PeduliLindungi: Cara Cek dan Unduh Sertifikat Vaksin

0
70
Sumber Foto: Pexels

Panduan Cara Cek dan Unduh Sertifikat Vaksin Melalui Pedulilindungi

Vaksin menjadi kebutuhan penting di era pandemi seperti sekarang. Tak hanya dibutuhkan demi melindungi tubuh dari risiko infeksi virus, vaksin juga kini dibutuhkan sebagai syarat perjalanan.

Berbagai tempat umum juga mengharuskan pengunjungnya telah menerima vaksin lengkap. Kali ini akan dibahas bagaimana cara mengecek dan mengunduh sertifikat vaksin yang ada di aplikasi Pedulilindungi untuk mempermudah mobilitasmu.

Tentang Aplikasi Peldulilindungi 

Sebelumnya mari bahas dulu apa itu Pedulilindungi apk. Aplikasi mobile ini langsung meroket popularitasnya begitu diberlakukan syarat vaksin di berbagai tempat. Aplikasi ini wajib dimiliki oleh masyarakat saat ini karena memang sangat penting dan mempermudah mobilitas. Melalui aplikasi ini, status vaksinmu akan tercatat secara detail dan kamu juga akan mendapatkan kemudahan akses menuju bukti sertifikat vaksin. 

Sertifikat vaksin inilah yang akan dibutuhkan saat kamu bepergian. Sertifikat ini juga penting ditunjukkan ketika akan masuk ke tempat-tempat umum. Setelah kamu mendapatkan vaksin dua kali, artinya kamu sudah divaksin secara lengkap. Segera cek dulu sertifikat vaksin yang ada di akunmu kemudian lakukan pengunduhan.

Baca Juga: Sosok Sarah Gilbert, Perempuan Inspiratif Penemu Vaksin AstraZeneca

Cara Cek dan Unduh Sertifikat di Pedulilindungi

Aplikasi pedulilindungi. Sumber Foto: Yahoo

Sebelum membahas cara cek juga unduh sertifikat vaksin, maka kamu harus pastikan bahwa kamu sudah punya aplikasi Pedulilindungi. Selanjutnya, langsung masuk saja ke aplikasi tersebut dan lakukan login. Jika sudah masuk ke akunmu, maka kamu bisa langsung klik opsi sertifikat vaksin. Di sana nanti akan terlihat sertifikat vaksin yang kamu miliki. 

Cara download sertifikat vaksin melalui aplikasi ini juga sangat mudah dan praktis. Jika kamu sudah berhasil login dan berhasil melihat sertifikat vaksin, maka akan muncul opsi unduh sertifikat. Langsung saja klik opsi tersebut dan sertifikat vaksin akan terunduh sekaligus tersimpan secara otomatis. 

Selain memeriksa dan mengunduh sertifikat melalui aplikasi, kamu juga bisa melakukannya dengan mengakses website resmi layanan ini. Langsung saja buka laman Pedulilindungi.id dan masukkan nama lengkap serta NIK. Lalu klik centang pada kode verifikasi yang sudah tersedia dan pilih opsi ‘Periksa’. Setelah login, secara otomatis akan muncul keterangan nama beserta NIK yang sudah terdaftar.

Setelah berhasil login, pengguna bisa langsung klik opsi sertifikat vaksin. Secara otomatis akan muncul sertifikat vaksin apabila pengguna memang sudah menerima vaksin. Sebenarnya cara ini juga sama saja seperti proses cek dan download sertifikat vaksin melalui aplikasi hanya berbeda medianya saja.

Baca Juga: What You Need To Know In The “After Corona” Era

Saat Sertifikat Vaksin Belum Muncul

Beberapa pengguna mengeluhkan bahwa layanan ini tidak bisa bekerja secara efektif. Banyak yang kesulitan untuk mendapatkan sertifikat vaksin padahal sudah menerima vaksin lengkap. Meskipun sudah menerapkan cara cek sertifikat vaksin secara benar, namun masih saja sertifikat tersebut tidak bisa muncul. Kendala ini tentu akan mempersulit kamu jika harus bepergian dan harus menunjukkan sertifikat vaksin. 

Apa yang harus dilakukan jika hal ini terjadi? Mudah saja, kamu bisa langsung menghubungi call center dari layanan ini. Kamu juga bisa mengirimkan email atau klik opsi bantuan yang ada di aplikasi. Biasanya kamu akan diminta untuk menginformasikan NIK serta nama lengkap agar sertifikat vaksin bisa segera ditampilkan. 

Di era pandemi ini, sertifikat vaksin dan aplikasi Pedulilindungi memang jadi kebutuhan penting. Namun selain hal ini, kamu juga tetap harus memperhatikan manajemen finansialmu selama pandemi. Langkah investasi tetap harus dilanjutkan meskipun pandemi masih berlangsung. Alokasikan danamu ke platform investasi Amartha yang terbukti kredibel dan menawarkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here