Pentingnya Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia

0
1615
Ilustrasi pentingnya peran umkm
Ilustrasi pentingnya peran umkm. Sumber: www.istockphoto.com

Dalam perekonomian Indonesia, UMKM memang mengambil peran tersendiri. Peran UMKM dalam perekonomian Indonesia bahkan dapat mempengaruhi peningkatan maupun penurunan pertumbuhan ekonomi. 

Sesuai dengan UUD 1945 yakni pasal 33 ayat 4, UMKM adalah bagian dari perekonomian nasional mandiri serta mempunyai potensi besar agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

UMKM bahkan juga memiliki peran signifikan di dalam pertumbuhan perekonomian negara. 

Perkembangan UMKM di Indonesia 2022

Sebenarnya, untuk melihat peran UMKM untuk perekonomian Indonesia dapat terlihat dari perkembangan UMKM sendiri. 

Bila melihat informasi yang dimiliki oleh Kemenkop UKM atau Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah di bulan Maret tahun 2021 lalu, jumlah UMKM yang berada di Indonesia ada di angka 64,2 juta, dan memiliki kontribusi domestic bruto PDB hingga 61,07%. 

UMKM dapat menyerap hingga 97% total angkatan kerja serta dapat menghimpun hingga a60,42% dari keseluruhan jumlah investasi yang berada di Indonesia. tentu di tahun 2022 ini, jumlahnya akan terus berkembang. 

Begitu tingginya jumlah UMKM yang berada di Indonesia tidak terlepas dari sejumlah tantangan dan mendorong perubahan dalam pola konsumen barang serta jasa. Selain itu tantangan ini juga menjadi saat untuk mengakselerasi transformasi digital. 

Baca Juga: Pentingnya UMKM Melek Digital dan Alasannya. Wajib Tahu!

Peran UMKM untuk Indonesia

Dengan adanya jumlah yang tidak sedikit tersebut, berikut sejumlah peran yang dimiliki oleh UMKM untuk Indonesia, antara lain:

  1. UMKM sudah berkontribusi pada PDB Indonesia hingga 61,79% dari keseluruhan total PDB Nasional. jumlah ini setara dengan Rp8.500 triliun, pada tahun 2020 lalu.
  2. UMKM terus menyerap tenaga kerja dengan jumlah yang begitu besar, yaitu sekitar 97% dari seluruh daya serap dunia usaha pada tahun 2020. Jumlah UMKM yang begitu banyak berbanding lurus dengan terus menyebarnya lapangan pekerjaan di Indonesia sehingga UMKM mempunyai andil begitu besar. 
  3. UMKM sudah menyerap kredit di tahun 2018 kurang lebih hingga Rp1 triliun. 

Pentingnya Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia

Ada berbagai macam alasan yang mengemukakan pentingnya peran UMKM untuk perekonomian nasional, antara lain:

  1. Jumlah UMKM yang begitu banyak serta tersebar bukan hanya di perkotaan namun juga di pedesaan, bahkan hingga sampai di pelosok terpencil
  2. UMKM tergolong usaha yang padat karya, sehingga memiliki potensi pertumbuhan serta kesempatan kerja yang besar, bahkan dapat terus meningkatkan pendapatan
  3. UMKM ada di berbagai  macam sektor pertanian, sehingga dapat mendukung pembangunan secara tidak langsung
  4. Dalam krisis ekonomi, UMKM menjadi industri yang dapat bertahan, contohnya ketika terjadi krisis pada tahun 1997 setra 1998 yang lalu 
  5. UMKM juga menjadi titik awal mobilitas investasi di daerah pedesaan dan menjadi wadah untuk peningkatan kemampuan wiraswasta
  6. UMKM bisa menjadi alat mengalihkan pengeluaran konsumsi warga di pedesaan dan merubahnya menjadi tabungan
  7. UMKM bisa menyediakan barang-barang kebutuhan dengan harga yang jauh lebih murah
  8. Dari berbagai macam investasi serta penanaman modal, UMKM juga bisa dengan cepat beradaptasi di tengah kemajuan zaman
  9. Mempunyai tingkat fleksibilitas yang sangat tinggi. 

Peran UMKM dalam perekonomian Indonesia begitu penting. Bila kamu merupakan salah satu anggota UMKM, tidak ada salahnya untuk fokus menjalankan bisnis, dan juga menjalankan investasi. Salah satu investasi yang dapat dijadikan pilihan adalah P2P lending Amartha. Di sini, kamu bahkan bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here