Peluang Hidup Tenang, 6 Cara Hidup Hemat Tanpa Utang

0
3612
cara hidup hemat tanpa utang
Ilustrasi cara hidup hemat tanpa utang. Photos by Getty Images

Pelajari Cara Hidup Hemat Tanpa Utang dan Damai

Salah satu kunci untuk hidup tenang dan damai ialah bebas utang. Dengan begitu, kamu akan merasakan financial free tanpa ada beban untuk melunasi utang-utang. Keuangan pun akan lebih terjamin. Untuk mewujudkannya, kamu harus menerapkan cara hidup hemat tanpa utang

Untuk bisa menjalankan cara hidup yang hemat, kamu hanya perlu mengingat mantra keuangan pribadi yang sederhana: belanjakan lebih sedikit dari yang kamu hasilkan. 

Berikut tips hidup berhemat yang bisa kamu ikuti. 

1. Memulai kebiasaan menabung dan melakukan penghematan besar

Bagi gaji yang diperoleh untuk beberapa porsi. Pastikan kamu sudah menyiapkan porsi untuk tabungan masa depan dan tabungan darurat. Hal tersebut sebagai persiapan ketika ada pengeluaran tidak terduga muncul. 

Untuk bisa menggemukkan tabungan, kamu bisa melakukan penghematan. Pasalnya, ini akan berguna untuk melengkapi kebutuhan kamu baik yang sudah terencana atau dadakan. Bahkan, ketika ada perjalanan yang harus dilakukan secara tiba-tiba, kamu pun sudah siap sebab masih ada uang yang diperoleh dari aksi penghematan tersebut. 

2. Berhenti dari langganan bulanan yang tidak terlalu penting

Saat ini, banyak hiburan menyenangkan yang bisa kamu nikmati setelah berlangganan. Seperti Netflix, Youtube Premium, Spotify, atau hal-hal lainnya. 

Agar kamu bisa membeli barang-barang yang menarik untuk kebutuhan rumah tangga, kamu perlu menciptakan ruang dalam anggaran. Salah satunya dengan memotong biaya langganan bulanan yang dirasa tidak penting. 

Di antara sekian langganan hiburan, pilihlah salah satu yang menurutmu menarik dan memiliki koleksi terlengkap. Gunakan paket yang bisa dinikmati satu keluarga hanya dengan sekali berlangganan. Itu bisa menghemat pengeluaran. 

Baca Juga: 6 Cara Menghemat Uang dengan Anggaran Yang Terbatas

3. Beli barang-barang bekas yang masih bisa dipakai

Untuk bergaya, tidak perlu menggunakan barang-barang mewah berharga mahal. Sebab, kamu bisa membeli barang-barang bekas yang masih layak pakai untuk menghemat pengeluaran. Barang-barang tersebut bisa untuk keperluan pribadi, kebutuhan rumah tangga, hingga kendaraan. 

4. Beli di saat yang tepat

Ada siklus penjualan yang bisa diamati sehingga kamu bisa memperkirakan kapan harga akan turun atau naik. Kamu pun bisa memprediksi kapan diskon nantinya akan berlangsung. 

Saat itulah waktu yang tepat untuk kamu membeli barang. Bersabar menjadi kunci utama dan jangan terlalu buru-buru untuk membeli. Itulah kunci dari cara atur keuangan agar memiliki tabungan yang aman. 

5. Menghilangkan pengeluaran yang tidak penting

Tanpa sadar, kamu mungkin membelanjakan pendapatan yang diperoleh untuk hal-hal yang dirasa kurang penting dan tidak terlalu dibutuhkan. Bahkan, barang-barang tersebut seharusnya dapat ditunda pembeliannya. 

Cara hidup hemat tanpa utang untuk mencapai tabungan sehat, kamu harus mulai membuat daftar pengeluaran apa saja yang diperlukan setiap bulannya. Coret bagian yang dirasa kurang penting dan belum terlalu dibutuhkan. 

6. Sewa, bukan membeli

Cara terakhir yaitu lebih baik menyewa untuk beberapa kebutuhan tertentu. Terkadang kamu hanya perlu menggunakan suatu barang sebentar saja untuk membuat kesan yang baik di mata orang lain. 

Ketika kamu berada dalam kondisi tersebut, pertimbangkanlah untuk menyewa daripada membeli yang baru. Sebab, itu akan jauh lebih hemat. Kamu pun tidak perlu melakukan perawatan terhadap barang tersebut. 

Itulah 6 cara hidup hemat tanpa utang yang bisa membuat hidup menjadi lebih damai dan tenang. Sejuta peluang kebahagiaan bisa kamu dapatkan jika hidup tanpa utang sehingga kamu bisa fokus untuk menyiapkan dana pensiun dari hasil investasi di Amartha.

Amartha menawarkan keuntungan bagi hasil hingga 15% flat per tahun. Selain itu, investasi di Amartha memiliki dampak lain, yaitu kamu turut memberdayakan calon CEO-CEO UMKM. Tidak hanya diri sendiri tetapi juga orang lain bisa sejahtera bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here