Pendanaan Syariah, Salah Satu Tipe Investasi yang Banyak Diminati

0
184
produk investasi syariah agar bisa merdeka finansial
Ilustrasi produk investasi syariah agar bisa merdeka finansial. Photos by istockphoto

Bagi Anda yang sudah memahami pendanaan syariah, pasti akan langsung jatuh cinta dan memilihnya sebagai produk investasi andalan. Di era new normal yang tengah melanda masyarakat Indonesia, memiliki simpanan dana dan menghasilkan keuntungan setiap bulan adalah sebuah pilihan. 

Banyaknya masyarakat yang mulai melirik dan beralih ke produk syariah didasarkan pada beberapa faktor dan alasan. Salah satu faktornya adalah sebagian besar masyarakat Indonesia beragama muslim, sehingga cenderung memilih produk sesuai syariat Islam. Sedangkan alasannya sebagai berikut!

Alasan Memilih Investasi Syariah Menuju New Normal

  1. Terbebas dari riba
    Semua produk yang berbasis syariah sudah dipastikan aman dan terhindar dari riba. Semua proses investasi dana dilakukan berdasarkan syariah Islam. Hal ini bisa terjadi karena bukan bunga yang diberikan, tetapi nisbah sesuai akad mudharabah. 
  2. Resiko kecil
    Minimnya resiko yang akan ditanggung para nasabah menjadi keunggulan dari semua produk syariah. Berbeda halnya dengan konvensional, perhitungan dana syariah berdasarkan asas kekeluargaan sehingga resiko akan ditanggung bersama. 
  3. Menganut manajemen islami
    Ketentuan yang ada pada produk syariah diatur sesuai manajemen islami. Aturan ini mulai dari awal perjanjian atau akad, proses perhitungan, pasar saham yang digunakan hingga pembagian hasil keuntungan yang dibagi rata. 
  4. Halal 
    Prinsip yang dianut produk-produk berbasis syariah harus halal, khususnya keuntungan yang didapatkan para nasabah. Jika dana yang didapatkan halal, maka sudah dipastikan akan membawa keberkahan dalam kehidupan.
  5. Kegiatan sosial untuk umat
    Prinsip tolong-menolong juga menjadi alasan para nasabah memilih produk syariah. Dana dari semua nasabah akan dikumpulkan dalam satu rekening. Semua keuntungan maupun kerugian akan dibagi secara adil tanpa pandang bulu. Sudah termasuk dalam amal perbuatan yang baik bukan?

Tips Investasi Sukses dari Pendanaan Syariah

  1. Produk yang dipilih tepat
    Ada banyak produk syariah yang bisa dipilih masyarakat, misalnya saham, reksadana, emas, properti hingga asuransi. Sebaiknya pilihlah produk sesuai kebutuhan dan tujuan. Selain itu, pilihlah besar angsuran sesuai kemampuan finansial agar tidak memberatkan.
  2. Lembaga penyelenggara terpercaya
    Memastikan dana investasi benar-benar aman dan dikelola dengan baik adalah ketepatan pemilihan lembaga. Anda bisa memilih produk perbankan, sekuritas dan manajemen investasi. Anda juga harus melihat jangka waktu operasi perusahaan dan tingkat kesehatannya.
  3. Target investasi jelas
    Setelah memastikan produk dan lembaga yang dipilih, Anda harus memiliki target investasi jelas. Maksudnya adalah menentukan persentase investasi untuk dibandingkan dengan keuntungan yang ingin dicapai. Anda juga disarankan untuk memilih beberapa produk tanpa berlebihan.

Pendanaan syariah menjadi salah satu tipe investasi serta jawaban yang tepat untuk Anda saat new normal seperti sekarang ini. Jangan lupa untuk ikuti langkah-langkah yang tepat dan carilah informasi selengkap mungkin mengenai produk syariah agar tetap dapat untung berlipat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here