Home Perempuan Tangguh Perempuan Memang Tangguh dalam Berbinis

Perempuan Memang Tangguh dalam Berbinis

|

|

|

Persaingan bisnis memang tidak ada habisnya. Baik pria ataupun perempuan selalu berusaha untuk menjadi yang tebaik. Namun, apakah benar perempuan jauh lebih tinggi tingkat kesuksannya?

Bulan Maret cukup identik dengan bulannya perempuan. Pasalnya, pada tangal 8 Maret ditepatkan sebagai Hari Perempuan Internasional. Perayaan ini diresmikan oleh PBB untuk memperjuangkan hak perempuan dan perdamainan dunia. Diharapkan perempuan semakin aktif dan berkarya untuk mendapatkan kehidupan yang lebih adil, termasuk dalam hal kesuksesan dan finansial.

Berdasarkan data Global Entrepreneurship Monitor, dari total populasi 85 juta jiwa perempuan usia produktif di Indonesia, sebesar 26% merupakan pengusaha aktif. Bahkan, dari total keselurahan, 36% dari total perempuan Indonesia lebih memilih untuk menjadi pengusaha. 

Lalu menurut data yang dikutip dari Katadata, mayoritas perempuan memilih menjadi pengusaha yang bergerak di sektor informal dan semi informal. Dari data tersebut, ternyata posisi perempuan di Indonesia yang memilih menjadi pengusaha lebih tinggi dibandingkan Malaysia, China, dan India. 

Sedangkan melalu hasil survei yang dibuat Kontan pada tahun 2018, teradap 5.000 responden level CEO, managing director, eksekutif senior pada 35 negara termasuk Indonesia. Ternyata, 43% perempuan Indonesia mampu mencapai jenjang manajemen senior di perusahaan. 

Angka ini termasuk tertinggi kedua di dunia dibandingkan rata-rata perempuan di Asia Pasifik yang mencapai 23%. Tidak main-main, survei tersebut juga memberikan hasil bahwa hanya 15% perusahaan di Indonesia yang tidak memiliki perempuan di posisi manajemen senior.

Data-data yang disebutkan tersebut sebenarnya juga berkaitan dengan banyaknya perempuan yang sukses dalam berbisnis. Ada sebuah riset yang pernah dilakukan oleh Michele Reneri selaku Wakil Presiden Analisis dari Experian, menunjukkan bahwa perempuan jauh lebih pintar dalam mengelola keuangan dibandingkan dengan pria. 

Bahkan, menurut Agni Pratama seperti ditulis CNBC Indonesia juga menyebutkan hal yang sama. Menurutnya, lebih dari 60% perempuan jauh lebih ahli dalam mengelola keuangan. Untuk jangka panjang, dirinya juga menyimpulkan bahwa bisnis yang dikelola perempuan cenderung sustainable dan lebih berkembang dibandingkan saat dikelola pria.  

Mengapa Pengusaha Perempuan Lebih Tangguh?

Bukti perempuan tangguh dalam berbisnis juga bisa dilihat dari Kementerian Koperasi dan UKM pada tahun 2015, dari total 52 juta pelaku UKM di Indonesia, sebesar 60% dijalankan oleh perempuan. Lantas, yang menjadi pertanyaan; mengapa perempuan lebih tangguh mengelola keuangan?

Menurut data yang dikutip dari Kompas, ada dua hal berbeda dalam menggambarkan kesuksesan, yaitu pola pikir dan definisi sukses itu sendiri. Pola pikir seorang pria cenderung lebih rumit dibandingkan perempuan. 

Pria cenderung memilih untuk memulai bisnis yang lebih rumit untuk jenis dan produk jualannya. Sedangkan, dari sisi perempuan cenderung memulai dari hal-hal yang simple. Mereka lebih memilih menjual barang yang memang kerap mereka temui. Misalnya kosmetik, pakaian, atau bahkan makanan. 

Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB), Braman Setyo mengatakan ada beberapa faktor yang membuat perempuan lebih tangguh dalam berbisnis. Pertama, pengusaha perempuan memiliki banyak jaringan. Kemudian pola pikir perempuan lebih kreatif dan teliti. Dengan begitu perempuan lebih tidak mudah putus asa. Kesuksesannya adalah pada perekonomian rumah tangga yang terbantu dan tertata.

Saat ini, keinginan menjadi pengusaha sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Bahkan, kalau tidak punya modal kita bisa bergabung dengan perusahaan peer to peer (P2P), salah satu Amartha. Perusahaan P2P yang satu ini dikenal dengan keberhasilannya dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya perempuan. Bahkan, Amartha percaya perempuan dapat menjadi pemeran utama dalam pembangunan keberlanjutan.

Dari data yang dikeluarkan Sustainable Accountability Report (SAR) 2018, pendapatan perempuan yang menjadi mitra Amartha naik sebesar 59%. Amartha juga berhasil menurunkan tingkat kemiskinan masyarakat hingga 22%. 

Saat memulai bisnis, kamu juga akan terus dibimbing dan diberi pelatihan wirausaha agar pertumbuhan usaha terus berkembang dan dikenal masyarakat luas. Keberhasilan yang dicapai oleh mitra Amartha selaku perempuan tangguh tersebut membuktikan bahwa sebagai perempuan kita dapat meraih kesuksesan dengan cara yang mudah.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...