Penderita Corona Bertambah 17 Menjadi 134 Orang per 16 Maret 2020

0
348

Dalam satu bulan belakang ini, perhatian dunia tak henti-hentinya tertuju pada virus corona atau Covid-19. Pemberitaan yang massive baik di media online, televisi, radio juga media cetak setiap harinya memberitakan perkembangan kabar terbaru dari virus mematikan tersebut

Kasus virus corona pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, Cina. Setelah 1 bulan perkembangan virus tersebut kini telah menjangkit ke 114 negara di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. 

WHO atau Badan Kesehatan Dunia juga baru – baru ini memberikan pernyataan resmi terkait virus corona. Melalui siaran pers, WHO menetapkan bahwa Covid-19 telah menjadi pandemi global. Status ini meningkat dari sebelumnya “hanya” sebatas epidemi. Tak heran bila saat ini banyak negara yang mulai meningkatkan kesiagaan untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut.

Di Indonesia sendiri jumlah korban corona yang terdeteksi virus Corona dari hari ke hari makin meningkat. Pemerintah mengkonfirmasi jumlah pasien yang mengidap virus covid-19 per tanggal 16 Maret 2020 bertambah sebanyak 17 orang.

Hal tersebut disampaikan oleh Achmad Yurianto selaku Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus di Jakarta, Senin (16/3/2020). “Ada penambahan jumlah korban covid-19 sebanyak 17 orang (positif tertular virus corona) sehingga saat ini ada 134 pasien yang tertular,” ujar Achmad Yurianto. 

Kasus yang diumumkan tersebut merupakan pengembangan hasil penelusuran atau tracing terhadap pasien sebelumnya.

Adapun 17 pasien baru tersebut tersebar di sejumlah wilayah yakni Jawa Barat (satu pasien), Jawa Tengah (satu pasien), Banten (satu pasien), dan DKI Jakarta (14 pasien). Dengan begitu total terdapat 8 provinsi sebaran COVID-19, yakni: DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Bali, dan DI Yogyakarta. Di luar negeri, kini angka WNI yang positif COVID-19 bertambah. Kasus terbaru WNI positif COVID-19 ada 3 kasus di Malaysia, 1 kasus tambahan di Singapura, dan 1 kasus di Arab Saudi.

Sejauh ini, pemerintah telah mengkonfirmasi terjadi 5 kasus kematian akibat virus Covid-19. Sedangkan 8 orang berhasil sembuh dari virus mematikan tersebut. 

Untuk menekan persebaran virus corona, Pemerintah RI telah membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona yang dikomandoi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo. 

Semoga angka korban corona di Indonesia tidak terus bertambah dan pandemik ini bisa segera teratasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here