Home Perempuan Tangguh Perempuan dalam Profesi : 3 Langkah Menciptakan Lingkungan Kerja yang Aman Bagi...

Perempuan dalam Profesi : 3 Langkah Menciptakan Lingkungan Kerja yang Aman Bagi Perempuan

|

|

|

Apa upaya perusahaan dalam berinvestasi pada kualitas pegawai perempuan? Apakah sudah tercipta lingkungan aman bagi pegawai perempuan ?

Dengan kemajuan teknologi dan informasi yang tak terbatas, telah tercipta sudut pandang masyarakat yang lebih progresif dan terbuka. Perempuan selalu menjadi topik  yang tidak pernah ada habisnya dalam segala konteks. Kami, memainkan peran penting dalam masyarakat tapi sayangnya belum diberikan kesempatan yang setara. 

Berkembangnya pengetahuan masyarakat tentang kesetaraan gender, lingkungan kerja pun mendorong terciptanya kesempatan yang sama bagi perempuan dalam mengambil keputusan dan bahkan menduduki jabatan yang tinggi. Mengutip dari McKinsey, Indonesia Power of Parity: Advancing Women’s Equity in Indonesia di tahun 2025 yang mendatang, pertumbuhan gross domestic product (GDP) atau produk domestik bruto (PDB)  akan meningkat sebanyak US$135 miliar jika perempuan dilibatkan lebih dalam dunia kerja.

Lalu apa upaya perusahaan dalam berinvestasi pada kualitas pegawai perempuan? Apakah sudah tercipta lingkungan aman bagi pegawai perempuan di tempat mereka bekerja agar mereka dapat mencapai potensi terbaiknya di bidang profesional? Berikut beberapa upaya untuk meningkatkan kesadaran agar tercipta lingkungan kerja yang aman bagi perempuan :

1. Create a mindful environment

Pelecehan di lingkungan kerja sering terjadi. Pelecehan tidak harus berbentuk fisik loh, tapi juga bisa berbentuk verbal atau abuse of power. Semua level pegawai harus bisa mengidentifikasi jenis-jenis pelecehan ini agar tidak hanya  pegawai perempuan, tetapi semua pegawai terhindar dari situasi yang tidak diinginkan. Bentuk pelecehan dapat berbentuk bullying, body-shaming, komentar mengenai penampilan fisiki dll. Hal ini harus di intervensi supaya tercipta lingkungan yang aman,nyaman dan toleran.

baca juga :

Amartha Sejahterakan dan Berdayakan Perempuan di Pedesaan

2. Sense of Collaboration

Berikan kesempatan yang lebih banyak lagi bagi pegawai perempuan untuk mengambil keputusan penting dan berpartisipasi dalam peran besar. Seperti yang telah disebutkan, dengan melibatkan perempuan dalam mengambil keputusan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, loh. Perbanyak kolaborasi dan ruang bicara. Girls just wanna have participation!

3. 9 to 5 is just another word for 24/7

Sebagai ibu, mereka juga harus membelah diri antara rumah tangga dan pekerjaan. Memberikan jam kerja yang mumpuni untuk perempuan akan berpengaruh pada produktivitas mereka. Work, Life balance bisa tercipta jika diberikan kesempatan. So, give them a break!

So, will you invest in women at your workplace?

amartha

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...