Home Usaha Mikro dan UKM Perang Harga Saat Jualan Online, Begini Cara Mengatasinya

    Perang Harga Saat Jualan Online, Begini Cara Mengatasinya

    0
    6425

    Setiap bisnis yang dibangun sudah pasti akan berkompetisi. Apabila satu produk atau bisnis yang diciptakan mampu menarik minat banyak orang, maka sudah bisa dipastkan jika akan muncul produk serupa dalam jumlah banyak.

    Biasanya pihak yang membuat produk atau bisnis kedua akan memberikan harga lebih murah dengan beberapa inovasi yang tidak dikeluarkan oleh pelopor bisnis.

    Bisnis-bisnis tersebut kemudian akan saling bersaing dengan cara perang harga yang artinya memberikan harga lebih rendah dibandingkan dengan pesaing lain demi mampu menggaet pelanggan sebanyak-banyaknya.

    Sebenarnya persaingan dalam dunia bisnis itu bukanlah hal baru lagi karena sejak dulu ada pemilik bisnis yang bersaing dengan sehat namun ada juga yang bersaing dengan cara kotor sehingga tidak adil dan merugikan usaha lainnya.

    Lalu, bagaimana jika sudah terlanjur terjebak di dalam perang harga? Apa yang harus dilakukan?

    4 Cara Mengatasi Perang Harga Untuk Pengusaha Online

    Sumber Foto: Unsplash

    Untuk membantu mengatasi perang harga, begini beberapa cara untuk mengatasinya:

    1. Menambahkan Value atau Nilai Produk

    Menambahkan nilai produk bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari meningkatkan kualitas layanan, menambah bonus, mempercepat pengiriman, dsb.

    Contoh paling mudah adalah misalkan kamu menjual produk tas dan ternyata ada banyak sekali penjual tas yang mirip atau bahkan sama persis dengan produk milikmu.

    Agar dapat menghindari atau mengatasi perang harga dengan kompetitor, kamu bisa menambahkan bonus seperti gratis rain cover setiap pembelian tas.

    2. Membuat Inovasi Produk   

    Cara selanjutnya untuk mengatasi masalah perang harga adalah memberikan sentuhan kreativitas pada pada produk yang kamu jual. Kamu dapat menerapkan sedikit kreativitas pada produk yang dijual. Contohnya, kamu bisa membuat packagingnya menjadi lebih eye-catching dibandingkan kompetitor

    Selain itu, kamu juga dapat memberikan sentuhan kreativitas pada cara berpromosi. Mulai dari membuat copywriting yang lebih menggoda, memberikan visual dengan warna yang cerah atau dengan melakukan bundling spesial untuk momen hari spesial.

    Baca Juga: 6 Tips Usaha Online agar Mendapatkan Untung Banyak

    3. Mendekatkan Diri Ke Pelanggan

    Loyalitas adalah segalanya. Dengan membangun loyalitas pelanggan, maka kamu akan lebih mudah menjual apa saja pada mereka. Untuk membangun loyalitas memang tidak mudah, dibutuhkan kualitas, kepercayaan dan database pelanggan.

    Kamu bisa dengan mudah mendapatkan database pelanggan atau calon pelangganmu seperti nomor handphone, email atau bahkan alamat dan tanggal lahir mereka dengan memanfaatkan web online shop milikmu.

    Setelah data tersebut Anda dapatkan, Kamu bisa mengirimkan konten-konten spesial pada mereka secara rutin melalui email atau bahkan mengirimkan hadiah spesial saat hari ulang tahun mereka.

    4. Hindari Memilih Lokasi yang Sudah Banyak Pesaing

    Semakin banyak pesaing dalam satu lokasi, semakin besar pula perang harga terjadi dan pastinya upaya untuk mengatasi perang harga juga akan lebih berat. Cara paling aman untuk mengatasi perang harga adalah menghindari lokasi itu atau buka cabang di lokasi potensial lainnya.

    Jika berjualan secara online, kamu bisa mencoba membuka toko online sendiri menggunakan website toko online. Hal ini supaya produkmu menjadi lebih ekslusif dibanding kamu hanya berjualan via marketplace yang sudah banyak kompetitornya.

    Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mengatasi perang harga saat berjualan online. Pastikan kamu menyisihkan sebagian dari keuntunganmu untuk dana darurat hingga mengembangkan bisnis. Kamu bisa mengalokasikan keuntungan hasil jualan online dengan melakukan investasi ke situs investasi Amartha. Ada bagi hasil hingga 15% flat per tahun yang bisa kamu dapatkan lho. Yuk daftar sekarang!

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here