6 Pahlawan Desa Amartha Menangkan Perempuan Tangguh Awards 2021

0
334

Amartha kembali menggelar Perempuan Tangguh Awards di tahun 2021. Penghargaan ditujukan spesial kepada mitra usaha Amartha sebagai bentuk apresiasi atas usaha mereka untuk menginspirasi kita semua.

Kali ini, penghargaan mengangkat tema Pahlawan Desa dimana para nomine tidak hanya berhasil menjadi pahlawan dalam menghidupkan ekonomi keluarga tetapi juga ekonomi di desanya.

Penghargaan Perempuan Tangguh 2021 terbagi atas dua kategori, yaitu Kategori Women Leader of the Year dan Best Womenpreneur. Pemenang penghargaan dilakukan dengan sistem voting oleh tim Amartha.

Siapa sajakah mereka?

Ibu Santy Wijayanti adalah mitra Amartha sekaligus Ketua Majelis yang memiliki usaha menjual minuman herbal di Jawa Tengah. Dia adalah individu yang aktif di komunitasnya, seperti PKK dan UMKM Semarang.

Sebagai ketua majelis, ia tidak hanya memastikan bahwa semua layanan berjalan lancar dan bersedia melakukan beberapa tanggung jawab, tetapi dia juga sangat aktif ketika bersosialisasi dengan anggota organisasi.

Ibu Sri Yani, seorang pemilik toko serba ada yang berlokasi di Sumatera Utara dan Ketua Majelis Amartha. Dalam hal kepemimpinan, dia bertanggung jawab membuat obrolan grup untuk mengingatkan anggotanya hadir kumpulan tepat waktu.

Saat banjir tahun 2020, ia berjuang untuk mengunjungi rumah masing-masing anggota untuk mengumpulkan cicilan mingguan. Dia menolak tawaran petugas lapangan Amartha untuk membantunya dan bersikeras bahwa itu adalah kewajibannya.

Ibu Yuyun adalah Ketua Majelis Amartha sekaligus seorang pemilik minimarket yang berlokasi di Sulawesi Tengah. Ia bertanggung jawab memeriksa dan memastikan kehadiran anggota Majelis-nya.

Saat awal pandemi dan penurunan pendapatan, Ibu Yuyun menginisiasi anggotanya untuk menjual masker. Lebih lanjut, ia juga menyarankan menggunakan Facebook sebagai salah satu alat pemasaran.

Ibu Yayuk merupakan mitra usaha Amartha yang memiliki usaha sapi perah. Pada awal bergabung dengan Amartha, ia hanya memiliki dua sapi. Ia bergabung untuk mengembangkan bisnisnya. Setahun berlalu, ia berhasil membeli dua ekor sapi lagi di mana hal ini meningkatkan penjualan susu sapinya.

Ibu Sri Wahyuni, ialah peternak jamur tiram dari Sumatra Barat. Awalnya ia berprofesi sebagai penjahit, namun karena pandemi tiba. Ia beralih profesi menjadi peternak jamur. Tak hanya sampai di situ, ia pun mengolah jamur menjadi makanan olahan bernilai tinggi. Ia membuat jamur krispi dan rendang jamur.

Ibu Evi berprofesi sebagai peternak rumput laut yang tinggal di daerah pesisir Sulawesi Selatan. Awalnya profesi yang dijalankan adalah laundry keliling. Ia menawarkan jasa cuci – setrika dari rumah ke rumah. Setelah mendapatkan modal dari Amartha, ia membeli perahu dan beralih profesi menjadi nelayan sekaligus peternak rumput laut.

Itulah para pemenang Perempuan Tangguh Award 2021 dari Amartha. Yuk terus dukung dan berdayakan perempuan di sektor ekonomi informal bersama Amartha!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here