Pentingnya Milenial Tau dan Paham Literasi Finansial

|

|

|

Banyak yang beranggapan bahwa para generasi milenial memiliki tingkat literasi finansial yang cukup baik. Padahal, faktanya justru berkata lain.

Berdasarkan riset dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di tahun lalu menunjukkan, kalangan milenial usia 18-25 tahun hanya memiliki tingkat literasi sebesar 32,1 persen, sedangkan usia 25-35 tahun memiliki tingkat literasi sebesar 33,5 persen.

Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kristianti Puji Rahayu mengatakan literasi keuangan di kalangan milenial masih terbilang rendah. Ia menjelaskan, jumlah milenial yang kini ada yaitu sebesar 24% dari total penduduk Indonesia atau setara dengan 64 juta. Namun, masih banyak milenial yang rentan secara finansial.

Hal itu ditunjukkan dengan minimnya persiapan dan kemampuan pengelolaan keuangan. Di antaranya, hanya 10,7% dari pendapatan yang ditabung oleh milenial. Lalu hanya 35,1% milenial memiliki rumah sendiri. Sedangkan, 51,1% pendapatan milenial habis untuk kebutuhan bulanan.

Kurangnya literasi finansial pada generasi milenial ini juga menyebabkan terjadinya banyak kasus penipuan investasi. Salah satu kasus penipuan berkedok investasi yang menyasar generasi milenial adalah kasus Jouska.

Pada awalnya merupakan akun media sosial yang sering membahas seputar literasi finansial, terutama bagi generasi milenial. Lantas, Jouska berkembang menjadi perusahaan financial planner. Mereka menjalankan kegiatan penasehat investasi melalui perusahaan investasi yang terkait dengan Jouska.

Kasus penipuan berkedok investasi dari bermulai ketika Jouska dianggap mengarahkan kliennya menandatangani kontrak pengelolaan rekening dana investor (RDI) dengan perusahaan yang berafiliasi dengan mereka, yakni PT Mahesa Strategis Indonesia (MSI), terkait pengelolaan dana investasi.

Belakangan diketahui, MSI merupakan perusahaan yang sahamnya terafiliasi dengan Jouska. Dalam perjanjian tersebut, salah satu klausulnya memberikan kuasa pada MSI untuk melakukan penempatan dana ke sejumlah portofolio investasi.

Dalam perkembangannya, dana investasi para klien tersebut dipakai untuk membeli beberapa saham dan reksadana, salah satunya pembelian saham PT Sentral Mitra Informatika Tbk (LUCK). Yang kemudian menjadi masalah, nilai-nilai dari portofolio tersebut anjlok, terutama saham LUCK.

Mengenal Insider Trading Dalam Kasus Jouska

Jouska lantas dilaporkan oleh kliennya atas tuduhan penempatan dana yang membuat klien merasa dirugikan. Selain itu, dalam kasus ini, terdapat unsur insider trading dalam pengelolaan dana investasi. Adapun, kerugian yang dialami para klien Jouska ini disinyalir mencapai miliaran Rupiah.

Well, agar tidak menjadi korban penipuan semacam ini, tentunya generasi milenial harus memahami apa itu literasi finansial dan manfaatnya.

Apa Itu Literasi Finansial?

Gerakan Literasi Nasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendefinisikan literasi finansial sebagai pengertian juga kecakapan untuk mengaplikasikan pemahaman tentang konsep dan resiko, keterampilan agar dapat membuat keputusan efektif dalam konteks finansial untuk meningkatkan kesejahteraan finansial, baik individu maupun sosial, serta dapat berpartisipasi dalam lingkungan masyarakat.

Untuk dapat menentukan sejauh mana pemahaman literasi finansial dari seseorang, ada 5 komponen pengukur yang dapat digunakan:

  • Berapa banyak yang kamu dapatkan, termasuk penghasilan tetap, pendapatan lain (investasi atau pekerjaan sampingan), dan pajak yang harus dibayar.
  • Bagaimana cara menabung dan berinvestasi, termasuk membangun dana darurat serta menyisihkan uang untuk tujuan finansial jangka pendek maupun jangka panjang. Bagaimana cara melindungi uangmu melalui asuransi dan tahu cara menghindari penipuan.
  • Bagaimana mengelola pengeluaran dengan bijaksana melalui budgeting dan membandingkan harga saat berbelanja.
  •  Bagaimana cara meminjam uang dengan bunga serendah mungkin, dan bagaimana membangun kredit yang baik dengan kebiasaan pembayaran cicilan tepat waktu.

Manfaat Literasi Finansial untuk Diri Sendiri

Selain agar tidak menjadi korban penipuan berkedok investasi seperti kasus Jouska, kamu juga bisa lebih dalam mengambil berbagai keputusan keuangan jika memahami literasi finansial.

Dengan punya pemahaman literasi finansial yang baik, niscaya kamu tidak akan boros dan lebih mempersiapkan masa depan dengan menabung dan berinvestasi. Dengan begiitu, masa depan pun menjadi lebih cerah.

6 Cara Menghemat Uang dengan Anggaran Yang Terbatas

Manfaat Literasi Finansial Sebagai Warga Negara

Kini peningkatan kesadaran terhadap keuangan pribadi menjadi fokus di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris Raya, Jepang, Kanada, dan Australia. Pemahaman terhadap konsep-konsep finansial dasar memungkinkan seseorang untuk mengetahui bagaimana cara menjalankan sistem finansial.

Dengan demikian, mereka bisa membuat keputusan finansial dan mengelola keuangan secara lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak memahaminya.

Menurut BPS, ada lebih dari 32% generasi milenial dari jumlah penduduk Indonesia saat ini. Dari jumlah tersebut, generasi milenial sekarang mendominasi kelompok umur produktif. Karena itu, dengan memahami literasi finansial secara baik, generasi milenial diharapkan menjadi generasi penerus bangsa yang membawa negara ini ke arah yang lebih baik lagi.

Apalagi, industri jasa keuangan menilai bahwa potensi kaum milenial akan kebutuhan produk perbankannya cukup tinggi. Dengan demikian, terbukti generasi milenial menjadi target utama untuk mengembangkan perekonomian Indonesia saat ini.

Itulah serba-serbi kenapa literasi finansial itu penting untuk dipelajari. Semoga informasi ini bermanfaat buatmu ya!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Moms, Ini Lho Perkiraan Biaya Imunisasi Si Kecil

Buat bayi, imunisasi adalah hal yang sangat penting didapat mengingat daya tahan tubuhnya masih sangatlah lemah. Sebagai informasi, imunisasi merupakan cara meningkatkan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...