Home Money+ Pentingkah Dana Darurat?

Pentingkah Dana Darurat?

|

|

|

Pentingkah Dana Darurat? Bukan masalah penting atau tidak penting, tetapi harus dilakukan untuk menghadapi hal-hal darurat. Dana darurat atau emergency fund adalah sejumlah dana yang tersedia untuk menghadapi hal-hal darurat yang tidak bisa diprediksi dan tidak bisa diatasi dengan keuangan biasa.

Misalnya, keadaan yang membutuhkan dana darurat yakni biaya pengobatan kecelakaan, renovasi rumah akibat bencana alam, atau biaya untuk mencari pekerjaan baru.

Meski begitu, dana darurat memiliki jumlah yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan oleh berbedanya gaya hidup yang dimiliki oleh setiap orang. Nah untuk menentukan besaran dana darurat yang dibutuhkan setiap orang dapat diketahui melalui besaran rata-rata pengeluaran bulanannya. Berikut jumlah ideal dana darurat yang dibutuhkan:

Lajang 

Bagi kamu yang berstatus lajang dan tidak memiliki tanggungan, maka kamu setidaknya harus memiliki dana darurat sebesar enam kali jumlah pengeluaran bulanan.

Menikah dan tidak memiliki anak

Untuk kamu yang sudah menikah dan belum memiliki anak, maka kamu harus mempunyai dana darurat minimal sebesar sembilan kali lipat dari jumlah pengeluaran rumah tangga. 

Menikah dan sudah memiliki anak

Dana darurat yang dibutuhkan untuk kamu yang sudah menikah dan memiliki anak, minimal mempunyai dana darurat sebesar 12 kali dari jumlah pengeluaran rumah tangga. Jumlah ini tersebut terus bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah tanggungan yang dimiliki. 

Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash

Bagaimana cara menyiapkan dana darurat?

Melihat dari fungsinya, dana darurat tentu saja menjadi penting dalam kehidupan manusia. Sementara untuk besaran dana yang diperlukan maka kita harus mencari cara bagaimana mengumpulkan dana darurat yang tidak sedikit itu.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghitung besaran rata-rata pengeluaran bulanan. Hal ini penting untuk mendapatkan jumlah dana darurat yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan di masa mendatang.

Setelah mengetahui besaran pengeluaran rata-rata tiap bulan, hitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi target dana itu.

Selanjutnya mulai atur keuangan lebih ketat dari sebelumnya. Lakukan penghematan dan kurangi pengeluaran yang tidak perlu agar dana darurat bisa segera dipenuhi. Sebaiknya alokasikan pengeluaran kepada hal yang lebih bermanfaat, misalnya melakukan pendanaan di Amartha. Kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% flat per tahun. Selain itu, kamu juga memberikan dampak sosial yang nyata dengan mewujudkan kesejahteraan merata bagi Indonesia.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Eri Tri Angginihttp://museumberjalan.id
Lulusan Ilmu Sejarah yang nyasar ke financial services. Kindly check museumberjalan.id untuk dapatkan informasi seputar sejarah & sosial budaya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

7 Amalan Sunnah di bulan Ramadhan yang Bikin Ibadahmu Makin Berkah

Akhirnya bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di berbagi penjuru dunia tiba, Ramadhan yang penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai...