Peluang dan Tantangan Digitalisasi Ekonomi di Indonesia

0
28
Ilustrasi digitalisasi ekonomi UMKM. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi digitalisasi ekonomi UMKM. sumber: www.istockphoto.com

Digitalisasi ekonomi merupakan sebuah gebrakan yang lahir karena perkembangan teknologi dan internet yang semakin pesat. Jika pada beberapa dekade lalu, internet hanya bisa beroperasi dengan kecepatan siput, maka sekarang adalah sudah era cheetah.

Dengan demikian, pastinya perubahan signifikan tersebut mendorong adanya peluang dan tantangan. Nah, apa sajakah peluang dan tantangan dalam menyambut ekonomi digital ini? Jika penasaran, maka lebih baik jangan lewatkan informasi berguna di artikel ini!

Peluang Digitalisasi Ekonomi di Indonesia

Ketanggapan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi sudah semakin baik. Ini sejalan dengan transformasi ekonomi digital yang akan disayangkan jika terlewat. Maka dari itu, kamu sebagai bagian dari masyarakat sebaiknya tanggap akan peluang di bawah ini:

  • Aset Baru Berupa Big Data

Perkembangan ekonomi secara digital menyebabkan seluruh transaksi maupun kegiatan yang mengandalkan beragam platform di internet bisa tercatat serta terkoleksi dengan menjadi himpunan data sangat masif, rumit, dan tidak terstruktur.

Nah, hal tersebut dinamakan sebagai big data. Jadi, big data ini adalah suatu aset yang mampu untuk menciptakan dampak digitalisasi ekonomi yang positif. Hal ini dikarenakan ia bisa menjadi acuan dalam melakukan kegiatan ekonomi.

Dengan begini, bisa dibilang bahwa big data merupakan peluang yang sebaiknya dimanfaatkan untuk melakukan produksi maupun distribusi jasa atau barang secara efisien. 

  • Smart Village

Daerah pun turut serta menjadi peluang dalam digitalisasi ekonomi melalui adanya program smart village. Dalam program ini, suatu daerah akan dikembangkan melalui beraham terobosan teknologi dan infrastruktur pendukung.

Nah, peluang satu ini sangat berguna untuk mewujudkan suatu daerah dengan produktivitas usaha dan ekonomi berbasis digital. Contohnya, seperti UMKM. Dengan begini, maka perekonomian daerah tersebut bisa lebih optimal. 

  • Cashless

Saat ini, dompet digital maupun metode pembayaran non tunai, seperti QRIS atau QR Code Indonesia Standard merupakan suatu peluang yang tersedia dalam digitalisasi ekonomi di Indonesia.

Ini merupakan suatu bentuk kemudahan dalam melakukan transaksi. Dengan begini, perekonomian bisa lebih maju karena pembayaran bisa dilakukan secara mudah di manapun dan kapanpun. 

Baca Juga: Pentingnya UMKM Melek Digital dan Alasannya. Wajib Tahu!

Tantangan Digitalisasi Ekonomi di Indonesia

Revolusi Industri 4.0 menghimbau suatu negara supaya konsisten menciptakan inovasi dalam hal perekonomian digital. Walau demikian, terdapat suatu tantangan yang tidak dapat dihindari, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Cyber Security

Keamanan siber masih merupakan tantangan utama dalam perekonomian digital. Salah satu contoh digitalisasi ekonomi yang terpaut dengan eksistensi keamanan siber adalah investasi. 

Nah, semakin maju suatu teknologi, maka semakin berkembang pula kejahatan yang ada di dunia siber. Maka demikian, ini merupakan suatu tantangan yang sebaiknya lekas ditaklukkan dalam rangka membangun ekonomi digital di Indonesia. 

  • Persaingan Semakin Sengit

Tidak dapat dipungkiri, adanya digitalisasi ekonomi mampu untuk mempermudah masyarakat untuk membangun usaha. Selain itu, kegiatan jual beli tingkat global pun semakin terwujud dengan baik.

Akan tetapi, hal tersebut justru menimbulkan tantangan, yaitu semakin sengitnya persaingan usaha. Jadi, pengusaha lokal saat ini tidak cuma bersaing dengan pengusaha lokal lainnya, namun juga ditambah dengan pengusaha global. 

  • Akses Internet

Infrastruktur yang menyediakan akses internet merupakan tantangan dalam menyambut digitalisasi ekonomi saat ini. Nah, untuk menaklukkan tantangan ini, maka hal yang sebaiknya dilakukan adalah menyediakan infrastruktur yang memadai.

Akses internet dapat memengaruhi kegiatan yang berlangsung dalam digitalisasi ekonomi. Jadi, bisa dibilang, semakin baik akses internet dalam suatu negara, maka bisa dipastikan digitalisasi ekonominya lancar dan berkembang. Nah, itu dia pembahasan seputar digitalisasi ekonomi yang sebaiknya kamu ketahui. Ingin turut serta berpartisipasi dalam hal ini?

Yuk, dukung bisnis mitra UMKM di Indonesia dengan cara melakukan pendanaan dan menjadi lender mulai modalin dari 100 ribu aja, di microfinance marketplace Amartha. Selain berdampak positif, kamu juga bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun. Kamu juga tak perlu khawatir, karena Amartha sudah terdaftar di OJK sejak tahun 2019.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here