Home Syariah Usaha Mikro dan UKM Pelajari Begini Foto Produk agar Bisnis Makanan Kamu Laku Keras

Pelajari Begini Foto Produk agar Bisnis Makanan Kamu Laku Keras

|

|

|

Sebagai salah satu jenis peluang usaha yang menjanjikan, bisnis makanan memang semakin diminati oleh masyarakat. Di tengah persaingan ketat antar pelaku usaha UMKM bisnis makanan, maka diperlukan promosi yang menarik dan strategi pemasaran yang tepat.

Salah satu hal yang menjadi strategi paling ampuh adalah foto produk yang menarik. Untuk mengetahui cara mengambil foto produk agar menarik, simak ulasan berikut ini:

Hai UMKM, Apa Unique Selling Point Kamu?

Tahukah Anda? Untuk mendapatkan foto produk yang menarik, Anda tidak perlu menggunakan kamera mahal. Anda sudah bisa mendapatkan foto produk makanan yang bagus dan menarik hanya bermodalkan kamera smartphone dan cara pengambilan yang benar dengan menerapkan cara-cara berikut ini:

  • Perhatikan Pencahayaan

Hal penting yang wajib diperhatikan sebelum mengambil foto produk adalah pencahayaan yang cukup. Pencahayaan yang terlalu gelap atau terlalu terang akan membuat hasil foto produk menjadi kurang maksimal, blur, tidak jelas, atau silau. 

  • Atur Brightness dan Contrast

Sebelum Anda mengambil foto produk makanan, sebaiknya atur brightness dan contrast terlebih dahulu. Kedua menu setting kamera ini harus diatur terlebih dahulu agar pencahayaannya bisa seimbang dan hasil foto yang diambil terlihat bagus, jelas, dan menarik. 

  • Gunakan Konsep Sederhana tapi Menarik

Bagi Anda yang menjalankan bisnis makanan, seperti kue, cemilan, atau makanan ringan, Anda bisa memanfaatkan alat-alat dapur yang dimiliki. Gunakan properti yang memiliki motif sederhana, sehingga detail makanan yang Anda foto lebih menonjol. Jangan lupa juga untuk mengatur letak dan proporsi objek makanan agar mampu menggugah selera konsumen. 

  • Ambil Foto Produk dari Berbagai Sudut

Untuk mendapatkan foto yang bagus dan menarik, Anda juga bisa mengambil dari berbagai sudut atau angle. Anda bisa mengambil foto dari arah atas untuk produk makanan, seperti pasta atau nasi dan dari samping untuk produk makanan, seperti burger atau toast. 

Anda juga bisa menyajikannya saat panas, sehingga efek kabut yang ditimbulkan akan membuat hasil foto lebih menarik dan menggugah selera. 

  • Gunakan Aplikasi Edit Foto

Untuk mempercantik hasil foto produk, Anda bisa menggunakan aplikasi edit foto. Gunakan efek atau filter secukupnya saja. Apabila foto produk dengan kenyataannya tidak sama, konsumen justru akan merasa ‘tertipu’. Jangan lupa juga untuk menggunakan watermark, agar foto produk makanan milik Anda tidak dicuri atau disalahgunakan oleh orang lain.

Kelima tips di atas bisa Anda coba untuk mendapatkan hasil foto produk yang bagus dan menarik. Selamat mencoba!

Ohiya, apabila Anda lebih tertarik mendanai para pelaku UMKM, Anda dapat melakukannya di Amartha dan raih imbal hasil sampai 15% Flat per tahun!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...