Home Syariah Usaha Mikro dan UKM Pelaku UKM, Ada Etika Dalam Berbisnis Yang Perlu Kamu Terapkan Lho. Yuk...

Pelaku UKM, Ada Etika Dalam Berbisnis Yang Perlu Kamu Terapkan Lho. Yuk Simak!

|

|

|

Ketika menjalankan bisnis, masalah etika menjadi hal penting yang perlu untuk diterapkan. Setiap pebisnis sudah pasti harus memiliki etika dalam bersikap, tanpa adanya hal tersebut, persaingan bisnis akan menjadi tidak sehat dan akan ada banyak pihak yang dirugikan.

Menurut ahli manajemen Charles W. L. Hill dan Gareth R Jones, etika bisnis merupakan sebuah ajaran untuk membedakan benar maupun salah, yang digunakan sebuah tempat usaha untuk mengambil keputusan bisnis dan strategis yang melibatkan masalah moral.

Dengan mempunyai etika bisnis, niscaya akan terciptalah hubungan yang baik antara bisnis/usaha milikmu dan karyawan, bisnis/usaha milikmu dan konsumen, serta bisnis/usaha milikmu dengan bisnis/usaha lainnya. Hal ini juga secara tidak langsung akan memberikan kredibilitas yang baik bagi bisnis/usaha milikmu.

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh etika dalam berbisnis yang patut kamu ketahui dan terapkan!

1. Jujur  

Kejujuran adalah nilai paling dasar yang harus dimiliki dalam berbisnis. Makanya, apabila kamu sampai ketahuan dalam menjalankan bisnis tidak jujur, sudah pasti reputasi bisnis milikmu akan hancur dalam sekejap.

Perlu kamu tahu, untuk mengembalikan sebuah kepercayaan terhadapa sebuah bisnis/usaha itu sangat sulit serta membutuhkan waktu yang lama. Karena itu, sebaiknya kamu selalu berperilaku jujur kepada siapa saja, termasuk dalam berbisnis.

2. Komunikasi Secara Berkala dengan Pembeli

Usahakan untuk terus berkomunikasi dengan para pembeli, jika perlu buatlah kalender komunikasi untuk menjadwalkan kapan harus berhubungan dengan pembeli secara berkala. Contohnya, yaitu jadwalkan kapan mengirim email, kartu ucapan, membuat panggilan telepon, mengirim penawaran khusus, atau pesan penghargaan kepada pembeli secara berkala. Karena komunikasi yang teratur ini memungkinkan untuk meningkatkan tingkat kepercayaan, dan membujuk pembeli untuk kembali lagi.

3. Gunakan Bahasa yang Baik Saat Berbicara

Penggunaan bahasa yang baik juga menjadi salah satu etika bisnis yang penting. Dalam berbicara, hindarilah untuk menggunakan bahasa yang kasar, mengandung unsur sara, dan obrolan-obrolan yang bersifat pribadi.

4. Berkelakuan Sopan                 

Untuk mendapatkan kesan yang baik dalam berbisnis, usahakanlah selalu berkelakuan sopan. Kesan pertama ini nantinya akan selalu diingat oleh semua orang, termasuk pembeli. Jika kesan pertama sudah jelek, maka kelanjutannya tidak akan baik.

5. Berpakaian Rapi

Pakaian menjadi salah satu etika dalam berbisnis yang penting karena langsung dapat dilihat oleh mata. Pakaian mencerminkan kepribadian seseorang. Dalam berbisnis, berpakaian rapi juga berarti kamu menghormati relasi bisnis, investor, bahkan konsumen dari bisnis/usaha milikmu. Memakai pakaian yang rapi dan harum juga menggambarkan kualitas dirimu sebagai seseorang yang dapat dipercaya.

6. Selalu Ucapkan Terima Kasih

Jangan lupa untuk selalu mengucapkan terima kasih, ini menjadi salah satu apresiasi dasar yang bisa kamu berikan kepada orang lain, termasuk pembeli. Selain ucapan, jika memungkinkan kamu juga bisa memberikan sesuatu kepada orang lain.

Itulah beberapa contoh etika dalam berbisnis yang patut kamu ketahui dan terapkan. Selain berbisnis, kamu juga mencoba berinvestasi dengan bergabung menjadi pendana di Amartha. Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu berarti telah berpartisipasi menciptakan dampak sosial yang nyata berupa kesejahteraan merata loh.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Apalagi, pembayaran angsurannya juga bisa bisa diambil kapan saja lho!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...