5 Peluang Usaha Agrikultur yang Menguntungkan

0
1146
usaha agribisnis
Ilustrasi usaha agribisnis. Photos by istockphoto

Memilih jenis usaha yang sesuai terkadang bukan langkah yang mudah bagi beberapa orang. Untuk memperhatikan banyak hal dan tantangan yang akan dihadapi, Anda perlu menentukan langkah yang cerdik. Salah satu jenis usaha yang banyak diminati dan berpeluang adalah agrikultur. 

Peluang usaha agrikultur tentu sangat bergantung pada alam dan minat dari pasar itu sendiri. Jika Anda ingin mencoba untuk memulai usaha ini, cara paling tepat adalah menentukan usaha apa dan jenis tanaman apa yang tepat.

Inilah 5 rekomendasi peluang usaha agrikultur yang menguntungkan menurut Money+.

Peluang Usaha Agrikultur yang Menguntungkan

1. Budidaya jamur

Jenis usaha agrikultur yang pertama dan perlu Anda coba adalah budidaya jamur. Ada banyak hal yang menentukan mengapa Anda perlu mencoba untuk melakukan budidaya jamur. Salah satunya adalah permintaan jamur yang tidak pernah berkurang sebagai salah satu bahan makanan.

Selain itu, banyak orang yang mencoba untuk melakukan budidaya jamur dan menggunakannya sebagai bahan obat. Tentunya, Anda bisa mencoba untuk menggunakan peluang ini dan melakukan usaha agrikultur. Sebelum mencoba, Anda juga perlu mengetahui target pasar yang sesuai.

2. Tanaman hidroponik

Meskipun saat ini banyak orang yang mencoba membeli sayuran segar di pasar dengan kriteria yang berbeda. Anda bisa mencoba untuk menentukan peluang dari menjual tanaman hidroponik, baik itu ke pasar ataupun supermarket besar. Akan ada banyak peluang besar bagi Anda yang mencobanya.

Sekarang banyak orang yang penasaran dengan kualitas dari tanaman hidroponik, hal ini bisa Anda manfaatkan untuk menjadi sarana berbisnis. Tentunya, tanaman atau sayuran yang dibuat dengan cara hidroponik biasanya akan memiliki kualitas yang jauh lebih baik dan menyehatkan. 

3. Tanaman hias

Jangan lupa bahwa tanaman hias terkadang bisa menjadi pilihan terbaik untuk memulai bisnis di bidang agrikultur. Tanaman hias ini memiliki jumlah peminat yang lumayan, bahkan perawatan dan pemasarannya pun tidak begitu sulit untuk dicoba. 

4. Usaha budidaya kaktus

Siapa sangka jika peminat tanaman kaktus khususnya di Indonesia memiliki jumlah yang banyak. Jika Anda ingin mencari peluang yang tepat, cobalah untuk melakukan budidaya kaktus dan menjadikannya sebagai bisnis yang potensial.

5. Jual beli bonsai

Menjadi sangat populer, bonsai menjadi salah satu tanaman hias yang banyak diminati oleh berbagai kalangan saat ini. Jual beli bonsai juga bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi pelaku usahanya, salah satunya adalah dengan harga bonsai yang tidak kalah menarik dan cukup tinggi. 

Untuk Anda yang ingin mencoba untuk melakukan budidaya bonsai, cobalah untuk mencari tahu jenis yang cocok dan beberapa cara pemasarannya. Bahkan, saat ini banyak orang yang mengeluarkan jutaan hingga puluhan juta untuk membeli jenis tanaman hias yang mungil seperti bonsai. 

Dukung Perempuan Pengusaha Pertanian di Amartha

Meskipun sudah banyak orang yang mencoba untuk mencari peluang dari beberapa usaha agrikultur di atas, persaingan yang mudah menjadi kunci utama bagi usaha Anda. Nah tahukah Anda bahwa ada alternatif lain, yaitu mendukung para perempuan pengusaha pertanian di Amartha.

Amartha merupakan perusahaan investasi P2P Lending yang menghubungkan Anda sebagai investor kepada peminjam khusus perempuan pengusaha mikro di pedesaan.

Di Amartha, para perempuan pengusaha mikro ini tidak hanya mendapatkan modal usaha melainkan juga pendampingan rutin mingguan juga pelatihan keuangan dan kewirausahaan. Dengan demikian potensi gagal bayar dapat diminimalisir.

Amartha adalah perusahaan investasi yang aman karena sudah memiliki izin usaha dari OJK sejak tahun 2019 lalu. Sebagai investor Amatrha, Anda akan mendapatkan keuntungan investasi sampai 15% flat per tahun.

Tertarik untuk berinvestasi di Amartha? Pelajari mengenai Amartha di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here