Perbandingan Investasi Finansial dan Investasi Riil

0
1736
investasi terdaftar ojk
Ilustrasi melakukan investasi. Sumber Foto: Pexels

Pahami Investasi Finansial dan Ragamnya

Investasi makin diminati oleh banyak orang. Meski begitu, masih banyak juga yang belum paham instrument investasi. Baik itu investasi finansial maupun investasi riil.

Di artikel ini, kamu akan diberi paham mengenai apa itu investasi dan ragam instrumennya. Jadi wajib baca artikel ini sampai tuntas ya!

Apa Itu Investasi?

Investasi adalah kegiatan untuk menyimpan dana dengan menempatkannya di berbagai asset. Baik itu di sebuah perusahaan, ataupun dalam bentuk properti dan barang berharga lain.

Ada beberapa tujuan investasi yang harus kamu tahu, yakni:

1. Menyimpan Uang

Investasi digunakan untuk menyimpan uang yang dimiliki. Sebab, kadang uang yang disimpan di bank atau celengan, bisa diambil sewaktu-waktu. Jadi perlu untuk menyimpannya dalam bentuk lain.

2. Bekal Masa Depan

Tujuan lain adalah untuk bekal di masa depan. Baik itu dana pensiun ataupun keperluan mendesak lain di waktu mendatang.

3. Mendapat Keuntungan

Investasi juga bisa digunakan untuk meraup banyak keuntungan. Tentunya karena imbal hasil lebih besar ketimbang jika uang itu hanya “didiamkan”.

4. Punya Banyak Asset

Investasi juga bertujuan supaya memiliki banyak asset. Mulai dari properti tanah, rumah dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Investasi

Investasi Modal Kecil
Sumber Foto: Shutterstock

Ada dua jenis investasi yang perlu diketahui, yakni investasi finansial dan riil. Berikut penjelasannya:

1. Investasi Riil

Investasi riil merupakan instrument investasi yang bisa dilihat langsung fisiknya. Atau secara sederhana, invetasi riil ini berupa asset yang berwujud. Contohnya seperti rumah, emas, tanah dan lain sebagainya. 

Nah, investasi riil ini nilainya cenderung besar. Meski begitu, nilai asset ini terus naik. Sayangnya, untuk menjual investasi ini cukup memakan waktu dan susah.

2. Investasi Finansial

Investasi finansial jadi favorit anak muda jaman sekarang. Kebalikan dari riil, investasi ini memiliki arti, instrument yang tidak bisa dilihat langsung wujud fisiknya. 

Contoh investasi finansial adalah reksa dana, obligasi, dan saham. Ada juga investasi uang dalam bentuk modal usaha seperti di Amartha. 

Dibanding riil, investasi ini lebih mudah dilakukan. Sebab, nilai yang harus dibayar bisa dari nominal terkecil, dan mudah dicairkan.

Di Amartha misalnya yang merupakan peer to peer (P2P) lending. Platform fintech online ini menawarkan berbagai produk. Di antaranya menjadi investor untuk membantu permodalan perempuan pengusaha mikro.

Kamu bisa mulai berinvestasi dengan Rp100 ribu saja. Atau kalau kamu ingin lebih, juga bisa ya, tergantung kemampuan finansial.

Baca Juga: Cara Investasi Untuk Pemula, Mulai Dari 100 Ribu Aja

Perbedaan Investasi Rill dan Finansial

Berikut rangkuman perbedaan dari penjelasan di atas:

  1. Investasi riil membutuhkan modal lebih besar ketimbang finansial,
  2. Investasi riil lebih banyak dilakukan secara offline, sementara finansial online,
  3. Investasi dalam bentuk finansial, lebih cepat dijual ketimbang riil,
  4. Nilai untuk asset fisik cenderung lebih cepat naik dari pada finansial.
  5. Riil lebih banyak diminati oleh generasi baby boomer hingga generasi X. Sementara finansial lebih banyak diminati generasi milenial dan gen Z.

Namun yang paling penting, kamu harus melek investasi dari sekarang ya. Paling mudah dengan menggunakan aplikasi Amartha yang bisa diunduh di playstore atau Appstore.

Kalau punya modal kecil, pilihan investasi dengan model crowdfunding dari Rp100 ribu bisa dicoba. Namun apabila modalmu lebih dari itu, kamu bisa mulai investasi finansial Rp3 juta di investasi finansial Amartha. Selain dapat keuntungan hingga 15% flat per tahun juga menciptakan dampak sosial berupa pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here