Home Amartha Peran Aktif Puskesmas Dalam Menghalau Persebaran COVID-19 di Masyarakat

Peran Aktif Puskesmas Dalam Menghalau Persebaran COVID-19 di Masyarakat

|

|

|

Berbicara mengenai Puskesmas maka hal yang terpikirkan pertama pastilah mengenai kesehatan. Ya, memang pada dasarnya Puskemas merupakan akronim dari Pusat Kesehatan Masyarakat. Sejak pertama kali dibentuk, puskesmas telah menjadi lembaga yang mendukung dan memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat di tingkat kecamatan.

Di tengah pandemi virus corona ini, peran Puskemas kembali menjadi sangat penting. Bambang Wibowo, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan dari Kementerian Kesehatan dalam siaran pers-nya mengatakan bahwa puskesmas di seluruh Indonesia telah berperan sangat aktif dalam menghalau persebaran pandemi COVID-19 dengan melakukan beberapa tindakan nyata seperti screening pada masyarakat dari hasil tracing atau penelusuran yang diduga telah melakukan kontak erat dengan pasien COVID-19 yang positif.

Berikut ini beberapa tes screening yang dilakukan oleh Puskesmas untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19:

1. Screening dengan rapid test antibodi

Cara pertama Puskesmas dalam melakukan screening adalah dengan menggunakan rapid test antibody. Metode awal dalam menghalau persebaran COVID-19 ini sangat penting untuk menelusuri orang yang memiliki riwayat kontak dengan seseorang positif COVID-19 ataupun orang yang pernah melakukan perjalanan ke zona merah pandemi.

“Setelah dilakukan informasi dan edukasi terkait COVID-19, maka akan dilakukan pengambilan darah, bisa dilakukan dari darah kapilar, kemudian petugas Puskesmas bisa mengambil darah dari ujung jari,” kata Bambang.

2. Screening dengan pemeriksaan swab 

Metode swab pada area tenggorokan atau hidung menjadi cara kedua Puskesmas dalam melakukan screening Banyak orang mengira, pemeriksaan swab sama dengan dan rapid test. Padahal pemeriksaan swab dan rapid test adalah hal yang berbeda.

Rapid test corona hanya bisa digunakan sebagai screening atau penyaringan awal. Sementara itu untuk mendiagnosis seseorang terinfeksi Covid-19, hasil pemeriksaan swab lah yang digunakan.

Pemeriksaan ini dinilai lebih akurat sebagai patokan diagnosis. Sebab, virus corona akan menempel di hidung atau tenggorokan bagian dalam, saat ia masuk ke tubuh. 

Sampel lendir yang diambil dengan metode swab nantinya akan diperiksa menggunakan metode PCR (Polymerase Chain Reaction). Hasil akhir dari pemeriksaan ini, nantinya akan benar-benar memperlihatkan apabila ada virus SARS-COV2 (penyebab Covid-19) di tubuh seseorang.

Jika benar hasilnya positif corona, Puskesmas akan menyarankan masyarakant untuk melakukan isolasi mandiri terlebih dahulu gar imunitas dalam tubuh kembali menguat.

Sebagai garda terdepan dalam membantu tugas pemerintah dalam memutus persebaran rantai persebaran COVID-19 di masyarakat, sudah sepatutnya kita memberikan apresiasi yang tinggi kepada para tenaga medis Puskesmas. 

Untuk itu, Amartha melalui program sosial #DesaLawanCorona berkomitmen penuh mendukung perjuangan petugas medis Puskesmas di seluruh pelosok desa dengan memberikan bantuan berupa peralatan alat kesehatan dan pelindung diri hingga pandemi ini berakhir.

amartha desa lawan corona x kita bisa

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...