Peran Keuangan Syariah untuk Pemulihan Ekonomi Indonesia

0
44

Peran Keuangan Syariah di Tanah Air

Perekonomian tanah air, terutama kini kembali bangkit setelah pandemi berlalu. Tentunya hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor dan salah satunya melibatkan peran keuangan syariah. Sistem keuangan yang melibatkan konsep syariah Islam ini memang memberi pengaruh besar di Indonesia. Bisa dilihat dari banyaknya layanan keuangan berbasis syariah yang bermunculan saat ini.

Berikut adalah beberapa faktor perekonomian yang menerapkan prinsip syariah:

1. Perbankan Syariah

Sepertinya layanan perbankan syariah sudah sangat populer saat ini. Banyak sekali jenis bank yang mendukung konsep keuangan syariah. Apalagi kini juga hadir Bank Syariah Indonesia yang menunjukkan bahwa minat masyarakat terhadap layanan perbankan berbasis syariah Islam semakin tinggi.

Tidak bisa dipungkiri bahwa layanan perbankan syariah kini semakin berjaya. Bahkan bank-bank syariah sekarang sudah banyak melantai di Bursa Efek Indonesia atau BEI. Ini juga menjadi bukti bahwa pergerakan saham dari perusahaan bank syariah semakin tinggi. Artinya bank syariah juga sudah memberi kontribusi besar pada perekonomian negara.

Produk bank syariah saat ini juga sudah sangat lengkap. Sama saja dengan bank-bank konvensional yang berkembang di Indonesia. Tak heran jika perkembangannya saat ini begitu pesat.

2. Koperasi Syariah

Selanjutnya ada koperasi syariah yang juga memberikan peran besar pada perekonomian negara. Koperasi masih menjadi bagian penting yang menggerakkan ekonomi di tanah air. Khususnya untuk masyarakat menengah ke bawah. Sistem yang dijalankan pada koperasi pun kini semakin aman karena menerapkan prinsip syariah Islam.

Sejak zaman dulu koperasi memang memiliki peran besar bagi perkembangan kesejahteraan masyarakat. Sampai saat ini juga masih sama dengan sistem yang semakin baik. Apalagi setelah adanya koperasi syariah yang menjangkau masyarakat Islam lebih luas lagi. Itulah mengapa kini perekonomian bangkit lebih besar lagi bahkan setelah mengalami penurunan selama pandemi.

Meskipun mungkin peran keuangan syariah ini tidak jauh lebih besar dari bank syariah, namun koperasi tetap mendukung dalam porsi yang cukup besar. Peran koperasi di tanah air menjadi penggerak kesejahteraan dan perekonomian. Lebih dari itu, masyarakat yang menjadi anggota koperasi juga ikut memberi kontribusi yang besar.

Baca Juga: 5 Prinsip Keuangan Syariah yang Wajib Diketahui

3. Investasi Syariah

Industri syariah saat ini berkembang begitu pesat. Salah satunya dibuktikan melalui adanya investasi syariah. Ini merupakan bentuk investasi yang saat ini begitu banyak diminati masyarakat. Hasil yang didapatkan tidak mengandung riba dan memiliki konsep halal. 

Saat ini semakin banyak bentuk instrumen investasi yang berbasis syariah. Deposito contoh mudahnya, kini hadir dalam bentuk syariah yang tidak melibatkan unsur riba. Kemudian ada juga obligasi syariah dan saham syariah dari emiten yang tidak menerapkan sistem riba.

Investasi syariah saat ini meningkatkan minat masyarakat untuk berinvestasi di aset tertentu. Jika dulu banyak masyarakat muslim yang merasa ragu untuk investasi karena masalah riba. Kini hal tersebut tak lagi menjadi kendala. 

Bukti paling mudah bisa dilihat dari platform investasi saat ini. Bentuk investasi saham maupun reksadana kini banyak yang menawarkan prinsip syariah. Jumlah investornya juga semakin besar dan hal ini menjadi pendukung pergerakan ekonomi syariah di Indonesia. Apalagi setelah masa pandemi dimana perekonomian masyarakat sempat menurun.

Peran keuangan syariah begitu besar dalam mendukung perekonomian tanah air dengan sangat baik. Tentunya hal ini juga menjadi peluang bagimu untuk berinvestasi dan mendulang untung lebih besar. Pilihlah microfinance marketplace dari Amartha yang selalu memberikan dampak positif bagi sekitar. Terutama bagi perempuan tangguh di Indonesia. Ayo bersama modalin ibu UMKM untuk tetap berdampak dan berkarya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here