Penting! Ini Cara Menagih Hutang Yang Tepat Agar Dibayar

0
4328
Ilustrasi menagih hutang yang tepat. sumber: www.pexels.com
Ilustrasi menagih hutang yang tepat. sumber: www.pexels.com

Kalau sudah urusan menagih untuk membayar hutang, rasanya jadi serba salah. Rasanya pasti bingung bagaimana cara menagih hutang yang baik, supaya hubunganmu dengan kenalan tetap terjaga. Namun satu hal yang perlu kamu ingat adalah, tidak perlu merasa tidak enak, karena kamu berhak mendapatkan kembali uang yang sudah kamu pinjamkan.

Tidak perlu ragu untuk menghubungi teman, sekedar bertanya atau mengingatkan. Hal ini juga membantu mereka agar bisa segera menyelesaikan hutang sampai tuntas. Karena yang namanya hutang akan selalu jadi beban yang memberatkan jika pembayarannya tidak dicicil sampai selesai.

Cara Menagih Hutang Agar Dilunasi

Kalau kamu merasa bingung harus melakukan apa, berikut ini 6 cara dalam menagih hutang agar cepat dibayar:

Gunakan Bahasa yang Baik

Ketika menagih hutang kepada teman gunakan bahasa yang baik. Jangan membuat teman tersinggung. Ajak teman berbicara empat mata. Dengan begitu kamu bisa mengetahui apa alasan yang membuatnya tidak kunjung menyelesaikan hutang.

Jika ternyata teman belum bisa membayar hutang dalam waktu dekat, maka buat kembali perjanjian. Dengan menentukan tenggat waktu atau tanggal terakhir pembayaran harus selesai. 

Ingatkan Waktu Pembayaran

Ketika mulai mendekati waktu jatuh tempo pembayaran hutang, kamu bisa mengingatkan kembali teman terkait tenggat waktu yang disepakati. Hal ini merupakan cara menagih hutang lewat wa atau pesan singkat secara halus.

Jadi kamu tidak harus bertemu langsung dengan teman. Sebenarnya dengan mengingatkan tanggal terakhir pelunasan, secara tidak langsung kamu sudah menagih hutang. Siapa tahu saat kamu mengirim pesan, temanmu langsung membayar di hari yang sama. 

Sampaikan Kamu Sedang Butuh Uang Cepat

Tidak perlu ragu untuk mengatakan bahwa kamu membutuhkan uang tersebut segera. Misalnya karena ada kebutuhan seperti biaya rumah sakit, renovasi rumah, atau keperluan mendesak lainnya.

Dengan begitu temanmu akan terdorong untuk segera menyelesaikan pembayaran hutang. Namun pastikan kamu menyampaikannya dengan jelas dan tetap sopan. Meskipun sebenarnya kamu merasa jengkel karena hutang yang tidak kunjung dibayar.

Baca Juga: Cara Ampuh Menagih Hutang ke Teman

Minta Tolong Teman Dekatnya

Cara menagih hutang jarak jauh bisa melalui teman terdekatnya. Jika cara-cara di atas masih belum berhasil membuat peminjam menyelesaikan tanggung jawabnya. Hubungi teman dekat dari peminjam lalu sampaikan dengan baik maksud kamu.

Harapannya dengan diingatkan oleh teman terdekat, peminjam bisa lebih bertanggung jawab untuk menyelesaikan hutang. 

Datangi Rumahnya

Salah satu cara menagih yang cukup efektif yaitu dengan mendatangi rumahnya. Dengan bertamu ke rumah si peminjam, secara tidak langsung kamu sudah mendesaknya untuk segera membayar hutang. 

Jika maksud dari kedatanganmu ditangkap dengan baik oleh si peminjam, seharusnya ia akan membayar hutang dalam waktu dekat.

Hubungi Keluarga

Bagaimana jika teman yang meminjam uangmu malah menghilang dan tidak bisa dihubungi? Apabila cara-cara sebelumnya masih belum berhasil, maka dengan terpaksa kamu perlu menghubungi keluarganya.  

Keluarga peminjam harus tahu bahwa salah satu anggota keluarga mereka memiliki tunggakan hutang yang belum dibayar. 

Kamu juga bisa mendapatkan info di mana temanmu sedang berada lewat keluarga peminjam. Harapannya temanmu bisa sadar dan segera menyelesaikan pembayaran hutang.

Itu dia cara menagih hutang ke teman agar cepat dibayar. Niat kamu saat memberi pinjaman ke teman pasti baik. Namun, akan selalu ada risiko teman terlambat membayar atau bahkan tidak bisa membayar kembali hutangnya. 

Nah, supaya uang simpananmu tidak dipinjam oleh teman, ada baiknya kamu mengalokasikan dana tersebut dengan melakukan investasi di P2P Lending Amartha.

Amartha adalah perusahaan investasi P2P Lending yang menyalurkan dana investasi kamu kepada perempuan pengusaha mikro di pedesaan. Setiap lender yang melakukan investasi bisa mendapatkan keuntungan hingga 15% flat per tahun.

Kamu enggak perlu khawatir karena microfinance marketplace Amartha sudah terdaftar dan berizin OJK.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here