Pentingnya Pencatatan Keuangan Bagi Pelaku Usaha UMKM

Martin mempunyai modal usaha Rp 10 juta. Dia berencana untuk membuka usaha makanan ringan dengn menghabiskan uang untuk membeli peralatan sebesar Rp 5 juta dan Rp 3 juta untuk membeli bahan makanan

Setelah tiga bulan berjalan, usaha Martin ternyata bangkrut. Lalu, apa keselahan Martin dala mengelola usaha tersebut? Tak disangka, selama ini Martin tidak melakukan pencatatan keuangan. Padahal, pencatatan itu penting bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Cerita ini mungkin saja akan terjadi dalam kehidupan Anda yang ingin memulai berusaha. Nah, ada beberapa hal penting untuk melakukan pencatatan keuangan bagi pelaku usaha UMKM,

Mengetahui Perkembangan Usaha

Dengan melakukan pencatatan keuangan secara rutin dan detail, Anda akan mengetahui perkembangan usaha yang sedang kamu jalani. Apakah kondisi keuangan kamu sedang meningkat, turun, atau dalam keadaan stabil?

Sarana Pengambilan Keputusan

Catatan keuangan dapat dijadikan sebagai sarana pengambilan keputusan dalam menjalankan bisnis. Bila bisnis yang dijalankan mengalami defisit, maka Anda bisa memutuskan dan mengambil keputusan atau strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan.

Sebagai perhitungan pajak

Sebagai pelaku UMKM dan warga negara yang baik, Anda harus wajib melapor dan membayar pajak usaha. Untuk mempermudah proses lapor dan bayar pajak, Anda bisa melihat catatan keuangan yang sudah dibuat atau konsultasi dengan pihak pajak terkait.  Dan jangan sampai telat bayar pajak.

 

Setelah mengetahui manfaat melakukan catatan keuangan, apakah kamu tertarik untuk mulai melakukan pencatatan keuangan? 

Cara paling mudah untuk melakukan pencatatan adalah memiliki buku tersendiri atau membuatnya di komputer. Kalau masih belum mengetahui bahasa Akuntansi, ada baiknya kamu menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Berikut contoh catatan keuangan yang bisa Anda tiru. Selamat mencoba!

Catatan Keuangan Usaha Martin

Uraian Pemasukan Pengeluaran Saldo
Saldo Awal Rp5.000.000
Beli bahan-bahan Rp1.000.000 Rp4.000.000
Penjualan tgl 1 Rp525.000 Rp4.525.000
Penjualan tgl 2 Rp620.000 Rp5.145.000

 

Nah, sudah tahukan caranya? Jika Anda ingin membantu usaha mikro di pedesaan. Anda juga bisa memulai pendanaan di Amartha.com. Dengan melakukan pendanaan di Amartha, Anda turut membantu para pelaku usaha mikro perempuan mandiri secara ekonomi.

Please follow and like us:
FACEBOOK
FACEBOOK
LINKEDIN
%d bloggers like this: