Home Work Smart Pekerjaan Gak Sesuai Jurusan? Don’t Worry, Pacu Karir Kamu Dengan Hal Ini

Pekerjaan Gak Sesuai Jurusan? Don’t Worry, Pacu Karir Kamu Dengan Hal Ini

|

|

|

Apakah Anda sedang menjalani pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusan perkuliahan yang diambil dan timbul pikiran bahwa Anda salah jurusan? Tidak sedikit orang yang merasakan hal tersebut karena terkadang passion yang dimiliki seringkali berbeda dengan jurusan yang diambil. Misalnya, seseorang yang mengambil jurusan fisika, namun bekerja sebagai content writer karena suka menulis. 

Hal tersebut bukanlah sesuatu yang salah dan sudah menjadi sesuatu yang lumrah di dunia kerja, karena sejatinya tidak ada ilmu yang sia-sia. Apabila Anda mengalami ketidaksesuaian pekerjaan dengan jurusan perkuliahan yang diambil, Anda tidak perlu berkecil hati.

Berikut ini cara untuk meningkatkan skill dalam berkarir yang bisa Anda lakukan. 

  1. Memupuk Semangat
    Hal pertama yang harus dilakukan dan perlu diingat saat meniti karir meskipun pekerjaan tidak sesuai dengan jurusan kuliah adalah terus memupuk semangat di dalam diri. Dengan begitu, Anda akan selalu termotivasi dan selalu ada keinginan untuk terus belajar menjadi pribadi yang lebih baik. 
  2. Menanamkan Rasa Percaya Diri
    Timbulnya perasaan tidak percaya diri atau minder memang sangat wajar ketika seseorang bekerja tidak sesuai dengan jurusan yang diambilnya saat kuliah. Apabila Anda merasa minder, segera singkirkan perasaan tersebut karena justru akan menghambat karier Anda. Oleh karena itu, tanamkan rasa percaya diri dan yakinkan diri bahwa semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik.
  3. Jangan Ragu Menunjukkan Keterampilan yang Dimiliki
    Meskipun pekerjaan yang Anda jalani saat ini tidak sesuai dengan jurusan, jangan pernah takut dan ragu menunjukkan keterampilan yang dimiliki. Tunjukkan bahwa Anda mampu melakukan pekerjaan tersebut dengan baik dan bertanggung jawab. Walau berasal dari jurusan manajemen dan bekerja sebagai desain grafis, Anda jangan malu menunjukkan skill mumpuni yang Anda kuasai. 
  4. Selalu Upgrade Skill
    Meningkatkan keterampilan dan kemampuan diri merupakan suatu keharusan bagi seorang karyawan, terutama bagi Anda yang bekerja tidak sesuai dengan jurusan kuliah. Skill harus terus diperbaharui dan tingkatkan agar kemampuan yang Anda miliki bisa setara dengan rekan kerja lainnya. Selain itu, upgrade skill juga menjadi syarat untuk naik level. 

    Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan skill dan kemampuan, seperti mengikuti pelatihan atau internal workshop yang diadakah oleh perusahaan di mana Anda bekerja. Anda juga bisa melakukannya secara mandiri dengan memperbanyak membaca buku, menyimak video, atau mendengarkan podcast yang relevan dengan bidang pekerjaan Anda. 
  5. Mengikuti Sertifikasi
    Tidak hanya mengikuti pelatihan atau internal workshop internal saja, Anda juga bisa mengikuti berbagai pelatihan atau sertifikasi untuk meningkatkan skill dan kemampuan yang diselenggarakan oleh lembaga di luar perusahaan. Sertifikasi ini bertujuan untuk memperdalam pengetahuan Anda mengenai bidang-bidang yang relevan dengan pekerjaan yang dijalani. 

    Sertifikasi professional ini biasanya akan menjadi bukti bahwa Anda menguasai bidang tertentu. Sebagai contoh misalnya Anda bekerja di bidang keuangan padahal Anda berasal dari jurusan ilmu komunikasi. Anda bisa memperdalam pengetahuan di bidang keuangan, akuntansi, dan bisnis dengan mengikuti sertifikasi yang relevan.  
  6. Mencari Mentor Berpengalaman
    Memacu karier yang tidak sesuai dengan jurusan saat kuliah juga bisa dilakukan dengan mencari mentor yang berpengalaman di bidang yang Anda geluti saat ini. Dengan adanya mentor, Anda akan mendapatkan bimbingan dan pencerahan. Selain itu, mentor juga bisa membantu membangun kepercayaan diri, memberikan motivasi, dan evaluasi mengenai pekerjaan yang Anda jalani.

Meskipun pekerjaan Anda saat ini tidak sesuai dengan jurusan kuliah yang diambil, tidak ada alasan lagi untuk minder dan malu, bukan? Dengan menerapkan tips di atas, Anda bisa meraih karir yang diinginkan dan merdeka finansial.

Anda bisa juga merdeka finansial dengan mengalokasikan dana yang dimiliki ke P2P Lending Terbaik di Indonesia, yaitu Amartha. Dengan berinvestasi di Amartha, Anda bisa mendapatkan keuntungan sampai 15% FLAT per tahun sekaligus memberdayakan perempuan pengusaha mikro di pedesaan.

Yuk, investasi sekarang!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...