Penting Buat Lender! Ini Cara Mitigasi Risiko di Amartha

0
674
Ilustrasi mitigasi risiko investasi. sumber: www.freepik.com
Ilustrasi mitigasi risiko investasi. sumber: www.freepik.com

Dalam berinvestasi, memahami dan melakukan mitigasi risiko adalah hal penting yang tidak boleh dilupakan seorang investor atau para lender agar kegiatan berinvestasi menjadi lebih aman dan menguntungkan.

Perlu kamu ketahui jika setiap instrumen investasi pasti memiliki risiko yang berbeda-beda yang harus dipahami dengan baik. Hal ini dilakukan agar kamu bisa menyiapkan strategi untuk menghadapi risiko-risiko tersebut.

Apa Itu Mitigasi Risiko?

Mitigasi risiko merupakan suatu usaha atau tindakan yang dilakukan oleh pemilik risiko atau investor untuk bisa mengurangi dampak dari dari risiko yang muncul saat melakukan investasi.

Sedangkan risiko investasi merupakan potensi kerugian yang dapat dialami investor dari aktivitas investasi tersebut. Kerugian ini bisa terjadi akibat kondisi buruk yang mungkin muncul selama proses investasi karena berbagai hal tidak terduga di masa mendatang. 

Oleh karena itu, mitigasi risiko dalam investasi sangat diperlukan sebagai cara investor dalam menyusun strategi untuk memperkecil potensi kerugian dari kegiatan berinvestasi yang dilakukan.

Strategi Mitigasi Risiko dalam Investasi

Strategi mitigasi risiko dalam investasi sangat diperlukan untuk memperkecil risiko kerugian dan memaksimalkan keuntungan dari investasi. Salah satu caranya dengan melakukan diversifikasi terhadap instrumen investasi yang kamu miliki.

Diversifikasi merupakan salah satu cara yang digunakan oleh banyak investor untuk meminimalisir risiko investasi dengan menyebar investasi ke banyak instrumen agar tetap bisa mendapatkan keuntungan sekaligus mendapatkan risiko yang kecil. 

Di aplikasi Amartha, kamu bisa juga melakukan diversifikasi investasi melalui beberapa cara, loh:

  1. Diversifikasi berdasarkan Lokasi
    Di Amartha, ada banyak pilihan lokasi mitra yang ingin kamu danai. Caranya cukup mudah, setelah masuk ke aplikasi Amartha, pilih marketplace di bagian bawah, lalu pilih filter berdasarkan lokasi. Di sana kamu akan menemukan banyak area mitra yang bisa kamu pilih untuk didanai.
  2. Diversifikasi berdasarkan Tipe Usaha
    Selain filter berdasarkan lokasi, kamu sebagai lender juga bisa memilih mitra berdasarkan tipe usaha yang mereka miliki. Di Amartha sendiri memiliki beberapa pilihan usaha dengan impact investing.
    Impact investing atau pendanaan berdampak adalah strategi investasi yang menghasilkan keuntungan sekaligus menciptakan dampak positif untuk ekonomi, sosial dan lingkungan.
    1. Ekonomi: Kamu akan memberi kesempatan pada perempuan tangguh untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan sekitarnya.
    2. Sosial : Kamu akan meningkatkan ekonomi dan taraf hidup perempuan tangguh dan UMKM.
    3. Lingkungan: Kamu akan mendukung sektor usaha ramah lingkungan serta mengurangi efek perubahan.
  3. Mendanai banyak mitra menggunakan Crowdfunding
    Istilah crowdfunding adalah meminta bantuan dari kerumunan orang (crowd) untuk melakukan pendanaan atau donasi sejumlah uang untuk kebutuhan tertentu (proyek profit atau non profit), bisa dengan imbalan (rewards) atau tanpa imbalan tertentu. Umumnya, aktivitas crowdfunding dilakukan secara online.
    Dari sisi penggalangan dana, crowdfunding merupakan solusi yang mudah dan relatif terjangkau. Sistem ini sangat membantu mitra yang membutuhkan modal bisnis, dimana tidak lagi harus memikirkan jaminan atau keharusan membayar pinjaman dengan bunga tinggi.
    Amartha juga punya layanan investasi dengan skema crowdfunding. Menariknya, pendanaan dalam investasi crowdfunding bisa dimulai dengan modal kecil namun tetap menawarkan keuntungan imbal hasil hingga 15% per tahun mulai dengan investasi mulai 100 ribu Rupiah aja!.

Amartha merupakan platform investasi yang aman karena sejak tahun 2019, Amartha microfinance marketplace telah memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Hingga saat ini, Amartha telah berhasil menghubungkan pendana (lender) dan mitra usaha (borrower) dengan total dana tersalurkan 8,7 triliun rupiah, kepada lebih dari 1,2 juta mitra perempuan pengusaha ultra mikro di 35.000 desa. 

Mendanai di Amartha juga memiliki risiko yang terukur dengan adanya credit scoring akurat. So, tunggu apalagi? Yuk, download aplikasinya dan mulai investasi sekarang!

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here