Pembiayaan UMKM, Cara Investasi yang Menguntungkan di Masa Pandemi

0
106
investasi yang menguntungkan
Ilustrasi Investasi UMKM, investasi yang menguntungkan. Photos by istockphoto

Banyak instrumen investasi yang namanya kian ‘melambung’ di masa pandemi. Sebut saja salah satunya investasi yang menguntungkan dengan cara membiayai para CEO UMKM. Keuntungan yang bisa kamu peroleh merupakan imbal hasil investasi yang kamu tanamkan.

Pembiayaan usaha mikro atau UMKM saat ini semakin mudah. Pasalnya, investasi yang menguntungkan dan aman ini bisa kamu jalankan melalui sebuah platform P2P (Peer to Peer) lending.

Apa Itu Pembiayaan UMKM P2P Lending?

Untuk kamu yang baru mendengar investasi yang menguntungkan di tahun 2022 ini, kami akan coba jelaskan detailnya di sini. Pertama-tama kami jelaskan terlebih dahulu apa itu P2P lending agar lebih mudah dipahami.

P2P lending merupakan sebuah platform pinjam meminjam uang. Di platform tersebut investor menjadi pemodal untuk para borrower atau penerima modal. Orang-orang yang menerima modal yaitu para pelaku usaha mikro.

Sederhananya, platform P2P lending ini menjadi penghubung antara investor dan borrower. Artinya semua pihak yang terlibat sama-sama diuntungkan.

Bisnis Apa saja yang Bisa Dibiayai di P2P Lending?

Melalui P2P lending kamu bisa membiayai berbagai macam jenis usaha. Kamu bisa mengecek informasi terkait pebisnis UMKM melalui marketplace yang tersedia pada aplikasi. Ada puluhan jenis usaha mulai dari kuliner, fashion, dan masih banyak lainnya.

Kamu juga bisa mengecek informasi jenis bisnis borrower secara detail. Tujuannya agar kamu bisa tahu lebih dalam terkait bisnis mereka sebelum menanamkan modal.

Berapa Modal yang Diperlukan?

P2P lending merupakan sebuah investasi yang masuk ke dalam jajaran instrumen bermodal kecil. Kamu bisa memulai menanamkan modal dengan hanya modal ratusan ribu rupiah saja.

Artinya instrumen investasi yang menguntungkan ini cocok untuk berbagai kalangan, khususnya pemula yang baru mau terjun ke dunia investasi.

Penanaman modal dengan membiayai UMKM di P2P lending juga menjadi salah satu pilihan instrumen untuk pemula. Meski begitu, kamu yang sudah berpengalaman pun boleh menanamkan modal dengan imbal hasil yang menarik.

Baca Juga:
Strategi Investasi Growth Investing

Cara Kerja dan Keuntungannya

Kurang lengkap rasanya jika membahas investasi investasi yang menguntungkan di masa pandemi tanpa membahas cara kerjanya. Untuk cara kerjanya sendiri sebenarnya sangat sederhana. Berikut sudah kami rangkum bagaimana cara kerja investasi ini.

  • P2P lending merupakan investasi yang dijalankan melalui sebuah platform atau aplikasi secara online. Umumnya aplikasi tersebut sudah tersedia untuk HP dengan sistem operasi Android maupun iOS.
  • Investor maupun borrower harus sudah teregistrasi pada aplikasi terkait.
  • Investor memilih borrower sebagai penerima modal kemudian menginvestasikan uangnya dengan cara memberi modal pada borrower.
  • Keuntungan bisa diambil kapan saja karena umumnya P2P lending sangat fleksibel dalam pengambilan uang.

Untuk keuntungannya sendiri biasanya berbeda-beda tergantung dari platform yang kamu pilih. Pasalnya persentase imbal hasil atau keuntungannya berbeda-beda pada setiap platform investasi yang menguntungkan tersebut. Silahkan kamu cek terlebih dahulu pada masing-masing aplikasi yang akan kamu pilih.

Namun perlu kamu ketahui, jika ingin mendapatkan untung yang lebih besar, sebaiknya tentukan jangka investasi yang ideal. Pilih jangka waktu pendek minimal 1 tahun atau jangka panjang mulai dari 3 hingga 5 tahun. Tujuannya agar keuntungan yang dihasilkan lebih optimal.

Rekomendasi Investasi Yang Menguntungkan

Proses membiayai atau memberikan modal untuk UMKM kini semakin mudah dan aman. Melalui platform P2P lending kamu bisa menjadi pemodal dengan keuntungan yang terbilang menggiurkan. Selain itu kamu juga bisa memantaunya secara efisien melalui sebuah aplikasi.

P2P lending merupakan salah satu investasi yang menguntungkan untuk para pemilik modal. Tertarik untuk berinvestasi? Download aplikasi P2P lending Amartha sekarang juga! Di Amartha kamu bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here