Home Amartha Perempuan Tangguh Di Garda Terdepan - Menjadi Tulang Punggung di Tengah Pandemi...

Perempuan Tangguh Di Garda Terdepan – Menjadi Tulang Punggung di Tengah Pandemi #KartiniIndonesia

|

|

|

Pandemi Covid-19 membuat perekonomian dunia terjun bebas termasuk di Indonesia. Hal ini menyebabkan banyak sekali problema baru yang muncul di masyarakat. Banyak yang kehilangan pekerjaan mereka dalam hitungan minggu setelah virus ini mewabah di tanah air. Tidak ada yang menyangka bahwa kondisi ini akan terjadi kepada mereka. Tantangan ini tentunya jatuh lebih keras kepada mereka yang berada di piramida paling bawah. Terutama bagi perempuan pengusaha mikro di desa.

Kali ini, team Money+ berkesempatan untuk berbincang dengan salah satu Mitra Amartha, Ibu Kusmirah atau biasa dipanggil Ibu Mirah dari Cilacap Selatan, Jawa Tengah. Ibu Mirah,45 tahun, merupakan tulang punggung keluarga dengan berjualan nasi rames di warung makan miliknya. Ia sudah hampir 7 tahun menjadi pedagang nasi rames dan bergabung menjadi mitra Amartha sejak awal tahun 2020.

Ketika ditanyakan mengenai kondisi desanya di tengah pandemi virus corona ia mengatakan, “Alhamdulillah, masyarakat daerah saya tertib anjuran pemerintah. Saya juga termasuk orang yang paling rajin mengingatkan teman-teman untuk cuci tangan dan jaga jarak.  Karena jika tidak, yang rugi kami juga. Tapi sekarang sudah muncul kesulitan sejak virus ini mewabah, kami semakin susah mencari uang. Biasanya dalam satu hari 5 kilo beras bisa habis, sekarang jika 1,5 kg saja bisa habis saya sudah bersyukur.”

Semenjak pemerintah menganjurkan Pembatasan sosial berskala Besar (PSBB), Ibu Mirah merasakan perubahan besar dalam pendapatanya dalam sehari-hari. “Sebelum covid, saya bisa untung 200 ribu per-hari jika sedang laku bisa sampai 400-500 ribu. Sekarang karena covid, 100 ribu aja udah Alhamdulillah.” tuturnya.

Namun dengan demikian, hal itu tidak membuat Ibu Mirah patah semangat.  Ia tetap berkeliling alun-alun untuk berjualan nasi ramesnya. Ibu Mirah menambahkan “Harapan saya adalah supaya virus ini cepat berlalu karena kami perlu makan. Tidak bisa mengandalkan siapa-siapa. Kami hanya bisa mengharapkan bantuan dari Pemerintah. Tetapi untuk saat ini, saya akan berusaha melewati masa-masa yang sulit ini dengan legowo.” 


Sosok Ibu Mirah adalah sosok wanita yang kuat dan inspiratif. Beliau ada perempuan tangguh yang mengingatkan kita kembali untuk selalu bersyukur dan legowo menghadapi masa sulit ini bersama. Semoga usaha Ibu Mirah akan kembali seperti semula dan pandemi ini segera berakhir di Indonesia. Terimakasih Ibu Mirah telah berbagi kisahnya, engkau adalah #KartiniIndonesia yang tangguh.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

7 Amalan Sunnah di bulan Ramadhan yang Bikin Ibadahmu Makin Berkah

Akhirnya bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di berbagi penjuru dunia tiba, Ramadhan yang penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai...