Menuju Resolusi Baru, Ini Pentingnya Evaluasi Keuangan Akhir Tahun

0
380
Photos by Karolina Grabowska (Pexels)

Pergantian tahun hampir tiba, sudahkah kamu melakukan evaluasi keuangan? Selain melakukan evaluasi diri, kita perlu banget lho mengevaluasi keuangan kita baik itu keuangan pribadi maupun keuangan usaha yang lagi kita jalani.

Ada banyak manfaat dan pentingnya dari melakukan evaluasi keuangan. Sebagai contoh mudahnya, kita dapat mengetahui rasio hutang dan aset yang kita miliki. Apakah tahun ini bertambah atau sebaliknya. Dengan begitu, kita bisa mengatur strategi untuk tahun selanjutnya.

Berikut ini Money+ bagikan manfaat penting mengapa kita perlu melakukan evaluasi keuangan. Yuk simak!

Pentingnya Melakukan Evaluasi Keuangan AKhir Tahun

1. Memantau Aset dan Utang

Setiap orang, keluarga dan usaha pasti memiliki tujuan yang berimplikasi pada finansial serta target finansial yang harus dicapai. Akhir tahun adalah saat tepat untuk melihat apakah dalam perjalanan menuju pencapaian target finansial itu, kita berada pada jalur yang benar atau tidak.

Bagaimana posisi kas, nilai investasi, keberadaan alat-alat produksi, posisi utang dan juga nilai kekayaan bersih keluarga atau nilai saham & akumulasi keuntungan usaha yang diharapkan, sesuai dengan yang ditargetkan hingga akhir tahun lalu? Semua pertanyaan itu dapat dijawab dengan melihat “potret” kondisi keuangan dalam Laporan Neraca Keuangan.

2. Mengetahui Pola Konsumsi Pribadi

Evaluasi dilakukan untuk mengetahui apakah pola konsumsi pribadi dan atau keluarga selama satu tahun penuh, sesuai dengan rencana yang ditetapkan sebelumnya. Sementara untuk kegiatan usaha, apakah target penjualan, penggunaan sumber daya, serta keuntungan yang diperoleh memenuhi dan sesuai budget yang direncanakan.

Pertanyaan di atas akan terjawab ketika melakukan analisa dari laporan arus kas keluarga atau laporan laba dan atau rugi usaha.

Dengan evaluasi melalui analisa terhadap laporan keuangan, maka akan lebih mudah melakukan langkah-langkah perbaikan dalam menyusun target dan rencana kerja untuk tahun selanjutnya.

Baca Juga: 4 Tips Atur Keuangan untuk Generasi Sandwich

Rencanakan Keuangan Tahun Baru Bersama Amartha

Amartha
Kunjungi www.amartha.com

Untuk merencanakan keuangan yang lebih baik di tahun mendatang, kamu bisa memulainya dengan melakukannya dari sekarang. Siapkan kebutuhan dana di tahun depan dan tahun-tahun mendatang bersama Amartha.

Amartha adalah perusahaan investasi P2P Lending yang menyalurkan dana kamu kepada perempuan pengusaha mikro di pedesaan melalui akses permodalan, pendampingan, dan juga pelatihan usaha. Selanjutnya kamu sebagai investor berhak mendapatkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun.

Sejak tahun 2010 Amartha bertekad untuk memberdayakan para perempuan pengusaha mikro di pedesaan. Laporan riset pun menunjukkan bahwa pemberdayaan perempuan di sektor ekonomi dapat meningkatkan kesejahteraan di keluarga dan lingkungannya. Sehingga melakukan investasi di Amartha tidak hanya mendapatkan keuntungan materi tetapi juga menciptakan dampak sosial yang nyata.

Kamu tak perlu khawatir karena Amartha adalah perusahaan investasi P2P Lending yang aman karena sudah terdaftar dan berizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak tahun 2019 lalu.

Tertarik menjadi investor Amartha? Daftar sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here