Perhatian, Ini Daftar Kekayaan 6 Menteri Baru Presiden Jokowi!

|

|

|

Rabu (23/11) lalu, Presiden Joko Widodo me-reshuffle sekaligus mengumumkan sejumlah menteri di kabinetnya. Adapun daftar menteri yang diganti ialah: Terawan Agus Putranto selaku Menteri Kesehatan, Wishnutama selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Fachrul Razi selaku Menteri Agama, dan Agus Suparmanto selaku Menteri Perdagangan.

Selanjutnya Presiden menunjuk enam nama baru untuk menggantikan posisi para menteri di atas, mereka adalah: Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan, Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata, Yaqut Cholil selaku Menteri Agama, M. LUthfi selaku Menteri Perdagangan, Tri Rismaharini selaku Menteri Sosial, dan Sakti Wahyu Trenggono selaku Menteri Kelautan dan Perikanan.

Salah satu ketentuan seseorang yang ditunjuk sebagai Menteri adalah harus melaporkan total harga kekayaannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lalu, berapa sajakah dartar kekayaan menteri baru kita?

Daftar Kekayaan Menteri Baru Presiden Jokowi

Berikut ini daftar kekayaan para menteri baru Presiden Jokowi melansir dari CNBC Indonesia: 

  1. Sandiaga Uno – Rp5.09 Triliun

Berdasarkan laporan, nilai kekayaan Sandiaga mencapai Rp5.09 Triliun per akhir 2018 lalu. Adapun kekayaan tersebut berupa tanah, bangunan, dan uang kas. Nilai kekayaan yang paling besar adalah aset surat berharga yang mencapai Rp4.7 Triliun, aset tanah mencapai Rp191 Miliar, dan utang senilai Rp340 Miliar.

2. Sakti Wahyu Trenggono – Rp1.94 Triliun

Sakti melaporkan jumlah harta kekayaannya mencapai Rp1.9 Triliun di mana aset terbesarnya dalam bentuk tanah dan bangunan Rp54 Miliar, alat transportasi dan mesin Rp6 miliar, surat berharga senilai Rp1.6 triliun, harta bergerak lainnya Rp 16 Miliar, kas Rp 141 Miliar, dan harta lainnya senilai Rp61 Miliar.

3. Budi Gunadi Sadikin – Rp 161 Miliar

Mantan Wakil Menteri BUMN ini dilaporkan memiliki kekayaan senilai Rp151 Miliar di mana Rp89 Miliar dalam bentuk tanah dan bangunan, transportasi dan mesin senilai Rp1.02 Miliar, surat berharga negara senilai 63,24 Miliar, kas senilai Rp4.2 Miliar, dan harta bergerak lainnya sebesar Rp4.31 Miliar.

4. M. Luthfi – Rp130.7 Miliar

Dilantik sebagai Menteri Perdagangan, M. Luthfi melaporkan kekayaannya yang mencapai Rp130.7 Miliar yang tercatat hingga akhir 2013 silam. Nilai aset terbesar dalam bentuk tanah dan bangunan Rp37.7 Miliar, alat transportasi dan mesin senilai Rp2 Miliar, harta bergerak senilai Rp8.6 Miliar. M. Luthfi juga tercatat memiliki aset surat berharga senilai Rp91 Miliar dan dalam giro dan setara kas lain sebesar Rp4 Miliar. 

5. Tri Rismaharani – Rp7.17 Miliar

Total kekayaan yang dimiliki oleh Tri RIsmaharini senilai Rp7.17 Miliar berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 21 Maret 2019/Periodik-2018. Dalam beberapa aset kekayaannya, tercatat  aset alat transportasi dan mesin yang mencapai Rp985 juta.

6. Yaqut Cholil – Rp926 Juta

Yaqut Cholil tercatat memiliki total kekayaan mencapai Rp936 Juta berdasarkan data per 19 Juni 2019 lalu dengan aset berupa tanah senilai Rp47 juta, dua buah mobil hasil sendiri dengan total Rp882 juta, dan harta bergerak Rp1.5 juta dan kas senilai Rp5.8 juta.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Moms, Ini Lho Perkiraan Biaya Imunisasi Si Kecil

Buat bayi, imunisasi adalah hal yang sangat penting didapat mengingat daya tahan tubuhnya masih sangatlah lemah. Sebagai informasi, imunisasi merupakan cara meningkatkan...