadhan/Shaum.

  1. Penuh Ketaatan, Merancang Agenda dan Mengisi Ramadan

Tentu saja, di bulan suci Ramadhan akan banyak sekali pahala yang bisa kita raih. Maka, menjadi hal yang sangat penting bagi kita untuk merencanakan agenda ibadah di bulan suci Ramadhan. Kita bisa mulai mencari tahu tentang komunitas atau gerakan yang berorientasi sosial, atau memulai gerakan sosial kita sendiri dengan mengajak teman atau keluarga, selain itu ada baiknya kita sudah bersiap untuk mengalokasikan dana, upaya, dan waktu untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa membersihkan diri, serta mendekatkan diri kepadaNya. Apalagi, beramal di bulan puasa akan dilipatgandakan pahalanya, bahkan bisa sampai 700 kali lipatnya.

4. Sambut Ramadhan dengan Tekad untuk Meninggalkan Dosa dan Kebiasaan Buruk

Setiap orang ingin bersih dari kesalahan dan dosa. Maka, hal yang bisa kita lakukan ialah sungguh-sungguh bertaubat. Bukan hanya di mulut saja, tapi benar-benar melakukannya.
Ramadan adalah bulan Taubat dan bulan Maghfirah. Dengan keluasan rahmatNya, kita jadikan bulan Ramadhan untuk memohon maaf serta memohon ampunan atas dosa-dosa yang pernah kita lakukan.

Rasulullah bersabda: “Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena Iman dan ketaqwaan, maka Allah akan hapuskan dosa-dosanya di masa lalu” (HR. Bukhori-Muslim)

Kita bisa mulai membuat daftar kebiasaan buruk apa saja yang ingin kita kurangi atau hilangkan sama sakali. Ada baiknya daftar tersebut juga diikuti dengan strategi nyata yang bisa kita lakukan setiap hari atau setiap minggu, sehingga kita bisa mancatat dan melihat kemajuan kita.

Lingkungan pertemanan juga memegang andil besar dalam mengubah kebiasaan buruk kita. Jangan ragu untuk mengurangi waktu bergaul dengan mereka yang kita anggap kurang memberikan dampak positif dalam hidup kita, mulailah berkomitmen dengan diri kita sendiri untuk mencari support system yang bisa mendorong kita ke arah yang lebih baik.

Ayo kita sambut bulan Ramadhan dengan persiapan yang matang, agar di tahun ini Ramadhan kita semakin indah dan berkah.

Please follow and like us:
4 Comments
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
LINKEDIN
%d bloggers like this: