Peluang Usaha Jastip, Yuk Intip Keuntungannya!

0
24
peluang usaha

Ada banyak orang yang ingin membeli barang dari luar negeri tetapi batal lantaran terkendala biaya cukai yang terlalu mahal. Terutama di era pandemi seperti sekarang, ini bisa menjadi peluang usaha jastip yang memberi banyak untung buat kamu. 

Seberapa Besar Peluang Usaha Jastip? Intip Detailnya

Jastip atau jasa titip ialah usaha jasa yang menawarkan kepada klien dalam membeli barang dari suatu tempat agar memperoleh keuntungan dari setiap barang yang dititipkan. Kamu akan memberikan charge fee dari setiap barang yang ingin klien beli. 

Usaha ini bisa berjalan atau dimulai tanpa modal. Sebab, kamu akan membeli barang tersebut ketika ada pesanan dan menjual lagi dengan harga yang lebih tinggi. Bisnis ini menggunakan sistem pre-order, yang mana konsumen akan membayar terlebih dahulu sebelum barang tiba. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli barang-barang pesanan. 

Untuk memulainya, kamu bisa menawarkan jastip ini kepada kerabat atau teman terdekat terlebih dahulu. Kemudian mulai merambah ke marketplace agar dapat menjangkau lebih banyak orang. 

Keuntungan Dalam Usaha Jastip

Beruntungnya, bisnis jastip itu sangat beragam. Kamu bisa menerima usaha jastip makanan, merchandise khas suatu daerah, atau bahkan produk-produk kecantikan luar negeri misal dari Korea atau Jepang. 

Ketika kamu menekuni peluang usaha jastip ini, keuntungan yang diperoleh akan besar. Berikut perkiraan perhitungannya. 

Baca juga: 5 Ide Usaha untuk Millenials dengan Modal Kecil

Contoh Kasus

Kamu mempunyai target pesanan 50 barang ketika pergi ke Korea. Harga beli barang tersebut sekitar $500. Tetapi, karena barangnya dari luar negeri, secara otomatis akan dikenakan pajak sewaktu masuk ke Indonesia. Maka, perhitungannya:  

Modal Awal

Harga beli = $500

Bea cukai masuk 7,5% = 7,5% x $500 = $37,5

Pajak PPN 11% = 11% x $500 = $55

Pajak PPh 2%: 2% x $500 = $10

Total modal awal: $500 + $37,5 + $55 + $10 = $602,5

Harga Jual

Modal awal: $602,5

Tarif untuk jastip: $190

Harga jual: $602,5 + $197,5 = $800

Hitungan Omzet yang Diperoleh: 

Total barang yang dipesan = 50

Harga jual = $800

Omset = 50 x $800 = $40.000

Laba = 50 x $197,5 = $9.875

Jadi, perkiraan untuk omset dari jastip ini adalah $40.000. Keuntungan yang akan kamu peroleh sekitar $9.875. 

Tips Sukses Buka Peluang Usaha Dalam Bisnis Jastip

Agar bisa sukses dalam usaha jasa titip ini, ada tips cara promosi jastip yang tepat untuk kamu. Inilah tipsnya: 

1. Punya Supplier Tetap

Untuk menjalankan usaha jastip, kamu tidak perlu harus bepergian ke luar negeri setiap saat hanya untuk membelinya. Kamu bisa mengandalkan pembelian melalui supplier di negara tersebut. 

Jalin komunikasi yang baik dengan para supplier, maka usaha jastip ini pun akan lebih mudah jalannya. Sebab, barang lebih mudah didapatkan dan kamu pun sudah tahu harga belinya dengan pasti. Sehingga kamu bisa memperhitungkan harga jual lebih cepat daripada yang lain. 

2. Promosikan Melalui Media Sosial dan Marketplace

Gunakan media sosial untuk mempromosikan usaha jastip kamu. Bisa melalui story atau feed yang berisi foto-foto dari produk yang kamu tawarkan. 

Bila perlu, pasang iklan juga di marketplace ternama yang mudah dijangkau oleh calon target pasar.

3. Beri Promo Menarik untuk Konsumen

Agar bisa menarik minat calon konsumen untuk membeli barang yang kamu tawarkan, buatlah promo-promo menarik untuk mereka. Misal, promo beli 1 gratis 1. Bisa juga dengan memberikan diskon spesial jika membeli dalam jumlah banyak atau kepada pelanggan setia. 

Itulah detail keuntungan dan tips dari peluang usaha jastip barang luar negeri. Hasil yang kamu peroleh dari usaha jastip, bisa kamu putar lagi dengan menginvestasikannya di Amartha. Selain memperoleh imbal hasil flat hingga 15% per tahun, kamu pun bisa membantu para wirausaha perempuan lainnya untuk mengembangkan bisnis mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here