Peringati Hari Buku: Bepergian Lewat Imajinasi dengan 5 Buku ini

0
17
peringatan hari buku nasional

Peringatan Hari Buku Nasional serta HUT Perpusnas ke 42 jatuh setiap tanggal 17 Mei. Buku menjadi sarana untuk memperoleh informasi baru serta memungkinkan kita untuk menjelajahi minat dengan mendalam. Perayaan Hari Buku tentu saja juga dilakukan agar mendorong tumbuhnya budaya literasi. 

Adanya hari nasional ini memang bisa menjadikan wadah untuk terus mengingatkan kita jika buku menjadi bagian penting di dalam tonggak pengetahuan bangsa.

Sejarah Hari Buku Sedunia

Berbeda dengan hari nasional di Indonesia, 23 April menjadi perayaan buku sedunia. Tanggal tersebut dipilih disebabkan karena beberapa penulis terkemuka seperti Inca Garcialaso de la Vega, Miguel de Cervantes serta Wiliam Sharespeare meninggal dunia. 

Kemudian, tanggal tersebut diajukan pada konferensi umum UNESCO yang diadakan di Paris tahun 1995 agar bisa memberi penghormatan pada buku serta penulis yang meninggal di tanggal tersebut. 

Tentu saja tujuan dari adanya hari tersebut juga dilakukan agar mendorong semua orang membaca buku. Semenjak tahun 2000, World Book sudah menginspirasi banyak orang, tentu dengan dukungan dari UNESCO serta pemerintah. Setiap tahunnya, terdapat berbagai kegiatan hari buku sedunia serta dilakukan di berbagai wilayah. 

Hal ini dilakukan agar semakin banyak orang yang gemar membaca buku serta meningkatkan budaya literasi di dunia. 

Pilihan Bacaan di Hari Buku Nasional yang Asik untuk Dibaca

Untuk memperingati Hari Buku Nasional 2022, kamu bisa membaca berbagai macam pilihan buku ini, seperti:

1. Bumi Manusia – Pramoedya Ananta Toer

Bumi Manusia menjadi buku yang menceritakan mengenai pertentangan batin yang dialami oleh Minke mengenai pandangan pada pendidikan serta pengaruhnya untuk mengubah derajat manusia.

Saat membaca buku ini, kamu bisa terseret emosi untuk terlibat di dalam kehidupan tokoh utama serta membakar semangat nasionalisme yang kamu miliki. 

2. Pulang – Leila S. Chudori

Pulang adalah novel yang terbit di tahun 2012. Novel ini harus dibaca olehmu karena memiliki latar belakang 3 peristiwa bersejarah di Indonesia yakni 30 September 1965, kemudian Indonesia tahun 1998 dan Prancis di tahun 1968. 

Baca Juga: Hari Buku Nasional: Aktris Indonesia Ini Pernah Luncurkan Buku

3. Ubur-ubur Lembur – Raditya Dika

Untuk memperingati Hari Buku, pilihan buku lain yang bisa kamu baca adalah Ubur-ubur Lembur. Siapa yang tidak mengenal Raditya Dika. Sebelum terkenal sebagai komika, ia merilis buku bergenre romance komedi. Penceritaan yang sangat lucu dan menyenangkan membuat buku pertamanya yakni Kambing Jantan menjadi best seller. 

Buku lain yang harus kamu baca adalah Ubur-ubur Lembur. Buku ini berisi kumpulan cerita pengalamannya mengenai apa yang dicintainya. Dengan penulisannya yang khas, kamu bisa masuk ke dalam cerita buku ini. 

4. Skiripsick – Chara Perdana

Jika kamu sedang mengerjakan skripsi, pasti akan merasa relate dengan buku satu ini. Buku ini bercerita mengenai kesulitan mahasiswa di tingkat akhir yang harus lulus. Selain itu Skripsick juga penuh dengan berbagai jokes ala mahasiswa. 

5. Seni Merayu Tuhan – Husein Ja’far Al-Hadar

Buku yang terakhir adalah Seni Merayu Tuhan. Buku ini akan memberikanmu perspektif seni di dalam arti yang lebih luas, sehingga kamu akan memahami berbagai fenomena keberagamaan yang kontemporer mulai dari sosial, digital hingga kesalehan ritual. 

Memiliki gaya dakwah dengan bahasa yang jenaka dan popular, buku sangat mudah dicerna oleh berbagai kelompok anak muda. Pada Hari Buku, bukan hanya membaca buku saja yang dapat kamu lakukan.

Sekarang, kamu juga bisa mulai untuk memikirkan investasi yang menguntungkan untuk melengkapi koleksi bukumu. Salah satu rekomendasinya adalah P2P lending Amartha. Di sini, kamu bisa mendapatkan imbal hasil hingga mencapai 15% flat per tahun!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here