Home Lifestyle ⛾ Pelajaran Finansial dari Drama Korea Itaewon Class

Pelajaran Finansial dari Drama Korea Itaewon Class

|

|

|

Itaewon Class merupakan salah satu drama korea yang menceritakan tentang anak muda yang merupakan mantan narapidana karena meninju perundung. Ayahnya pun terbunuh dalam suatu kecelakaan. Selama di penjara, ia bertekad untuk membalaskan dendamnya dan mewujudkan mimpi sang ayah dengan membuka kedai usaha. Kerja kerasnya membuahkan hasil dengan didirikannya franchise dengan nama perusahaan Itaewon Class.

Drama korea Itaewon Class yang diperankan oleh Park Seo Joon (sebagai Park Sae Ro Yi) dan Kim Da Mi (sebagai Jo Yi Seo) ini terus mengalami kenaikan peringkat di setiap episodenya. Episode terakhirnya meraih peringkat 16,548% dari pemirsa nasional dan menjadikannya drama berperingkat tertinggi kedua di JTBC dan drama berperingkat tertinggi keenam dalam sejarah televisi kabel Korea.

Dengan demikian, tak heran pamornya terus meningkat didukung dengan banyak kisah menarik dan tabu yang diangkat di dalamnya. Lebih dari itu, drama ini juga mengajarkan beberapa hal mengenai edukasi finansial lho. Berikut pelajaran finansial yang bisa kita terapkan:

1.       Investasi sejak dini

Setelah ayahnya meninggal akibat kecelakaan ditabrak oleh temannya yang merupakan anak dari Pemilik Jangga, saham Jangga mengalami penurunan drastis. Park Sae Ro Yi kemudian mengambil inisiatif menggunakan seluruh uang kompensasi kematian ayahnya dengan melakukan investasi ke Jangga. Saat itu Park Sae Ro Yi adalah murid SMA yang terpaksa tidak bisa melanjutkan pendidikan.

Gak ada kata terlambat untuk mulai investasi, lebih baik dimulai dari sekarang! Jadi sisihkan uang jajan atau gaji untuk investasi ya. Jangan lupa siapkan tujuan investasi ini untuk apa!

2.       Cari pemasukan tambahan

Meskipun sudah melakukan investasi sejak muda, Park Sae Ro Yi juga bertekad untuk menjadikan Danbam, kedai kecil miliknya menjadi sebuah perusahaan franchise nomor satu di Korea menyaingi Jangga. Mencari pemasukan tambahan kini menjadi penting. Sebuah riset menunjukkan bahwa idealnya seseorang harus memiliki 3 penghasilan yaitu penghasilan aktif, pasif, dan portofolio.

Baca Juga: 3 Jenis Pendapatan Ini Wajib Kamu Miliki!

3.       Merdeka Finansial

Bicara mengenai merdeka finansial tentunya akan berbeda nominalnya bagi setiap orang karena tujuan yang berbeda-beda. Lalu apa itu sebenarnya Merdeka Finansial? Beberapa definisi merdeka finansial adalah merasa bebas dalam melakukan apapun tanpa merasa khawatir mengenai kondisi keuangan. Oh So Ah sebagai salah satu tokoh dalam drama Itaewon Class pun begitu. Di akhir episode, Oh So Ah memutuskan untuk keluar dari Jangga dengan mengadukan seluruh kegiatan KKN Jangga lalu membuka sebuah restoran. Keadaan tersebut bisa juga disebut sebagai merdeka finansial lho. Lalu bagaimana dengan kamu? 

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Eri Tri Angginihttp://museumberjalan.id
Lulusan Ilmu Sejarah yang nyasar ke financial services. Kindly check museumberjalan.id untuk dapatkan informasi seputar sejarah & sosial budaya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

7 Amalan Sunnah di bulan Ramadhan yang Bikin Ibadahmu Makin Berkah

Akhirnya bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di berbagi penjuru dunia tiba, Ramadhan yang penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai...