Pengertian Pasar Global: Ciri, Keuntungan, dan Strateginya

0
131

Pengertian pasar global merupakan suatu hal yang sebenarnya sudah marak dipaparkan. Namun itu tidak menyebabkan khalayak menjadi tahu dan paham, karena mereka sebenarnya cukup acuh dengan pasar global, khususnya mereka yang tidak begitu minat berbisnis.

Nah, karena kamu sekarang tengah membaca bagian awal artikel ini, tentu saja kamu memiliki ketertarikan pada dunia bisnis, khususnya pasar modal. Ingin tahu selengkapnya tentang pasar modal? Saran terbaik adalah tidak melewatkan pembahasan di bawah ini!

Pengertian Pasar Global

Pengertian pasar global adalah suatu pasar tempat berlangsungnya transaksi jual beli dimana pelakunya tercakup dalam skala dunia atau internasional. Lebih tepatnya yakni dari suatu negara ke negara lainnya. Ini berbeda dengan pasar lokal yang cakupannya 1 negara saja. 

Lalu, eksistensi pasar global sendiri dilatarbelakangi sejumlah negara yang mempunyai SDA terbatas. Pendek kata, terdapat 4 faktor pemicu eksistensi kemunculan pasar global. Berikut adalah diantaranya:

  1. Kemajuan Transportasi dan Komunikasi
  2. Teknologi
  3. Perjanjian ekonomi regional
  4. Perkembangan ekonomi dunia. 

Nah, dari sini dapat disimpulkan bahwa pasar global secara garis besar adalah tempat berlangsungnya transaksi ekspor dan impor atau membeli dan menjual antara satu dengan negara lainnya.

Ciri-Ciri Pasar Global

Setelah memahami pengertian dari pasar global, maka ketahui ciri-cirinya. Sebenarnya poin-poin ciri pasar global tidak jauh dari pasar pada umumnya, yakni terdiri atas beberapa hal di bawah ini:

1. Eksistensi Calon Penjual dan Pembeli

Adanya orang-orang yang akan melakukan kegiatan jual beli adalah ciri primer dari pasar. Sebab, pasar diartikan sebagai tempat menjajakan berbagai komoditas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Demikian pula dengan pengertian pasar global.

2. Eksistensi Produk

Ciri pasar global selanjutnya ditandai dengan produk yang dapat dijajakan secara online dalam platform e-commerce global atau lewat pelelangan dalam masing-masing negara.

3. Eksistensi Permintaan dan Penawaran

Terjadinya permintaan dan penawaran disahkan dengan serangkaian ‘dokumen resmi’ yang dikirimkan oleh perusahaan penyedia atau konsumen produk.

4. Interaksi Antara Penjual dan Pembeli

Terjadinya interaksi penjual dan pembeli bisa secara langsung atau tidak. Contoh interaksi langsung dilakukan lewat bazar atau expo. Sedangkan tidak langsung contohnya adalah melalui telepon, email, video conference, dan lainnya.

Baca Juga: Tips UMKM Tembus Pasar Ekspor Perluas Jangkauan Global

Keuntungan Berpartisipasi di Pasar Global

Pendek kata, tujuan pasar global yaitu untuk mempertemukan penjual dan pembeli antar negara di seluruh dunia. Nah, dari tujuan ini, ada beberapa keuntungan yang ditawarkan. Berikut adalah diantaranya:

1. Pelanggan Luas dan Tidak Terbatas

Pada pasar lokal, pelanggan tentunya hanya terbatas itu-itu saja. Berbeda dengan pasar global yang cakupannya lebih luas sehingga dapat mendatangkan lebih banyak pelanggan.

2. Peningkatan Keuntungan

Pasar global adalah sarana untuk menjajakan produk bisnismu dalam skala internasional, dimana keuntungan bisa berlipat apalagi dengan Dolar.

3. Peningkatan Peluang Bisnis Baru

Keberagaman pelanggan atau konsumen yang semakin meningkat bisa membuatmu mudah memanfaatkan peluang bisnis baru menyesuaikan kebutuhan mereka.

4. Produk Berkualitas

Tentunya, dengan mengenal dan berkoneksi dengan penyedia bahan yang ada di seluruh dunia, bisnismu dapat menghasilkan produk yang semakin berkualitas. 

5. Bisnis Terdorong Naik

Berkat pasar global, merek-merek produk bisnismu dapat dikenali oleh berbagai pelanggan di seluruh dunia, sehingga bisnismu semakin eksis. 

Strategi Masuk Pasar Global

Memasuki pasar global adalah hal yang susah-susah gampang. Sebab, terdapat strategi yang harus dilakukan. Belum tahu apa saja strategi tersebut? Berikut adalah poin-poin atau langkah-langkah dalam strategi tersebut:

  • Memeriksa alur kas bisnis
  • Mengetahui dan memahami peluang pasar
  • Menciptakan strategi jitu
  • Merencanakan pemasaran seefektif mungkin
  • Mempersiapkan modal

Itulah pembahasan tentang pengertian pasar global, termasuk ciri-ciri, keuntungan, hingga strategi masuknya. Ingin berpartisipasi dalam pasar global? Jadilah lender yang mendukung bisnis UMKM di Amartha untuk terus maju dan berkembang hingga menembus pasar global!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here