Penghargaan Amartha Atas Pemberdayaan Perempuan di Indonesia

|

|

|

Belum lama ini Amartha menerima pendanaan senilai USD 50 Juta dari Lendable Inc untuk mewujudkan 2X Challenge yang memiliki tujuan berupa women empowerment atau pemberdayaan perempuan di negara-negara berkembang.

Sejak berdiri pada tahun 2010 silam, Amartha telah bertekad dan fokus menyalurkan pendanaan kepada perempuan pengusaha mikro unbankable di pedesaan. Awalnya, Amartha merupakan sebuah koperasi yang didirikan oleh Andi Taufan Garuda Putra di wilayah Ciseeng, Jawa Barat.

Dalam perjalanannya Amartha nyaris bangkrut karena kekurangan modal usaha. Maka dari itu, Andi Taufan selaku Founder dan CEO Amartha memutuskan untuk mengubah model bisnis Amartha menjadi peer-to-peer lending pada tahun 2016.

Amartha percaya bahwa perempuan merupakan tonggak untuk mensejahterakan masyarakat Indonesia. Aria Widyanto selaku Chief Risk and Sustainability Amartha mengatakan, “Kalau seorang perempuan lebih sejahtera, itu kesejahteraannya akan terdistribusi secara merata ke seluruh keluarga. Itu kenapa dari awal fokusnya ke perempuan.” seperti melansir Kompas.

Hingga kini, Amartha telah menyalurkan pendanaan sebesar 3.24 Triliun kepada lebih dari 600.000 perempuan tangguh pengusaha mikro di Pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Sebagai informasi, Amartha tidak hanya menyalurkan modal usaha dari investor kepada peminjam, tetapi juga memberikan pendampingan usaha, pelatihan keuangan, hingga cek kesehatan gratis.

Amartha Raih Penghargaan Kesetaraan Gender

Karena konsistensi dan kegigihan Amartha pada pemberdayaan perempuan dan kesejahteraan di Indonesia, Amartha menerima sejumlah penghargaan nasional dan internasional. Salah satu penghargaan tersebut adalah di bidang kesetaraan gender.

Amartha meraih penghargaan sebagai salah satu perusahaan yang mendorong kesetaraan gender dalam kegiatan bisnisnya melalui kategori Gender-Responsive Marketplace dari United Nations Women (UN Women) dalam penghargaan Women’s Empowerment Principles Awards 2020.

Aria Widyanto, Chief Risk and Sustainability Officer Amartha mengatakan “Kami bangga menerima penghargaan dari PBB (UN-Women), sebagai bisnis yang responsif terhadap gender. Di Amartha, 100% Mitra kami merupakan perempuan pengusaha mikro di pedesaan. Kami menyadari bahwa memberi kesempatan kepada perempuan untuk lebih sejahtera adalah sebuah lompatan untuk menciptakan kualitas pembangunan yang lebih adil dan berkelanjutan di Indonesia.”

Adapun, usaha-usaha yang telah dilakukan Amartha dalam melakukan pemberdayaan perempuan di Indonesia dapat diakses di Laporan Akuntabilitas Sosial yang rutin dikeluarkan setiap tahunnya.

Bersama Amartha, kini #SaatnyaPerempuan Bangkit, Maju, dan Berdaya!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Moms, Ini Lho Perkiraan Biaya Imunisasi Si Kecil

Buat bayi, imunisasi adalah hal yang sangat penting didapat mengingat daya tahan tubuhnya masih sangatlah lemah. Sebagai informasi, imunisasi merupakan cara meningkatkan...