Perhatian! Ini 7 Hal yang Membatalkan Puasa

0
1140
Ilustrasi hal yang membatalkan puasa. Photos by istockphoto

Raih Pahala dan Hindari Berbagai Hal yang Membatalkan Puasa Berikut Ini

Menjalankan ibadah puasa tidak hanya menahan godaan dari makan dan minum mulai dari setelah subuh hingga waktu maghrib tiba. Masih ada beberapa hal yang membatalkan puasa yang harus kamu hindari. Berikut ulasannya. 

1. Muntah dengan Sengaja 

Hal pertama yang bisa membatalkan puasa adalah dengan sengaja mengeluarkan atau memuntahkan makanan atau minuman dari perut melalui mulut. Misalnya saja sengaja memasukkan jari ke mulut agar makanan tersebut keluar kembali. 

Jika muntah secara tidak sengaja atau tiba-tiba muntah dan tidak ada yang tertelan kembali sedikitpun, maka puasanya tidak batal. 

Namun jika muntahannya tersebut tertelan dengan sengaja, maka puasanya batal dan wajib untuk mengqadha/mengganti puasanya. 

2. Sengaja Berhubungan Seksual

Berhubungan suami istri memang tidak dilarang dalam agama Islam, namun hal yang membatalkan puasa adalah jika aktivitas tersebut dilakukan pada saat siang hari.

Tidak hanya puasanya saja yang batal, kamu juga harus membayar denda akibat perbuatan tersebut. 

Dendanya berupa puasa selama 2 bulan berturut-turut. Apabila tidak mampu, kamu wajib memberi makanan pokok kepada 60 fakir miskin senilai 0,6 kg (satu mud) beras. 

3. Menelan Dahak 

Hal yang membatalkan puasa berikutnya adalah apabila sengaja menelan kembali dahak yang telah dikeluarkan ke rongga mulut. Menurut pendapat beberapa ulama, dahak tersebut berasal dari pangkal hidung dan tidak keluar dari mulut.

Dengan kata lain, kondisi tersebut dianggap mirip dengan muntah sehingga seseorang masih memungkinkan untuk menghindarinya. 

Baca Juga: Selain Turun Berat Badan, Ini Dia Manfaat Puasa Lainnya!

4. Suntikan

Hal-hal yang membatalkan puasa menurut Islam berikutnya adalah memasukkan sesuatu ke dalam tubuh. Misalnya, pada saat disuntik, pemberian obat kepada penderita ambeien, dan pemasangan kateter urin. 

Pada kasus menerima suntikan, tubuh akan dimasukkan obat berupa cairan yang bisa menghilangkan rasa lapar dan haus. Itu sebabnya suntikan menjadi salah satu hal yang bisa membuat puasa jadi batal. 

5. Berenang 

Olahraga renang pada dasarnya diperbolehkan saat kamu berpuasa. Ini merupakan salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan dan menyehatkan. Namun, ada hal-hal yang membatalkan puasa dan sanksinya berupa kewajiban mengganti puasa tersebut di lain waktu pada saat kamu berenang. 

Agar puasa tidak batal, kamu harus menjaga agar tidak ada setetes air pun yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini pastinya akan sangat sulit untuk dihindari, jadi lebih baik bersabar menunggu hingga waktu berbuka tiba apabila muncul keinginan untuk berenang. 

6. Bekam 

Selain nifas dan haid yang normal dialami oleh kaum wanita, hal yang membuat batal puasa adalah melakukan bekam. Merupakan sebuah metode pengobatan dengan cara mengeluarkan darah kotor (mengandung toksin) dari tubuh manusia.

Sebab, pada dasarnya setiap umat Islam tidak diperkenankan mengeluarkan segala apapun yang ada dalam tubuh ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Oleh karena itu, tindakan bekam menjadi salah satu hal yang bisa membatalkan puasa. 

7. Hilang Akal

Orang gila atau hilang akal memang tidak memiliki kewajiban untuk berpuasa. namun ketika kamu sedang berpuasa dan tiba-tiba hilang akal, hal itu bisa membatalkan puasa. Misalnya, sengaja mencium sesuatu yang bisa membuat mabuk atau pingsan. Walau hanya sebentar, puasanya tetap batal dan wajib untuk mengqadha puasanya. 

Intinya, hindarilah berbagai hal yang membatalkan puasa. Lebih baik gunakan waktumu untuk berbuat kebaikan, misalnya dengan modalin usaha para perempuan CEO UMKM di Amartha. Dari modal itu kamu bisa menciptakan dampak sosial untuk keluarga dan komunitas para perempuan di pedesaan.

Tak hanya itu, kamu juga bisa dapat bagi hasil sampai 15% flat per tahun. Selain itu, Amartha sudah terdaftar dan berizin OJK sehingga transaksimu pasti aman. Ayo modalin!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here