Perbedaan Zakat, Infak, Sedekah yang Wajib Diketahui!

0
224
zakat infak sedekah
Ilustrasi uang untuk zakat infak sedekah. Photos by istockphoto

Jangan Sampai Tertukar, Ini Bedanya Zakat Infak Sedekah Menurut Ajaran Islam

Istilah ZIS yang merupakan kepanjangan dari zakat infak sedekah adalah istilah yang berkaitan dengan ibadah yang dilakukan oleh umat muslim melalui harta atau uang.  

Walaupun sama-sama merupakan kegiatan amal memberikan bantuan berupa harta kepada orang yang membutuhkan, namun ketiga istilah tersebut memiliki 3 perbedaan.

1. Berdasarkan Pengertian

Apa saja ketiga perbedaan tersebut? Berikut ulasannya.

Zakat

Menurut terminologi syariah, pengertian zakat adalah harta yang wajib diserahkan kepada golongan tertentu (fakir, miskin, orang yang terlilit hutang, fii sabilillah, mualaf, memerdekakan budak, orang dalam perjalanan, dan amil zakat). Sedangkan berdasarkan bahasa, zakat artinya adalah membersihkan atau mensucikan diri. 

Infak

Berdasarkan terminologi syariah, infaq adalah mengeluarkan sebagian penghasilan atau harta untuk kepentingan yang diperintahkan oleh agama Islam. Menurut bahasa, infak yang berasal dari kata “anfaqa” berarti mengeluarkan atau membelanjakan harta.  

Sedekah

Secara istilah, sedekah berasal dari kata “shadaqa” yang berarti benar, merupakan aktivitas seorang muslim yang memberikan sesuatu ke muslim lainnya secara ikhlas dan sukarela yang tak terbatas baik waktu maupun jumlahnya. 

Baca Juga: Ciptakan Kebaikan, Ini 5 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan
zakat fitrah dan zakat mal
Ilustrasi zakat fitrah dan zakat mal. Photos by istockphoto.

2. Hukum yang Mengikat

Hukum zakat infak dan sedekah tidaklah sama, masing-masing memiliki ketentuan tersendiri. Berikut ulasannya. 

Zakat

Hukumnya zakat dalam agama Islam adalah wajib bagi setiap umat muslim yang telah memenuhi syarat wajibnya. Zakat masih terbagi lagi menjadi dua yaitu: 

  • Zakat Mal

Merupakan harta seorang muslim yang wajib dikeluarkan dari rezeki yang diperolehnya, baik melalui usaha pertanian, perniagaan, profesi, hasil laut, hasil ternak, pertambangan, harta temuan, perak, dan emas dengan jumlah besaran (nisab) yang telah ditentukan dan kepemilikan selama satu tahun (haul).  

  • Zakat Fitrah

Yaitu zakat yang wajib dibayar oleh setiap muslim baik itu perempuan, laki-laki, tua, muda, kaya, miskin, maupun yang berstatus merdeka atau hamba sahaya. Jumlah zakat fitrah yang harus dibayar adalah senilai 3,5 liter atau 2,5 kg berupa makanan pokok pada bulan Ramadhan.

Infak

Agar tidak salah dalam menjalankan ZIS atau zakat infak sedekah, penting bagi kamu untuk memahami setiap ketentuan hukum yang berlaku. Untuk infak, ketentuan hukumnya adalah fardhu kifayah, yaitu kewajiban yang harus dilakukan oleh umat Islam. Namun, kewajiban tersebut akan gugur apabila telah dilakukan oleh muslim yang lain. 

Infak ada yang hukumnya wajib, contohnya adalah nazar, kafarat, zakat, dan lain-lain dan ada pula yang hukumnya sunnah seperti memberi infak kepada anak yatim, korban bencana, fakir miskin, dan sebagainya. 

Sedekah

Hukumnya sedekah bagi umat Islam adalah sunnah atau dianjurkan yang memiliki jangkauan lebih luas jika dibandingkan dengan zakat dan infaq. Setiap muslim yang bersedekah akan mendapat pahala dan kebaikan, namun jika ditinggalkan tidak akan mendatangkan dosa. 

Sedekah ini tidak harus berupa materi atau harta, melainkan bisa pula dengan memberi non materi. Contoh sedekah paling sederhana adalah memberikan senyuman kepada orang lain. 

3. Berdasarkan Waktu Pembayaran

Perbedaan zakat infak sedekah yang ketiga adalah dalam hal waktu pembayaran dari ketiganya.

Untuk zakat, kamu hanya boleh mengeluarkan zakat pada masa tertentu. Yaitu zakat fitrah yang wajib dibayar selama bulan Ramadhan. Sedangkan zakat mal wajib dibayar jika telah mencapai nisab dan dimiliki secara penuh selama setahun. 

Itulah perbedaan antara zakat infak sedekah yang harus diketahui oleh umat Islam. Selain ketiga hal di atas, kamu juga bisa memberdayakan sesama khususnya perempuan melalui P2P Lending Amartha.

Dana yang kamu salurkan dimanfaatkan oleh para perempuan UMKM Amartha untuk modal usaha yang disertai dengan pendampingan dan pelatihan usaha agar mereka dapat mandiri secara finansial.

Sebagai pegiat pemberdayaan perempuan usaha mikro, kamu bisa mendapatkan imbal hasil sampai 15% flat per tahun. Ayo modalin!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here