Penting, Ini Prioritas Pengeluaran Selama Pandemi!

|

|

|

Pandemi telah mengubah banyak hal, terutama di bidang keuangan pribadi atau keluarga. Meski demikian, ada beberapa prioritas pengeluaran yang wajib banget didahulukan lho.

Pengeluaran-pengeluaran ini biasanya bersifat wajib dan rutin sehingga harus menjadi prioritas dalam manajemen keuangan kita.

Selain itu, membayar pengeluaran ini secara tepat waktu berfungsi untuk menjaga nilainya agar tetap seperti nilai semula. Sehingga dapat memberikan ketenangan.

3 Prioritas Pengeluaran Selama Pandemi

  1. Biaya Rumah Tangga

Biaya rumah tangga gak melulu soal pemenuhan kebutuhan perut atau makanan saja, tetapi juga misalnya listrik, air, biaya kos/sewa rumah, dan internet.

Nah, biaya ini mau tidak mau harus dibayar karena menunjang kebutuhan sehari-hari.

Kalau enggak dibayar, kira-kira apa yang akan terjadi ya?

2. Utang atau Pinjaman Online

Pinjaman online (pinjol) bisa menjadi salah satu cara kalau kita butuh dana mendadak. Namun, setelah selesai menggunakan jangan lupa untuk memenuhi kewajiban untuk membayar tepat waktu.

Kalau sampai terlambat atau lupa, beban bunganya akan terus membengkak, lho. Bukannya menyelesaikan masalah, malah menambah masalah baru deh.

Tidak hanya pinjaman online saja, tetapi juga utang lainnya seperti utang ke teman. Di masa yang agak sulit ini, teman kita juga berharap agar kita bisa mengembalikan pinjaman. Maka dari itu dahulukan pengeluaran untuk ini dulu ya!

3. KTA dan KPR

Pengeluaran lainnya yang wajib banget masuk list prioritas kamu adalah membayar Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

KTA atau Kartu Kredit berfungsi sebagai alat pembayaran yang diberikan oleh suatu bank kepada nasabahnya. Setiap orang memiliki limit kartu kredit yang berbeda-beda.

Kartu Kredit wajib dibayar per bulan berdasarkan penggunaan si nasabah. Apabila tidak membayar, sejumlah biaya tambahan akan dikenakan kepada nasabah seperti biaya over limit, denda telat membayar, bunga, dan biaya lainnya.

Begitupun dengan kredit KPR. Apalagi bila kamu tengah menempati rumah tersebut makanya biaya ini wajib banget masuk dalam top prioritas pengeluaran.

Sama seperti kartu kredit, ada beberapa biaya yang dibebankan bila kita telat membayar.

Di masa pandemi ini ada sejumlah bank yang memberikan keringanan pembayaran untuk KTA dan KPR, kamu bisa mengetahuinya dengan menghubungi bank terkait.

Itulah 3 prioritas pengeluaran yang wajib banget dibayarkan terlebih dahulu selama masa pandemi ini.

Selain fokus pada pengeluaran, kamu juga bisa fokus untuk menambah pemasukan lho. salah satu caranya adalah dengan melakukan investasi.

investasi amartha

Saat ini ada beragam produk investasi yang menawarkan keuntungan bersaing, dan peer to peer lending Amartha adalah salah satunya.

Amartha adalah perusahaan investasi yang menghubungkan investor kepada para perempuan pengusaha mikro unbankable di pedesaan dengan imbal hasil sampai 15% flat per tahun.

Menjadi pioner fintech P2P Lending, Amartha adalah perusahaan investasi yang aman karena sudah memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak tahun 2019 lalu.

Tertarik mendanai di Amartha? Daftar sekarang!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Tambah Marak, Ini Cara Laporkan Fintech Pinjaman Online Ilegal

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI), Tongam L Tobing menyatakan menghentikan 3.056 fintech pinjaman online ilegal. Hingga kini tercatat...