Home Amartha Pejuang Kesejahteraan Desa: Tantangan Garda Terdepan Amartha Dalam Menjalankan Tugas

Pejuang Kesejahteraan Desa: Tantangan Garda Terdepan Amartha Dalam Menjalankan Tugas

|

|

|

“Dalam pekerjaan ini yang tersulit adalah uji kelayakan karena harus menyaring mitra yang layak dalam majelis, jadi kita rekrut mitra yang bersungguh-sungguh dan niatnya untuk bergabung di Amartha.” ujar Aan Nanda Pratama, Business Partner Amartha Region Sulawesi.

Business Partner Amartha merupakan garda terdepan dalam model bisnis yang dijalankan Amartha. Daftar pekerjaan dari Business Partner Amartha sendiri yaitu merekrut mitra usaha, melakukan penagihan, serta pendampingan usaha kepada mitra. Business Partner memiliki peran yang besar bagi keberlangsungan Amartha.

Suasana saat kumpulan majelis

Aan Nanda Pratama adalah Business Partner Amartha region Sulawesi. Dalam kesempatan ini, Aan membagikan cerita mengenai kesehariannya. “Pagi itu kita pelayanan sampai jam 2 siang, kadang sampai jam 4 sore kalau ada mitra yang telat bayar lalu lanjut kalau ada survei tambahan, kita survei lagi mitranya.”

Sejak Oktober tahun 2019, Amartha sudah menjangkau Pulau Sulawesi dan Aan bergabung sejak saat itu. Hampir satu tahun bekerja di Amartha sebagai Business Partner, Aan merasakan adanya perbedaan dalam bekerja saat sebelum pandemi dan saat pandemi. 

“Perbedaan bekerja sebelum dan setelah pandemi tentu saja ada. Sebelum pandemi kan usaha mitra lancar-lancar pembayarannya juga tepat waktu dan tidak ada penunggakkan. Nah di saat pandemi ini banyak mitra yang mengeluh, tapi kita harus tetap menyemangati mereka untuk cari usaha yang lain supaya bisa melaksanakan kewajibannya di Amartha.” 

Tambah Aan, kalau di wilayah yang saya tangani ada mitra yang bisnisnya meningkat, ada yang biasa saja, dan ada yang down apalagi sekarang lagi masa pandemi. Kalau untuk solusi para mitra yang saya berikan terus berjuang, berdoa, dan tetap berusaha. 

Baca Juga: Amartha Catat Tingkat Keberhasilan Pengembalian 99.95% di Sumatera

Hal yang dilakukan Aan dalam menjalankan tugasnya di masa pandemi ini adalah melakukan monitoring dengan baik. Kalau datang mengunjungi mitra itu harus semangat tapi tetap tegas juga supaya mereka juga semangat. Meskipun lelah, jangan ditunjukkan di depan mereka. 

Tantangan lainnya yang Aan ialah menjalin dan menjaga relasi dengan para mitra usaha. Namun, Aan punya caranya tersendiri seperti mengutamakan salam dan sapa. “Berhadapan dengan ibu-ibu ya sulit, tapi tergantung cara komunikasi ke mitra. Kalau kita tegas tapi tetap baik itu mereka akan mendengarkan kita, tapi kalau kita tegas dan marah-marah, mereka akan merasa resah dengan kita. Kalau mereka disanjung-sanjung itu juga dianggap kita memperhatikan mereka.”

Meskipun menjalani pekerjaan yang terbilang sulit, Aan tetap semangat dalam bekerja. Hal ini disebabkan ia memiliki cita-cita untuk membawa kedua orangtuanya ke tanah suci. Ia pun rutin menabung, mencatat keuangan, serta memiliki pekerjaan sampingan yang dilakukan setelah selesai bekerja dari Amartha.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...