Perbedaan Investasi Jangka Pendek dan Panjang

0
3730

Beberapa tahun terakhir ini, investasi semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Pemerintah pun juga mengampanyekan mengenai melek investasi. Baik tua dan muda kini berpartisipasi di dalamnya. Salah satu kelebihan investasi adalah sebagai salah satu sumber penghasilan dari penghasilan utama.

Menurut teori ekonomi, definisi investasi adalah produksi dari modal barang yang tidak dikonsumsi, tetapi digunakan untuk produksi berikutnya. Investasi terbagi menjadi dua jenis, yakni investasi jangka pendek dan jangka panjang. Lalu, apa bedanya? Berikut penjelasannya,

Investasi Jangka Pendek

Berdasarkan definisinya, investasi jangka pendek adalah investasi yang dilakukan dalam waktu kurang dari satu tahun. Investasi jangka pendek biasanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dalam waktu dekat. Misalnya, kamu ingin liburan ke luar negeri, renovasi rumah, atau membeli kendaraan baru.

Keuntungan melakukan investasi jangka pendek adalah bisa dimulai dengan modal yang kecil mulai dari ratusan ribu rupiah saja. Instrumen investasi yang dipilih untuk melakukan investasi jangka pendek adalah instrumen dengan fluktuasi yang kecil agar risiko yang di dapat tidak terlalu besar. Instrumen investasi yang dapat digunakan untuk investasi jangka pendek adalah peer to peer lending, deposito, dan reksadana pasar uang.

Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang adalah investasi yang dilakukan selama lebih dari satu tahun hingga puluhan tahun. Investasi jenis ini memungkinkan investor untuk terus mendapatkan pemasukan dalam jangka panjang dengan keuntungan yang cenderung konsisten atau lebih tinggi apabila menggunakan skema compounding.

Jenis investasi jangka panjang sering digunakan untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak, dana darurat, hingga dana pensiun. Instrumen yang dapat digunakan untuk investasi jangka panjang seperti emas, tanah atau bangunan, dan asuransi.

Nah, sudah tahu kan investasi jangka pendek dan jangka panjang. Kamu juga bisa memulai alternatif investasi di peer to peer lending. Salah satunya, Amartha yang fokus memberikan pendanaan kepada pelaku usaha mikro perempuan di pedesaan. Kamu bisa mulai pendanaan sebesar Rp 3 juta dengan keuntungan hingga 15 persen di Amartha.com. Selain memberikan pendanaan, kamu juga memberikan dampak sosial karena turut membangun ekonomi di desa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here