Pentingnya Menjaga Pola Tidur Sehat Meski Bekerja dari Rumah

0
14

Di masa pandemi ini, para perempuan tangguh yang bekerja sekaligus mengurus keluarga benar-benar diuji. Pasalnya, di masa Work From Home (WFH) mereka tidak hanya dituntut untuk tetap bekerja dan berkarya selama di rumah, namun juga harus bekerja ekstra untuk mengurus keluarga. Apalagi kini anak-anak harus belajar dari rumah. Otomatis pekerjaan para kaum ibu pun akan bertambah berat.

Mengapa Anda Harus Menjaga Pola Tidur Sehat?

Ada banyak alasan tentunya mengapa kita harus menjaga pola tidur tetap sehat meski bekerja dari rumah. Banyak orang yang selama WFH hingga memasuki era new normal justru memiliki jadwal tidur yang kacau karena jadwal bekerja yang tidak menentu. Jadwal yang tidak menentu ini ternyata justru membuat orang harus bergadang hingga malam demi mengejar target pekerjaan. 

Padahal, tidur yang cukup setiap hari memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta metabolisme dalam tubuh. Tidur yang cukup dengan pola yang baik setiap hari juga dapat memberi tambahan energi dalam beraktivitas. Pada akhirnya, mendapat tidur yang cukup justru akan membuat Anda lebih produktif. 

Waktu tidur minimal yang sebaiknya didapatkan seseorang adalah selama 7 hingga 8 jam sehari. Apabila seseorang memaksa memforsir tenaga berlebih, maka bisa mempengaruhi mental dan juga fisik orang tersebut. Pada akhirnya stres fisik dan mental bisa menyebabkan timbulnya banyak masalah di kemudian hari.

Tips untuk Menjaga Pola Tidur Tetap Sehat

Mulai Bekerja dari Pukul 10.00

Ternyata, agar pola tidur Anda tetap sehat sebaiknya Anda memulai bekerja di pukul 10.00. Mulai bekerja dari awal waktu seperti pukul 07.00 ternyata justru bisa membuat Anda kurang fokus dan produktif. Hal ini dikemukakan oleh peneliti dari Oxford University, Paul Kelley yang mengatakan bahwa ketika seseorang menginjak usia dewasa, jam kerja yang optimal adalah pukul 10.00.

Apabila Anda bekerja dimulai dari jam optimal, otomatis akan ada lebih banyak waktu untuk Anda beristirahat. Selain itu, Anda juga memberi ruang bagi organ tubuh untuk bersiap memulai aktivitas.

Jangan Menatap Layar Ponsel Sebelum Tidur

 Kebiasaan menatap layar ponsel sebelum tidur ternyata merangsang level melatonin pada tubuh yang mengganggu pola tidur manusia. Hal ini membuat orang memiliki pola tidur yang tidak sehat. 

Meski pekerjaan menjadi dua kali lipat lebih banyak, namun kaum ibu tetap tidak boleh lupa untuk menjaga kesehatan diri. Selain tetap makan yang bergizi serta berolahraga ringan selama di rumah, Anda juga tetap harus menjaga kebiasaan tidur yang sehat dan optimal. Pasalnya, tubuh yang dipaksa untuk bekerja seharian penuh tentu juga membutuhkan istirahat.

Amartha mendukung perjuangan para perempuan tangguh dari pelosok desa yang ingin memulai usaha. Pendanaan dari Amartha memiliki tenor yang cukup panjang dengan cicilan ringan sehingga cocok untuk usaha kecil dan menengah berkelompok. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here