Penting, 5 Tips Memilih Asuransi Untuk Pemula!

|

|

|

Asuransi saat ini menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Pasalnya, fungsi proteksi dari asuransi sangat bermanfaat dan memberikan ketenangan pikiran terhadap segala kondisi darurat yang mungkin terjadi. Bahkan, banyak asuransi yang tidak hanya punya fungsi proteksi, namun investasi menguntungkan di masa sekarang.

Banyaknya jenis asuransi dan juga banyaknya penawaran serta hal hal yang perlu diperhatikan saat memilih asuransi seringkali membuat seseorang bingung atau bahkan ragu untuk memilih asuransi. Nah berikut ini adalah beberapa tips memilih asuransi yang sesuai dengan kamu:

1. Pilih Premi Sesuai Kemampuan Finansial  

Tips pertama adalah pilihlah premi asuransi sesuai dengan kemampuan finansialmu. Dalam memilih asuransi yang tepat, kamu merencanakan alokasi anggaran premi asuransi sesuai dengan kemampuan finansial. Jangan sampai premi asuransi yang kamu pilih justru mengganggu keadaan finansial.

Sebagai informasi, premi asuransi ini dapat dibayar rutin dalam waktu berkala, bisa setiap bulan, tiga bulan, enam bulan, maupun tahunan.

Selain itu, pilih juga pembayaran premi yang dapat disesuaikan dengan waktu kamu mendapatkan penghasilan. Walau begitu, jangan ambil waktu yang terlalu panjang agar kamu tidak bisa mencicil premi asuransi tersebut dalam jumlah besar.

Istilah-istilah Yang Ada di Asuransi, Pelajari Yuk!

2. Ketahui Track Record Perusahaan Asuransi

Tips selanjutnya adalah mengetahui secara lengkap tentang track record perusahaan asuransi yang akan kamu pilih. Lama berdiri dan barunya perusahaan asuransi juga tidak menjamin perusahaan tersebut bagus.

Namun, perusahaan yang sudah lama berdiri membuat lebih mudah untuk mencari tahu rekam jejaknya. Oleh karena itu, jangan cuma nama besar saja, coba perhatikan pengalaman dan track record perusahaan tersebut.

Lebih lanjut, kamu juga bisa mencari tahu perusahaan asuransi dari prosedur pendaftarannya ataupun sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kamu pun dapat mencari informasi tentang kredibilitas perusahaan asuransi di media sosial, blog, atau lewat review di Youtube.

Mengenal Broker Asuransi: Cara Kerja dan Manfaatnya

3. Pilih Agen Asuransi yang Jujur

Tips berikutnya yaitu pilih agen asuransi yang jujur dalam memilih asuransi. Tentu saja agen asuransi akan menyebutkan semua kebaikan asuransi yang dijualnya.

Namun, tidak banyak agen yang mau menyebutkan pula keburukan dan menyarankan kepada calon pembelinya yang terbaik bukan hanya soal produk.

Oleh karena itu, untuk tips memilih asuransi yang tepat adalah kenalilah agen tersebut apakah dirinya juga tidak menutupi keburukan produknya. Selain itu, pastikan pula agen tersebut memiliki lisensi Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

Agen asuransi yang berlisensi dapat bertanggung jawab dan membantumu ketika ada kendala administrasi atau kendala saat klaim.

Jenis-jenis Asuransi Yang Wajib Kamu Ketahui!

4. Rajin Membandingkan

Informasi saat ini bisa didapatkan dengan cara yang sangat mudah, oleh karena itu, untuk tips memilih asuransi yang tepat selanjutnya jangan malas untuk membandingkan asuransi yang satu dengan yang lainnya.

Tentu saja setiap perusahaan akan menyebutkan kalau mereka menjadi penyedia yang terbaik, namun tentu sebagai calon pembeli kamu akan mencari yang terbaik di antara yang terbaik.

Hal-hal yang bisa diperhitungkan untuk dibandingkan adalah segi premi, masa kontrak, uang pertanggungan, hingga manfaat yang didapat.

5. Teliti Isi Polis

Terakhir, tips yang tidak kalah penting adalah meneliti isi polis sebelum membeli asuransi. Sebagai informasi, polis adalah perjanjian antara pembeli dan penjual yang mengikat sesuai dengan lamanya waktu kontrak.

Di sini, secara detail akan dijabarkan tentang hak dan kewajiban pembeli dan penjual. Karena itu, sebaiknya baca polis asuransi secara teliti ya!

Nah, setelah memiliki asuransi, ada baiknya kamu berinvestasi untuk meningkatkan value uang yang makin lama tergerus inflasi. Salah satu instrumen investasi masa kini yang patut kamu coba adalah Amartha. 

Amartha merupakan perusahaan fintech P2P Lending yang menghubungkan investor kepada perempuan pengusaha mikro di pedesaan yang tidak terlayani lembaga keuangan konvensional.

Dengan mendanai di Amartha, investor bisa mendapatkan keuntungan sampai 15% flat per tahun. Selain itu juga turut menciptakan dampak sosial berupa kesejahteraan yang merata di Indonesia. Pasalnya, mitra Amartha tidak hanya mendapatkan modal kerja saja tetapi juga pendampingan usaha dan pelatihan keuangan.

Amartha adalah perusahaan investasi yang aman karena sudah memiliki izin usaha dari OJK sejak tahun 2019 lalu sehingga investor dapat dengan aman dan nyaman dalam mendanai.

Tunggu apalagi, yuk danai di Amartha!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Tambah Marak, Ini Cara Laporkan Fintech Pinjaman Online Ilegal

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI), Tongam L Tobing menyatakan menghentikan 3.056 fintech pinjaman online ilegal. Hingga kini tercatat...