Home Finance Pentingnya Investasi Sejak Dini, Apa Saja Keuntungannya?

Pentingnya Investasi Sejak Dini, Apa Saja Keuntungannya?

0
220
sumber: www.istockphoto.com
sumber: www.istockphoto.com

Mungkin masih banyak anak muda yang bertanya-tanya tentang pentingnya investasi sejak dini. Mengapa harus dilakukan sedini mungkin? Karena dengan melakukan investasi kamu bisa memperoleh banyak keuntungan. 

Keuntungan investasi akan bermanfaat untuk kebutuhan masa depan, contohnya bisa digunakan sebagai dana darurat atau dana pensiun. Supaya kamu lebih paham tentang pentingnya investasi, sebaiknya simak alasan selengkapnya di bawah ini. 

Alasan Pentingnya Investasi Sejak Dini

Salah satu cara melakukan investasi, yaitu dengan melakukan pendanaan di microfinance marketplace. Melalui platform tersebut kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan tinggi dan pastinya aman.

Sebelum melakukan investasi, sebaiknya pahami dulu beberapa alasan investasi harus dilakukan sedini mungkin. 

1. Meningkatkan Nilai Uang

Alasan pertama adalah untuk meningkatkan nilai uang karena melalui investasi kamu bisa mendapat keuntungan. Sehingga dari keuntungan tersebut nilai uang akan bertambah dari nilai sebelumnya.

Contohnya 5 tahun yang lalu kamu menginvestasikan uang sebesar Rp10 juta di microfinance marketplace dengan imbal hasil rata-rata 15% per tahun. Maka kemungkinan keuntungan yang akan didapatkan adalah Rp7,5 juta.

Dari contoh tersebut bisa dilihat nilai uang investasi tersebut bertambah menjadi Rp17,5 juta, cukup besarkan? Itulah mengapa pentingnya investasi sejak dini.

2. Meningkatkan Aset dan Kekayaan 

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, investasi bisa menambah nilai uang. Dengan begitu, aset dan kekayaan yang kamu miliki akan meningkat dari nilai aslinya.

Jadi, jangan ragu memulai investasi sejak sekarang karena manfaatnya cukup besar untuk kondisi finansialmu di masa depan. Memulainya tidak harus dengan jumlah besar, mulai saja dari jumlah kecil namun dilakukan secara rutin. 

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Bangun Portofolio Investasi. Bikin Cuan!

3. Menambah Sumber Penghasilan

Dengan berinvestasi, kamu bisa memperoleh sumber penghasilan tambahan di luar pendapatan dari pekerjaan. Memiliki lebih dari satu sumber penghasilan bisa mempercepat mencapai apa yang ingin kamu wujudkan.

Meskipun investasi bisa mendatangkan penghasilan tambahan, kamu perlu mengetahui mana investasi yang aman dan mana yang tidak. Supaya tidak tertipu atau mengalami kerugian, itulah mengapa pentingnya melek investasi bagi generasi muda.

4. Membiasakan Diri Hidup Hemat

Apakah uangmu mudah habis padahal belum akhir bulan? Mungkin kamu tipe orang yang boros dan kurang cermat mengatur keuangan. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Mudah kok, coba biasakan menyisihkan uang untuk diinvestasikan.

Contohnya kamu memiliki penghasilan Rp5 juta lalu untuk memenuhi kebutuhan pokok dan membayar cicilan sebesar Rp3,5 juta. Itu artinya sisa Rp1,5 juta, coba jangan gunakan uang tersebut untuk membeli sesuatu.

Langsung investasi ke microfinance marketplace untuk mendanai para pelaku UMKM yang membutuhkan modal usaha. Lakukan secara rutin, nanti kamu akan mendapat nilai tambah dari investasi tersebut

Meskipun nilai investasinya tidak besar jika dilakukan secara rutin, lama kelamaan akan mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Itulah mengapa pentingnya investasi sejak dini meskipun dimulai dari nilai kecil. 

5. Mencegah Rantai Generasi Sandwich

Apa maksud dari generasi sandwich? Generasi sandwich ialah orang-orang yang harus memenuhi kebutuhan ekonomi dirinya sendiri dan keluarganya. Jadi, bisa diibaratkan mereka terjepit di antara dua kebutuhan ekonomi.

Munculnya generasi sandwich dipicu oleh kurangnya kesadaran orang tua jaman dulu tentang pentingnya dana pensiun. Sehingga anak-anak mereka harus menanggung biaya hidup selama masa tuanya. 

Dengan melakukan investasi sejak dini, kamu bisa mulai mempersiapkan dana pensiun untuk masa tua nanti. Dengan begitu, anak-anakmu kelak akan terbebas dari rantai generasi sandwich. 

Bagaimana sudah seberapa pahamkah kamu tentang pentingnya investasi sejak dini? Daripada bingung mencari platform investasi yang tepat, lebih baik kamu mulai investasi di microfinance marketplace yang terjamin keamanannya, contohnya seperti Amartha. 

Dengan melakukan pembiayaan di Amartha kamu bisa mendapat imbal hasil keuntungan hingga 15% flat per tahun loh. Tunggu apalagi? Yuk, segera lakukan pendanaan di Amartha untuk berinvestasi sekaligus membantu UMKM mengembangkan usahanya.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here