Pentingnya Desain Logo untuk Pengusaha Online

|

|

|

Menjadi pengusaha online merupakan salah satu cara untuk menambah pendapatan, terutama disaat pandemi seperti ini. Cara menjadi pengusaha online bisa dilakukan dengan bergabung ke e-commerce.

Melansir CNBC Indonesia, dari 58 juta UMKM Indonesia, baru ada sekitar 8 juta atau baru 14% yang bergabung dengan e-commerce. Angka ini terbilang rendah. Salah satu yang faktor yang menyebabkan adalah kurangnya pengetahuan mengenai marketing.

Langkah awal yang perlu diperhatikan oleh pengusaha online dalam hal memasarkan produknya adalah desain logo.

Logo memiliki peran penting agar calon pembeli mengenali dan mengetahui produk yang dijual. Desain logo tidak hanya boleh dimiliki oleh pengusaha online berskala besar tetapi juga yang berskala kecil.

Berikut ini alasan mengapa pengusaha online harus memiliki desain logo.

Sebagai Brand Identity dan Brand Recognition

Bila bertemu dengan orang baru, umumnya kita bertukar identitas. Nah begitupun dengan mengelola bisnis.

Calon pembeli harus mengetaui identitas bisnis yang dijalankan oleh pengusaha online agar ia tertarik membeli. Logo adalah identitas bagi brand Anda, baik online maupun offline.

Anda dapat mengenalkan produk yang dijual dengan menunjukkan identitas brand melalui logo yang dimiliki. Logo juga dapat menjadi langkah awal untuk mematenkan produk itu sebagai milik Anda. Hal ini sangat penting mengingat persaingan bisnis online yang semakin ketat.

Digitalisasi UMKM: Tantangan dan Peluang

Membangun Ciri Khas Brand

Dalam bisnis online, ada banyak pengusaha yang menjual produk yang sama dengan Anda. Maka dari itu diperlukan ciri khas yang membedakan produk Anda dengan produk kompetitor atau pesaing.

Dengan memiliki logo, Anda dapat bersaing selangkah lebih maju daripada kompetitor. Calon pembeli atau pembeli dapat dengan mudah mengingat produk yang dijual pada toko Anda melalui logo yang unik dan sering muncul di media sosial atau platform digital lainnya.

Menunjukkan Profesionalitas Bisnis

Melalui sebuah logo dapat membantu pengusaha online untuk membangun kepercayaan kepada pembeli. Bisnis atau toko online Anda akan terlihat lebih profesional dan menunjukkan kualitas brand di mata pembeli.

Semakin banyak kepercayaan yang diberikan pembeli maka semakin besar pula kesempatan untuk mempertahankan loyalitas mereka.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...