Peluang Usaha Bisnis Foodtruck

|

|

|

Bisnis makanan kini semakin inovatif dan modern. Makanan yang biasa kita santap di warung atau toko kini bisa berjalan dengan sistem foodtruck.

Foodtruck dapat menjadi salah satu ide atau peluang usaha bagi Anda yang ingin menjalankan sebuah bisnis makanan atau kuliner.

Pilihan tersebut menjadi usaha yang cukup berpeluang untuk eksis di pasaran. Anda dapat mendesain usaha tersebut dengan kreatif supaya dapat menarik perhatian khalayak untuk datang ke foodtruck Anda. 

Mengenal Bisnis Foodtruck

Bisnis tersebut merupakan sebuah usaha dalam ranah kuliner yang menjajakan sajian menunya menggunakan sebuah kendaraan, yaitu truk.

Kendaraan tersebut telah didekorasi dengan menarik sehingga dapat digunakan untuk menyiapkan makanan dan menyajikannya kepada para pelanggan.

Jenis usaha tersebut cukup memiliki banyak peminat, terutama bagi mereka yang masih berusia muda, sebab bisnis foodtruck memang sesuai untuk dijalankan oleh pemuda di era sekarang yang masih memiliki semangat kerja yang tinggi. Sebelum sampai di Indonesia, bisnis ini sudah terkenal di Eropa dan Amerika.

Harta, Tahta, Chef Renatta

Pilihan Bisnis Foodtruck

Bagi Anda yang tertarik untuk mendirikan bisnis foodtruck, Anda dapat memilih jenis makanan yang akan dijual dengan mencari referensi usaha yang sudah beroperasi di Indonesia.

Sebagai contoh menu yang hampir disukai semua kalangan yaitu burger. Apabila Anda memilih menu tersebut, Anda harus memberikan inovasi dalam burger Anda supaya memiliki ciri khas.

Selain itu, Anda juga bisa memilih berjualan es krim. Menu ini juga cukup diminati banyak orang, dari anak kecil hingga orang dewasa.

Dengan demikian, keuntungan yang bisa Anda peroleh cukup menjanjikan. Anda dapat membuat berbagai varian rasa dan bentuk penyajian yang menarik untuk memikat pelanggan.

Persiapan Memulai Bisnis Foodtruck

Sebenarnya bisnis ini merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin berkecimpung dalam usaha kuliner, namun belum memiliki modal yang cukup.

Untuk memulai usaha tersebut, Anda memerlukan biaya yang cukup banyak untuk membeli dan mendesain truk bukan? Anda bisa mengumpulkan dana tersebut dengan mendanai mitra usaha Amartha lho. Ada keuntungan sampai 15% flat setiap mendanai di P2P Lending Amartha.

Amartha adalah P2P Lending yang aman karena sudah memiliki izin usaha dan diawasi oleh OJK sejak tahun 2019 lalu.

Selanjutnya, Anda juga harus memilih tempat yang strategis. Di samping itu, Anda juga harus mengurus perizinan usaha di tempat yang Anda pilih. 

Selain itu, Anda juga harus menyiapkan menu yang bervariasi serta memiliki rasa yang lezat. Dengan demikian, apapun makanan yang disajikan akan disukai oleh para pelanggan.

Untuk menarik pelanggan, Anda juga perlu membuat promosi lewat berbagai media yang ada. Dengan demikian, usaha Anda akan diketahui oleh banyak orang.

Analisa Terhadap Bisnis Foodtruck

Sebelum mendirikan bisnis ini, Anda harus mempersiapkan konsepnya terlebih dahulu. Anda juga perlu memiliki berbagai peralatan yang akan digunakan untuk memasak, truk makanan, serta beberapa set meja dan kursi yang minimalis. 

Di samping itu, Anda juga perlu mempertimbangkan jenis makanan yang akan dijajakan. Apakah makanan tersebut mudah basi atau tidak, sehingga Anda dapat menentukan jumlah stok yang sesuai.

Bisnis foodtruck tidak membutuhkan modal sebesar pendirian sebuah restoran. Sehingga Anda bisa memilih usaha yang satu ini jika ingin tetap memiliki usaha dalam ranah kuliner. Apalagi minat pelanggan yang tinggi akan makanan dari foodtruck, sehingga akan mendapatkan keuntungan dalam bisnis.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Moms, Ini Lho Perkiraan Biaya Imunisasi Si Kecil

Buat bayi, imunisasi adalah hal yang sangat penting didapat mengingat daya tahan tubuhnya masih sangatlah lemah. Sebagai informasi, imunisasi merupakan cara meningkatkan...